Tiga Strategi Marketing Yang Harus Anda Ketahui! | Nextup ID

Dalam dunia bisnis, tinggi rendah penjualan menjadi salah satu indikasi keberhasilan. Beragam pelatihan bagi pemilik usaha kecil diberikan, salah satunya yaitu untuk membantu meningkatkan penjualan.

Ini berlaku pada semua skala usaha, bukan hanya yang besar saja bahkan sekelas UMKM juga.

Mulai dari sistem pemasaran konvensional, hingga pelatihan digital marketing untuk UMKM kini bisa dengan mudah didapatkan.

Ini tentu menjadi hal yang menggembirakan bagi banyak orang terutama yang berencana merintis usaha.

Pelatihan UMKM sudah tidak lagi membosankan seperti dulu. Berbekal kemajuan teknologi  kini hadir juga pelatihan UMKM digital.

Semua orang bisa dengan mudah mendapat informasi dan pengetahuan. Ada yang dilakukan secara offline dan menjadi layanan gratis pelatihan untuk UMKM, ada juga yang berbayar.

Kembali lagi pada pemasaran, dalam setiap pelatihan atau training wirausaha,  materi ini hampir tidak pernah terlewatkan.

Alasannya, karena pemasaran memegang peranan atas keberhasilan penjualan. Artinya berhubungan juga dengan keberhasilan atau pencapaian usaha.

Untuk itu diperlukan adanya strategi pemasaran yang tepat pada pelanggan. Selain mensukseskan penjualan juga menjaring pelanggan loyal.

Dalam sebuah strategi pemasaran, terdapat tiga poin penting yang harus Anda penuhi. Tiga poin tersebut diantaranya yaitu, segmenting, targeting dan positioning.

Apa maksud dari ketiganya? Berikut kami hadirkan rangkuman yang akan menjelaskan maksud atau arti dari ketiga poin tersebut.

Rangkaian Strategi Marketing dalam Memasarkan Produk

Dalam rangka memasarkan produk pada konsumen atau pelanggan, Anda harus memiliki strategi supaya lebih mudah berpromosi guna menjaring pembeli.

Adapun strategi pemasaran atau marketing itu sendiri, memiliki tiga komponen utama yang wajib terpenuhi semuanya supaya bisa mensukseskan aktivitas pemasaran Anda.

Tujuannya, agar pemasaran dapat dilakukan dengan lebih terarah, efektif dan mudah juga cepat mencapai tujuan atau apa yang ditargetkan.

Dengan tiga komponen utama strategi marketing yang bisa dipenuhi, maka Anda akan memperoleh kemudahan dalam proses pemasaran juga membangun citra produk.

Ini berlaku bagi produk barang maupun jasa, baik yang dipasarkan secara online maupun offline.

Pemahaman mengenai tiga komponen dari strategi pemasaran ini akan Anda peroleh ketika mengikuti training bisnis atau kursus bisnis digital maupun tatap muka.

Apa saja komponen utama yang dimaksud? Inilah komponen-komponen utama dari strategi marketing tersebut.

1. Komponen Segmenting

Komponen pertama yakni segmenting. Sebagai tahap awal perumusan dari strategi pemasaran, segmenting berfungi untuk memisahkan.

Apa yang dipisahkan? Para konsumen yang potensial untuk dijadikan target market atas produk yang akan dipasarkan.

Setelah digolongkan atau diklasifikasikan, target market tersebut masih dibagi lagi berdasarkan pola beli, kebutuhan  karakteristik dan lain sebagainya.

Dengan adanya proses segmentasi ini, sumber daya milik perusahaan atau produk yang dihasilkan dapat disalurkan dengan lebih efektif juga efisien dalam memuaskan pelanggan.

Segmentasi ini juga memungkinkan Anda sebagai pelaku usaha, untuk bisa menciptakan program pemasaran pada banyak segmen berbeda sesuai dengan hasil produksi yang ada berdasar analisa pasar.

Adapun beberapa komponen yang terdapat dalam segmentasi antara lain adalah:

  • Segmentasi psikografis, yaitu pengelompokan berdasarkan gaya hidup, karakter dan juga status sosial konsumen
  • Segmentasi demografis. Pembagian kelompok berdasarkan jenis kelamin, pendapatan, usia, ras , pendidikan dan lain sebagainya
  • Segmentasi perilaku, pengklasifikasian berdasarkan cara komsumen mendapatkan dan menggunakan suatu produk, loyalitasnya pada sebuah brand, tingkah laku dan masih banyak lagi

Untuk bisa memberi manfaat atau berfungsi secara optimal, segmentasi harus memiliki karakteristik seperti substansial, dapat diakses, measureable, mudah untuk ditinfaklanjuti dan juga dipisahkan.

2. Komponen Targeting

Selanjutnya, komponen kedua dari strategi marketing yang harus terpenuhi ialah targeting.

Setelah melakukan segmentasi, maka untuk bisa melakukan pemasaran, maka Anda harus menentukan target pasar yang akan dijadikan pelanggan.

