Yuk, Mulai Jualan Online! | Nextup ID

Berbisnis di era digital tentu harus memahami apa itu digital marketing. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan digital marketing untuk UMKM yang bisa ditemukan secara mudah. Kenali digital marketing-pengertian dan cara memulainya!

Apa Itu Digital Marketing?

Pertama-tama, Anda harus memahami pengertian digital marketing. Istilah ini digunakan untuk sebuah aktifitas promosi suatu produk dengan memanfaatkan media digital dan juga internet. Aktifitas yang satu ini banyak dimanfaatkan para pebisnis baik pemula hingga yang sudah expert.

Tujuannya tidak lain untuk mengenalkan produk sehingga bisa diketahui masyarakat luas. Selanjutnya, diharapkan mendapatkan konsumen yang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Kini, strategi promosi yang satu ini bukan hal asing lagi di kalangan pebisnis.

Hal ini bisa Anda lihat dengan banyaknya konten menarik yang disuguhkan. Para pebisnis beradu konten menarik guna menarik perhatian pembaca yang potensial. Langkah ini menjadi salah satu cara untuk bisa meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis yang dilakukan.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Untuk bisa memahami digital marketing, Anda juga bisa mengikuti kursus bisnis digital. Di dalamnya tentu akan dijelaskan terkait jenis digital marketing. Secara umum, jenis-jenisnya terdiri dari:

  • Email Marketing– Anda bisa meng-update informasi terkait produk yang ditawarkan melalui email secara langsung.
  • Online Advertising- salah satu jenis promosi yang bisa dilakukan dengan cara berbayar dalam kurun waktu tertentu.
  • Search Engine Marketing– salah satu mesin pencarian yang akan membuat perusahaan Anda lebih mudah ditemukan, SEM bisa dinikmati secara maksimal dengan berbayar.
  • Social Media Marketing– memanfaatkan berbagai media sosial yang beragam guna mempromosikan produk/jasa suatu perusahaan.
  • Video Marketing– jenis digital marketing yang mengedepankan testimony dari pelanggan melalui suguhan video.
  • Website– banyak digunakan guna bisnis yang dilakukan mendapatkan jangkauan yang lebih puas dan melakukan promosi dengan lebih hemat.

Kelebihan Digital Marketing

Dengan mengikuti training bisnis, Anda akan menemukan berbagai kelebihan digital marketing. Strategi promosi yang satu ini senantiasa dimanfaatkan berbagai perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Adapun kelebihan yang bisa Anda temukan antara lain:

  • Proses penyebaran yang bisa dilakukan dalam waktu lebih cepat dengan ukuran relatime yang tepat dan akurat.
  • Memudahkan perusahaan untuk melakukan evaluasi terkait pemasaran yang dilakukan.
  • Memungkinkan perusahaan untuk memiliki jangkauan yang lebih luas, sehingga akan terlalu sulit untuk dikembangkan.
  • Digital marketing merupakan strategi promosi yang murah dan bisa menghemat pengeluaran perusahaan.
  • Eksistensi dalam dunia maya bisa membuat brand Anda lebih mudah dibangun dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.
Baca Juga:  Lima Cara Menentukan Target Market

Cara untuk Memulai Digital Marketing

Untuk bisa memulai digital marketing dengan baik, Anda bisa mengikuti pelatihan UMKM digital yang umumnya akan menyajikan beragam tips untuk menerapkan digital marketing secara tepat.

Pelatihan untuk UMKM banyak ditemukan, baik via online ataupun offline. Anda bisa menyesuaikan dengan waktu luang yang dimiliki. Secara umum, digital marketing bisa dimulai dengan langkah berikut:

1.   Mempersiapkan Alat yang Dibutuhkan

Pertama-tama, Anda tentu akan membutuhkan sebuah alat untuk melakukan digital marketing. Dalam hal ini yang harus dipersiapkan alat berupa website, media sosial, konten, dan semacamnya. Satu hal lagi yang sangat penting adalah koneksi internet yang bagus dan stabil.

Dengan persiapan yang matang, maka Anda pun bisa mengawali digital marketing untuk bisnis Anda secara lebih mudah dan lancar. Pastikan semua alat dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

2.   Menyajikan Konten yang Menarik

Selanjutnya, jika alat yang akan digunakan sudah tersedia, Anda harus menghiasinya dengan konten menarik.  Sajikan konten yang mampu menjawab apa yang dibutuhkan para pembaca.

