Kembangkan Usaha dengan Penerapan Digital Marketing | Nextup ID

Nextup.id menjalin kerjasama dengan berbaga pihak untuk menggelar pelatihan UMKM digital. Salah satu acara yang merupakan hasil kolaborasi Nextup ID dengan BSi adalah Webinar Series: Digital Marketing Optimization Pendampingan UMKM Sinergi.

Melalui webinar ini, para pelaku UMKM di seluruh Indonesia bisa mendapatkan ilmu mengenai digital marketing. Yakni untuk mendatangkan pengunjung, konversi, dan juga engagement dari sejumlah media pemasaran digital. Lalu, seperti apa webinarnya dan apa saja yang didapatkan dari acara tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Tentang Webinar Digital Marketing

Nextup.id merupakan platform training, coaching, dan juga consulting untuk membantu pelaku usaha mengembangkan usaha yang dimiliki. Platform ini kemudian dalam menyediakan layanannya dengan bekerjasama dengan instansi perbankan. Salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia atau BSI yang kemudian bersama-sama menyelenggarakan  program pendampingan.

Salah satunya adala webinar Digital Marketing Optimization Pendampingan UMKM Sinergi 2021 yang diselenggarakan pada akhir Agustus 2021 lalu. Dalam webinar ini, Nextup.id menyediakan tiga pilihan kelas digital marketing. Jadwalnya adalah:

  • Kelas A

Kelas A dalam webinar series ini digelar pada Senin, 23 Agustus 2021 secara daring. Dimulai pada pukul 09.00 sampai 11.00 WIB dan bisa diikuti oleh siapa saja dan dimana saja. Adapun narasumber atau mentor di dalam webinar ini adalah M Arif Rahmat yang merupakan Certified Life Coach.

  • Kelas B

Kelas B dalam webinar series dari Nextup ini diselenggarakan pada Selasa, 24 Agustus 2021. Menghadirkan narasumber yang sama dengan kelas A yang dijelaskan sebelumnya. Acara dimulai pada pukul 14.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

  • Kelas C

Pada kelas C, Nextup menyelenggarakannya pada Rabu 25 Agustus 2021 pada pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Narasumber dalam webinar ini juga M Arif Rahmat yang merupakan Certified Life Coach.

Pilihan kelas pelatihan UMKM digital tersebut tentu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga disesuaikan dengan jadwal agenda. Kemudian acara berlangsung interaktif berkat dukungan para moderator yang profesional dan berpengalaman di setiap kelas. Sehingga para peserta bisa bertanya banyak hal sepanjang sesi tanya jawab.

Kelebihan Digital Marketing untuk UMKM

Melalui webinar Digital Marketing Optimization Pendampingan UMKM Sinergi 2021 maka setiap pelaku UMKM bisa mengenal dan menguasai digital marketing. Digital marketing sendiri adalah proses pemasaran secara online dengan memanfaatkan perangkat dan media digital. Seperti media sosial, website, marketplace, dan lain sebagainya.

Acara webinar ini terselenggara dengan lancar dan diikuti oleh banyak pelaku UMKM yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Penyelenggaraan secara daring membantu setiap pelaku UMKM dimanapun mereka berada untuk bisa bergabung dalam kelas. Setelah membuka acara, narasumber kemudian menjelaskan materi inti.

Yakni menjelaskan tentang apa itu digital marketing dan kelebihan digital marketing ini untuk UMKM. Secara umum, kelebihannya antara lain:

1. Efektif Mendatangkan Pelanggan

Digital marketing bagi pelaku UMKM akan membantu mendatangkan pelanggan secara efektif. Kelebihan ini didapatkan dari karakter digital marketing yang mampu menjangkau pasar yang luas. Ditambah lagi masyarakat era sekarang lebih sering berinteraksi dan berselancar di dunia maya (internet).

2. Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Digital marketing yang mengandalkan internet memberi karakter internet itu sendiri. Misalnya tidak ada batasan waktu maupun batasan geografis, sehingga iklan bisa diakses konsumen kapan saja dan dimana saja. Jangkauannya kemudian lebih luas dan membuka peluang bagi UMKM untuk memasarkan produknya sampai keluar negeri.

