Cara Membuat Business Plan untuk Usaha | Nextup ID

Memang benar, membuat sebuah business plan atau rencana bisnis tidaklah wajib dilakukan bagi pelaku bisnis dan usaha sebelum memulai usaha. Namun, rencana bisnis tersebut ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Ketika Anda mulai menulis sebuah rencana bisnis maka tanpa disadari Anda akan mengetahui seberapa besar keinginan dan kesiapan Anda untuk membuka bisnis tersebut.

Rencana bisnis ini berperan sebagai pedoman strategis yang memudahkan Anda dalam mengambil langkah-langkah spesifik supaya ide bisnis yang dijalankan berhasil dan tujuan bisnis pun terwujud. Inilah mengapa seorang pelaku usaha atau bisnis hendaknya memahami bagaimana cara membuat business plan yang baik supaya bisnis yang dijalankan pun berhasil.

Pengertian Business Plan

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat business plan atau rencana bisnis yang baik, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah apa itu rencana bisnis. Rencana bisnis merupakan kegiatan penting yang harus Anda siapkan sebelum memulai sebuah bisnis atau usaha. Dalam rencana bisnis tersebut, Anda akan menjelaskan secara terperinci tentang konsep bisnis Anda, keuangan, rencana pemasaran, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis tersebut.

Dengan membuat rencana bisnis tersebut, Anda akan memiliki persiapan yang lebih matang sehingga diharapkan bisa mencapai kesuksesan dengan lebih mudah.

Cara Membuat Business Plan - Nextup ID

Cara Membuat Business Plan – Nextup ID

Tujuan Membuat Business Plan

Perencanaan dalam bisnis atau usaha menjadi hal yang sangat penting supaya bisnis bisa berjalan dengan baik dan mencapai kesuksesan. Berikut ini beberapa tujuan mengapa penting membuat sebuah business plan:

1. Memastikan Bisnis Berjalan Sesuai dengan Visi dan Misi

Adanya rencana bisnis ini ditujukan untuk memastikan bahwa bisnis yang nantinya dijalankan bisa berjalan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditentukan dari awal. Dengan membuat rencana bisnis, maka ini juga akan memudahkan Anda untuk meninjau kembali terhadap kegiatan bisnis yang dilakukan secara berkala sebagai bahan analisa dan evaluasi.

2. Memperhitungkan Sumber Daya

Tujuan lain dari pembuatan rencana bisnis adalah supaya pelaku usaha bisa mengetahui berapa jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional bisnis, termasuk jumlah SDM serta keahlian yang diperlukan. Dengan mengetahui jumlah sumber daya yang dibutuhkan maka ini akan memudahkan Anda dalam menentukan jumlah biaya yang diperlukan untuk memenuhi sumber daya tersebut.

3. Membuat Kisaran Profit Bisnis

Perencanaan bisnis juga berguna untuk membuat kisaran atau perkiraan profit bisnis bisa tercapai sesuai target, termasuk menyusun strategi yang tepat dalam mencapai target profit sesuai dengan gambaran waktu yang direncanakan.

4. Mengevaluasi Rencana Bisnis Selanjutnya

Dalam menjalankan bisnis bisa terjadi keberhasilan maupun kegagalan. Bila Anda tidak membuat rencana bisnis sebelumnya maka Anda kesulitan untuk mengevaluasi di mana kelebihan dan kekurangan dari bisnis yang Anda jalankan. Inilah mengapa perencanaan bisnis ini berperan penting dalam suatu usaha atau bisnis. Anda akan lebih mudah untuk melakukan evaluasi sehingga bisnis yang dijalankan ataupun dikembangkan bisa lebih dioptimalkan untuk mencapai kesuksesan yang maksimal.

Cara Membuat Business Plan - Nextup ID

Cara Membuat Business Plan – Nextup ID

Tipe-Tipe Business Plan

Dalam membuat rencana bisnis atau business plan bisa disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan. Berikut ini beberapa tipe rencana bisnis yang perlu Anda ketahui untuk memilih tipe mana yang tepat untuk jenis usaha Anda:

1. Perencanaan Operasional

Tipe business plan ini merupakan perencanaan bisnis yang menggambarkan dengan jelas tentang bagaimana sebuah perusahaan berjalan. Misalnya, SOP perusahaan. Bila hasil yang diberikan ternyata kurang efektif, Anda bisa mengganti perencanaan ini.

2. Perencanaan Strategi

Tipe rencana bisnis ini terdiri dari langkah-langkah strategis yang disusun untuk mencapai tujuan bisnis. Jenis perencanaan bisnis ini dinilai sangat penting karena bisa menentukan keputusan untuk jangka panjang seperti visi misi perusahaan, nilai perusahaan, dan lainnya.

3. Perencanaan Taktis

Tipe rencana bisnis ini berguna untuk merealisasikan strategi usaha yang telah direncanakan sebelumnya. Salah satu contohnya adalah rencana strategi pemasaran.