Terdapat empat strategi penentuan target pasar yang bisa dilakukan oleh perusahaan, yaitu:

  • Penargetan berbeda, caranya dengan meluncurkan beberapa varian produk untuk memenuhi permintaan beberapa target pasar yang berbeda
  • Penargetan tidak terdiferensiasi, yaitu menjadikan target pasar dengan kebutuhan dan permintaan yang berbeda, sebagai satu pasar besar dengan satu kebutuhan serupa.

Artinya, perusahaan menjadikan produknya pemenuhan kebutuhan satu-satunya dari banyaknya permintaan yang berbeda.

  • Penargetan custom, menentukan target dengan pendekatan individual.
  • Penargetan pasar yang terkonsentrasi, yaitu ketika perusahaan fokus pada satu segmen yang diaanggap potensial guna menawarkan beragam varian produknya.

3. Komponen Positioning

Terakhir, yaitu positioning. Tujuannya adalah untuk menentukan posisi pasar, sehingga Anda bisa dengan mudah menunjukkan perbedaan signifikan antara produk Anda dengan kompetitor lainnya.

Adapun cara membedakan positioning yaitu:

  • Berdasarkan perbedaan antar produk. Ini lebih kepada menunjukkan keunggulan manfaat atau kandungan dibandingkan kompetitor
  • Berdasarkan atribut, cara ini fokus pada ciri khas yang mempermudah pengenalan produk oleh konsumen
  • Berdasarkan waktu pemakaian atau konsumsi produk
  • Berdasarkan perbandingan dengan kompetitor di kelasnya
  • Berdasarkan kategori yang spesifik sehingga fokus pada pemberian solusi bagi konsumen
  • Berdasarkan keluhan atau masalah yang dihadapi pelanggan. Jadi Anda bisa memposisikan produk sebagai pemecah masalah atau solusi paling tepat

Agar Anda bisa mengembangkan aspek positioning ini  maka sebagai pelaku usaha harus bisa menentukan di mana posisi produk Anda.

Dengan begitu Anda sudah unggul secara komparatif dengan para kompetitor, karena memahami letak keunggulan produk dibandingkan para pesaing.

Namun Anda juga harus tahu, kelemahan apa yang dimiliki pesaing dan juga keunggulan produk Anda atas produk mereka.

Akan lebih baik jika Anda juga bisa meyakinkan pelanggan bahwa produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan mereka secara efektif dan memuaskan.

Nah, bagaimana apakah sudah paham mengenai tiga komponen penting dari strategi marketing?

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ketiga komponen tersebut merupakan serangkaian proses yang tidak boleh terlewat salah satunya agar bisa menjalankan kegiatan pemasaran.

Ketiga komponen tersebut, menjadi langkah persiapan yang bisa memuluskan rencana atau strategi pemasaran Anda. Sementara pemasaran yang akan mensukseskan penjual produk Anda.

Oleh karenanya, setiap usaha harus memiliki perencanaan yang matang dalam setiap kegiatan operasionalnya.

Alasannya, setiap kegiatan tersebut akan saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya.

Secara keseluruhan, aktivutas-aktivitas tersebut merupakan bagian dari strategi bisnis agar bisa bertahan dalam persaingan dan bisa berkembang lebih besar.

Dari sini harus kita akui, bahwa dalam mendirikan atau menjalankan usaha harus dibekali pengetahuan perencanaan juga pengelolaan.

Baca Juga:

Pahami Ini, Sebelum Memulai Jualan

Tujuh Cara Sukses Jualan di Media Sosial

Delapan Tips Jualan Dengan Teknik Story Telling

Bagi Anda yang berencana memulai usaha, bisa mengikuti pelatihan UMKM 2022 melalui webinar online yang diselenggarakan oleh nextup.id.

Platform terkemuka dan terpercaya yang bekerjasama dengan lembaga keuangan syariah, dalam mendampingi dan juga memberikan pelatihan bagi pebisnis pemula.

Anda akan diberikan materi dengan contoh nyata, yang akan memudahka  dalam menerapkan ilmu yang sudah Anda terima.

Ingin maju dan berkembang menjadi pebisnis andal? Saatnya Anda mendaftar dan bergabung di nextup.id!

Ikuti pelatihan UMKM digital bersertifikat dengan banyak materi bermanfaat.

jualan online tanpa modal, cara berjualan online, cara jualan online tanpa modal, cara jualan online laris, jualan online yang laris, bisnis online untuk pemula, tips jualan online, cara jualan online di shopee, cara jualan online laris di facebook, cara jualan online, bisnis online pemula, cara membuat toko online, bisnis makanan online untuk pemula, cara usaha online, cara berjualan online agar cepat laku

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.

Sumber Artikel

Mengenal Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) Marketing

https://www.xendit.co/id/blog/pahami-segmenting-targeting-positioning-dalam-strategi-pemasaran/

http://kompetensi.info/kompetensi-kerja/segmentasi-targeting-dan-positioning-dalam-strategi-pemasaran.html