3. Memudahkan Interaksi dengan Konsumen

Mengikuti pelatihan UMKM digital dari Nextup.id membantu menggunakan media promosi digital. Kelebihannya sendiri adalah bisa membantu berinteraksi dengan konsumen secara real time. Misalnya saling membalas komentar di postingan media sosial, mengirimkan email balasan, dan lain sebagainya.

4. Menghemat Biaya Promosi

Tahukah Anda, bahwa dengan digital marketing maka biaya untuk promosi lebih hemat? Sebab biaya untuk melakukan promosi online lebih hemat bahkan bisa dimulai dengan modal di bawah Rp 50 ribu. Banyaknya pilihan media membuat biaya promosi lebih mudah untuk disesuaikan dan dikontrol.

5. Mudah untuk Dilakukan

Digital marketing atau pemasaran secara online sangat mudah untuk dilakukan. Misalnya memasang dan menaikkan iklan di Instagram maupun Facebook, maka pengaturanya memakan waktu beberapa menit saja. Selebihnya, pelaku UMKM tinggal duduk manis menunggu konsumen yang terjaring oleh konten iklan tersebut.

Strategi Digital Marketing untuk UMKM

Supaya bisa menikmati semua kelebihan digital marketing tersebut, maka peserta webinar dianjurkan untuk membangun strategi yang tepat. Dalam digital marketing ada banyak strategi bisa dijalankan dan berikut beberapa pilihannya:

1. Promosi di Media Sosial

Strategi digital marketing yang pertama disampaikan oleh M Arif Rahmat adalah promosi lewat media sosial. Khususnya media sosial populer seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Media sosial sangat ideal karena jumlah penggunanya sangat tinggi.

Selain itu tersedia juga fitur-fitur promosi seperti iklan berbayar dan analitik yang memudahkan pelaku usaha mengetahui efek konten promosi yang dibagikan. Fitur ini diprediksi akan terus berkembang dan semakin menguntungkan pelaku UMKM untuk sukses ketika memanfaatkannya dengan baik.

2. Promosi di Website

Strategi digital marketing yang kedua adalah promosi lewat website, yakni dengan membangun website domain berbayar. Kemudian dikelola sebaik mungkin agar selalu update konten dan menyediakan fitur komunikasi real time. Semakin tinggi jumlah pengunjung website maka sejalan dengan kenaikan omset penjualan.

3. Promosi di Marketplace

Siapa yang tidak kenal dengan marketplace? Dalam pelatihan UMKM digital para peserta akan dibantu untuk mengenal marketplace secara mendalam. Seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan lain sebagainya. Marketplace membantu menjaring lebih banyak konsumen dan memberi kepraktisan layanan belanja para konsumen.

Sehingga promosi dengan marketplace akan membantu memperluas pasar. Apalagi masyarakat saat ini lebih menyukai marketplace untuk berbelanja online karena ada jaminan perlindungan dan keamanan.

4. Promosi di WhatsApp

Strategi digital marketing yang terakhir adalah promosi dengan WhatsApp yang sudah hadir dalam versi bisnis. Ada banyak fitur bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk maupun nama usaha kepada seluruh kontak yang dimiliki.

WhatsApp kemudian bisa dihubungkan ke media digital marketing lain seperti di website dan media sosial. Sehingga mendorong konsumen untuk menghubungi kontak dan bisa diprospek untuk melakukan order sekaligus berpotensi menjadi konsumen setia.

Materi webinar disampaikan sampai tuntas dan acara berlanjut ke sesi tanya jawab, pada sesi ini banyak pelaku UMKM yang antusias. Menyampaikan sejumlah pertanyaan yang memang membantu mereka untuk mengaplikasikan digital marketing dengan segera. Jika terlewat dalam webinar ini, maka bisa mengikuti webinar selanjutnya.

Sebab Nextup.id memang berkomitmen untuk menyediakan layanan training, coaching, dan juga consulting bagi pelaku usaha agar sukses dan terus berkembang. Jadi, silahkan menantikan program-program pendampingan dan pelatihan UMKM digital selanjutnya.

pelatihan umkm, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan umkm digital, training bisnis, pelatihan untuk umkm, kursus bisnis digital, training wirausaha, pelatihan digital marketing untuk umkm

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.