4. Perencanaan Jangka Panjang

Jenis rencana bisnis ini bertujuan untuk merencanakan usaha dalam jangka waktu lebih dari satu tahun. Perencanaan bisnis ini berguna untuk memproyeksikan keberhasilan dari sebuah perusahaan dalam skala yang lebih besar.

Cara Membuat Business Plan - Nextup ID

Cara Membuat Business Plan – Nextup ID

Cara Membuat Business Plan yang Baik

Untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis, pelaku usaha dan bisnis hendaknya memahami bagaimana menyusun dan membuat business plan yang baik. Berikut ini beberapa langkah mudah dalam membuat rencana bisnis:

1. Mengenali Bisnis

Langkah awal dalam membuat business plan adalah dengan mempelajari dan memahami secara menyeluruh tentang bentuk, potensi, serta berbagai tantangan yang ada pada bisnis tersebut. Anda bisa menggunakan teknik analisis SWOT dalam tahap ini. Tahapan ini sangat penting untuk bisa membangun bisnis Anda sesuai dengan keinginan serta nantinya bisa memberikan keuntungan yang optimal. Mengenali bisnis Anda lebih mendalam akan membantu Anda untuk menemukan langkah seperti apa yang tepat ke depannya dan memahami setiap risiko yang bisa saja terjadi.

2. Menentukan Arah

Setiap pelaku bisnis dan usaha hendaknya memiliki pandangan yang terarah tentang tujuan dan sasaran bisnisnya. Arah yang jelas ini akan memudahkan Anda dalam merancang alur rencana bisnis Anda. Inilah mengapa penting untuk membuat tujuan dan sasaran bisnis yang jelas dan terarah supaya bisa tercapai dengan lebih mudah.

Cara Membuat Business Plan - Nextup ID

Cara Membuat Business Plan – Nextup ID

3. Menentukan Target Bisnis

Setiap bisnis tentu memiliki targetnya masing-masing. hanya saja, terkadang pelaku bisnis kurang memahami target dari bisnisnya sehingga bisnis tidak mampu berjalan dengan baik. Dalam membuat rencana bisnis sangat penting untuk menentukan target bisnis yang tepat Ini akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan konten rencana bisnis dengan baik. Target ini nantinya bisa menjadi pemacu Anda dalam menjalankan bisnis.

4. Menuliskan Rencana Bisnis

Ketika Anda sudah memahami ketiga langkah di atas maka selanjutnya Anda bisa langsung menuliskan rencana bisnis Ada. Beberapa hal yang perlu ditulis dalam sebuah business plan antara lain:

  • Visi dan misi perusahaan
  • Gambaran umum bisnis
  • Target pasar
  • Rincian produk
  • Rencana pemasaran
  • Biaya operasional
  • Perhitungan Break Even Point
  • Profitabilitas
  • Analisa Persaingan dan Strategi

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan rencana bisnis yang perlu Anda pahami sebelum Anda memulai sebuah usaha atau bisnis. Mengingat peran business plan yang sangat penting sebagai pedoman strategis demi keberlangsungan hidup bisnis, inilah mengapa sebagai pelaku bisnis dan usaha hendaknya Anda mulai mempersiapkan diri.

Bila Anda ingin mengetahui lebih tuntas tentang bagaimana cara membuat business plan serta apa saja yang perlu dipersiapkan, Anda bisa bergabung dalam webinar ataupun kelas bisnis bersama nextup.id. Selain itu, Anda pun berkesempatan untuk berkonsultasi ataupun mendapatkan pendampingan dari mentor pribadi untuk menemukan solusi atas permasalahan bisnis Anda. Membuat rencana bisnis yang baik tentu akan memberikan dampak yang baik pula bagi bisnis Anda nantinya.

kursus bisnis online, pelatihan bisnis online, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan usaha rumahan, pelatihan bisnis online gratis, kursus keterampilan untuk usaha, training bisnis online, pelatihan bisnis online gratis 2021, pelatihan wirausaha kuliner, pelatihan bisnis kuliner, pelatihan bisnis online gratis 2020, kursus usaha kuliner, pelatihan usaha laundry, pelatihan usaha kuliner, kursus bisnis kuliner, pelatihan usaha catering, kursus usaha online, pelatihan usaha online, training usaha laundry, kursus usaha laundry, kursus untuk usaha, pelatihan usaha mandiri, pelatihan bisnis minuman, pelatihan bisnis laundry, kursus usaha konveksi, pelatihan usaha konveksi, training usaha kuliner, pelatihan usaha minuman, pelatihan sukses bisnis online shop di instagram, kursus usaha rumahan, pelatihan usaha bakso, kursus usaha bakso, pelatihan bisnis ibu rumah tangga

pendampingan usaha, pendampingan bisnis, pelatihan usaha, kursus bisnis online, pelatihan bisnis online, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan usaha rumahan, pelatihan bisnis, pelatihan umkm