Konten yang disuguhkan bisa disematkan foto ataupun video agar lebih menarik. Namun, pastikan konten tidak melenceng dari tema yang diusung suatu perusahaan. Senantiasa menyajikan konten yang selaras dengan produk yang akan ditawarkan.

Baca Juga:

5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online

Kembangkan Usaha Dengan Penerapan Digital Marketing

3.   Membangun Berbagai Aset Media Sosial

Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai media sosial yang ada sebagai asset untuk marketing perusahaan. Hingga kini, jumlah media sosial semakin banyak dan rata-rata bisa diaplikasikan dengan mudah.

Cobalah untuk mengunggah konten yang berkaitan dengan produk secara berkala. Banyak media sosial yang bisa digunakan, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Saat ini, apapun bisa dilakukan dengan mudah, selanjutnya bergantung pada tekad Anda untuk melakukannya.

Baca Juga:  Terhindar dari Penipuan Online dengan Memahami Keamanan Siber

4.   Menyuguhkan Konten Marketing Secara Berkala

Selain konten yang berisi informasi umum, website yang Anda bangun bisa diisi dengan konten marketing. Tidak hanya itu, content marketing bisa disuguhkan di berbagai media sosial yang Anda miliki.

Lakukan promosi secara berkala dengan kesungguhan yang penuh kesabaran. Senantiasa mengetahui kata yang khusus digunakan untuk marketing, sehingga bisa lebih maksimal untuk menarik pembaca yang potensial.

5.   Menggunakan SEO

Pastikan untuk bisa menerapkan SEO, sehingga perusahaan Anda lebih mudah dikenal banyak orang. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan kursus ataupun mengikuti training wirausaha. SEO tentunya akan dikenalkan meskipun hanya sekilas. Pada dasarnya, alat yang satu ini sangat penting guna mengembangkan website yang Anda bangun.

6.   Menggunakan Google Adsense

Tidak hanya itu, lengkapi dengan Google Adsense yang bisa digunakan secara berbayar. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Jika memang memberikan dampak yang baik untuk bisnis Anda, bisa digunakan dengan jangka yang lebih panjang.

Selain Google Adsense, Anda juga bisa menggunakan Facebook Adsense yang akan sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Namun, keduanya bisa Anda gunakan dengan berbayar. Jadi, pastikan untuk bisa memanfaatkan sebaik mungkin, sehingga uang yang Anda keluarkan tidak sia-sia.

7.   Membangun Aset Video

Selain itu, untuk bisa menerapkan digital marketing, Anda bisa membangun sebuah asset berupa video. Banyak platform yang bisa Anda manfaatkan, misalnya menyajikan video di kanal YouTube, memanfaatkan TikTok untuk menyajikan video promosi Anda, dan sebagainya.

Alternatifnya, Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan UMKM 2022 yang bisa ditemukan secara mudah. Dalam pelatihan tersebut tentu akan dikenalkan terkait digital marketing yang sangat bagus untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga:  NEXTUP Berperan dalam Program Literasi Digital

Salah satu pelatihan UMKM yang bisa Anda temukan yakni di nextup.id. Laman tersebut akan menyajikan informasi yang lengkap guna memberikan layanan terkait pelatihan bagi pemilik usaha kecil.

Sebuah program yang akan memberikan layanan berupa pembinaan dan juga pendampingan untuk UMKM yang membutuhkan guna meningkatkan perekonomian di Indonesia. Hal ini dikenal dengan istilah mentoring dan coaching.

Layanan menarik ini sangat disayangkan jika harus dilewatkan begitu saja. Anda pun bisa bergabung mengikuti pelatihan dan raih manfaat yang bagus untuk bisnis yang dijajaki. Raih manfaatnya dan terapkan sebijak mungkin pada bisnis Anda.

Demikianlah ulasan terkait digital marketing-pengertian hingga langkah-langkah untuk memulainya. Pastikan Anda bisa melakukannya dengan penuh teliti dan kesungguhan. Pada dasarnya, ketekunan akan membuahkan hasil yang manis.

pelatihan umkm, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan umkm digital, training bisnis, pelatihan untuk umkm, kursus bisnis digital, training wirausaha, pelatihan digital marketing untuk umkm
pelatihan online, lembaga pelatihan, pelatihan kewirausahaan, pelatihan hrd, pelatihan it, pelatihan online bersertifikat, pelatihan bisnis, pelatihan ukm

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing. Klik disini untuk kenal lebih dekat
google-site-verification: google05ed858cc7056014.html