Nextup.id bekerja sama dengan Trainer Gapura Digital menyelenggarakan Webinar Bisnis Online pada hari Kamis, 9 Desember 2021 melalui aplikasi Zoom. Kegiatan webinar ini diikuti oleh 180 peserta yang dibuka secara gratis. Webinar yang mengusung topik “Optimasi Google My Business” ini berlangsung selama 2 jam yaitu mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB. Webinar ini dibagi dalam tiga sesi yaitu penyampaian materi dan tanya jawab.
Dengan mengikuti pelatihan melalui webinar tersebut diharapkan para peserta bisa lebih memahami tentang digital marketing terutama dengan memanfaatkan Google My Business. Mengoptimasi Google My Business akan membuat usaha atau bisnis yang dikelola mampu mencapai posisi di halaman utama Google, banjir traffic, dan ini akan membuka kesempatan besar untuk mampu mendominasi pasar terutama di wilayahnya. Mengikuti webinar bisnis online ini bisa menjadi sebuah investasi terbaik yang akan membuka masa depan bisnis bisa lebih cerah.
Acara diawali dengan sambutan dari M. Arif Rahmat. Ia merupakan seorang Digital Marketer. Menurutnya, digital marketing menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas terlebih di era sekarang yang mana hampir segala sesuatunya terkait dengan digital. Sebagaimana diketahui, kegiatan pemasaran menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan angka penjualan bagi seluruh usaha mulai dari usaha mikro, kecil, menengah, bahkan usaha besar sekalipun. Salah satu cara yang cukup efektif untuk menarik pelanggan di era modern ini adalah melalui strategi pemasaran berbasis online atau yang lebih familiar dengan istilah digital marketing.
Dalam beberapa pelatihan UMKM pun seringkali dijelaskan tentang apa pentingnya dgital marketing untuk bisnis terutama UMKM. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa pelaku usaha atau pemilik bisnis perlu memanfaatkan digital marketing untuk bisnisnya:
Mudah mendatangkan pelanggan
Dengan melakukan promosi melalui media digital mulai dari sosial media, website, ataupun lainnya, ini akan lebih memudahkan pelanggan untuk menemukan informasi terkait bisnis atau usaha yang dibutuhkan tanpa terbatas leh waktu, jarak, ataupun ruang. Pastinya ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan pelanggan.
Lebih potensial untuk meningkatkan angka penjualan
Promosi melalui media digital bisa membuat produk dijangkau pelanggan dari semua kalangan sehingga bisa memperbesar peluang peningkatan angka penjualan suatu produk.
Lebih hemat biaya promosi
Biaya untuk pemasaran merupakan pos yang cukup besar dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Namun, dengan adanya digital marketing, hal ini memungkinkan untuk menekan biaya promosi sehemat mungkin karena tidak perlu lagi biaya percetakan ataupun biaya lainnya.
Pastinya strategi digital marketing sendiri juga ada beragam. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur Google My Business. Materi tersebut disampaikan oleh narasumber webinar yaitu Nurina, A.Md.RO. ST. S.AB. MM selaku Fasilitator Gapura Digital dan CEO Bengkel Startup. Setelah menjelaskan sekilas tentang perjalanan karir Nurina kemudian dilanjutkan pembahasan tema webinar yaitu Optimasi Google My Business.
Dalam pembahasan tema tersebut Nurina menjelaskan tentang apa itu Google My Business, mengapa pelaku bisnis perlu mempelajari fitur Google tersebut, serta bagaimana cara mengoptimasi Google My Business untuk promosi suatu usaha atau bisnis.
Google My Business (GMB) atau yang juga dikenal dengan sebutan Google Bisnisku merupakan salah satu tool Google untuk memberikan informasi penting terkait profil perusahaan secara detail. Dengan memanfaatkan fitur ini maka akan memudahkan para calon pelanggan untuk menemukan lokasi usaha. Pastinya ketika dioptimalkan dengan baik, GMB ini akan sangat bermanfaatkan bagi para pelaku bisnis dari semua skala sebagai salah satu bagian penting strategi pemasaran.
Berikut ini adalah beberapa manfaat Google My Business untuk promosi lokasi usaha:
Bisnis bisa dipromosikan di Google Maps
Ketika bisnis sudah didaftarkan di Google My Business maka Google Maps juga akan mempromosikannya secara global. Sederhananya, dengan adanya fitur ini maka calon pelanggan dari manapun bisa dengan mudah menemukan lokasi bisnis atau usaha melalui data toko fisik bisnis yang tersedia di Google My Business.
Berkesempatan mendapatkan review
Review dari pelanggan menjadi hal yang penting ketika menjalankan bisnis. Dengan menggunakan Google My Business ini maka para pemilik bisnis dan pelaku usaha bisa berkesempatan mendapatkan ulasan atau review dari pelanggan yang sudah melakukan transaksi ataupun mencoba secara langsung produk dari usaha yang ditawarkan. Semakin bagus ulasan yang diberikan maka ini bisa semakin meningkatkan branding bisnis.
Bisa meningkatkan pengunjung toko atau tempat usaha
Fitur Google Maps bisa menampilkan lokasi usaha dalam radius tertentu ataupun ketika memasukkan kata kunci yang telah ditentukan. Tentunya, ini akan semakin memperbesar peluang adanya peningkatan kunjungan langsung ke toko sekaligus membangun brand bisnis.
Setelah menjelaskan bagaimana manfaat dan pentingnya Google My Business untuk bisnis terutama di era digital, pembahasan selanjutnya adalah bagaimana cara optimasi Google My Business tersebut sehingga bisa menjadi strategi bisnis yang potensial terutama bagi para pelaku usaha ataupun bisnis lokal.
Nurina menjelaskan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi Google My Business, antara lain:
Melengkapi informasi profil
Pastikan mengisi semua bagian dengan informasi yang lengkap dan upadate mulai dari nama bisnis, kategori, alamat, nomor telepon, website, termasuk deskripsi bisnis. Informasi tersebut akan diindeks Google Search dan Google Maps.
Tulis deskripsi bisnis dengan baik
Dalam memberikan deskripsi bisnis, pastikanmemilih kata yang tepat karena ini akan memberikan gambaran kepada pengguna terkait produk serta layanan dari bisnis tersebut. Deskripsi ini menjadi langkah awal bagi pengguna untuk memilih apakah memperhatikan bisnis tersebut atau meninggalkannya.
Publikasikan postingan lokal
Bagi para pelaku UMKM dari berbagai daerah tak perlu ragu untuk mempublikasikan postingan lokal di daerah entah itu yang berkaitan dengan acara-acara daerah ataupun hal-hal yang ada hubungan dengan bisnis. Untuk mempublikasikan postingan pastikan tetap melakukan riset kata kunci.
Mengunggah foto
Selain melalui informasi yang sudah diisi, perlu juga untuk menambahkan foto di Google My Business. Foto yang diunggah bisa foto produk, foto suasana kantor atau tempat usaha, ataupun lain yang masih berkaitan dengan bisnis tersebut.
Berikan tanggapan terhadap review pengguna
Ketika ada pengguna memberikan ulasan atau review yang bagus terkait dengan bisnis maka jangan ragu untuk menanggapinya dengan ucapan terima kasih. Ini bisa menunjukkan penghargaan terhadap para pelanggan. Di sisi lain, ketika ada review negatif maka tanggapi dengan kalimat yang santun. Feedback dari pelanggan sangat berguna untuk kemajuan bisnis.
Setelah pembahasan semua materi disampaikan, selanjutnya sesi tanya jawab. Banyak peserta tampak aktif bertanya untuk mendapatkan informasi lebih mendalam tentang Google My Business. Nurina sebagai narasumber pun menjawab satu per satu pertanyaan dari para peserta dengan detail namun juga mudah dipahami.
Dengan ditutupnya sesi tanya jawab maka ini artinya acara webinar bisnis online “Optimasi Google My Business” pun berakhir. Antusiasme para peserta terkait acara webinar bisnis online tersebut cukup besar. Melalui webinar tersebut diharapkan bisa memberikan banyak manfaat terutama bagi kelancaran bisnis. Untuk itu,jangan sampai terlewatkan berbagai training bisnis dalam sesi webinar selanjutnya dengan tema-tema lain yang akan membawa bisnis Anda ke level lebih tinggi.
pelatihan umkm, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan umkm digital, training bisnis, pelatihan untuk umkm, kursus bisnis digital, training wirausaha, pelatihan digital marketing untuk umkm