Contoh Headline Copywriting Penjualan yang Efektif Pikat Pembaca | Nextup ID

Siapapun pastinya ingin bisa laris manis ketika berjualan. Saat ini ada banyak strategi yang bisa diterapkan untuk memikat calon pembeli. Salah satunya adalah dengan melakukan copywriting. Metode ini terkenal sangat ampuh untuk menarik minat pembaca supaya tertarik dengan produk ataupun jualan yang ditawarkan melalui konten dan tulisan yang Anda buat. Pastikan untuk menggunakan copywriting sebagus mungkin ketika berjualan sehingga daya pikatnya semakin ampuh.

Contoh Headline Copywriting supaya Jualan Laris Manis

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, website menjadi salah satu media yang sangat populer untuk berjualan. Melalui konten dan tulisan yang dibuat di website, Anda bisa menunjukkan keunggulan produk dan layanan yang Anda tawarkan kepada para pembaca. Inilah pentingnya menggunakan teknik copywriting yang bagus supaya bisnis Anda pun bisa terlihat lebih unggul dibandingkan kompetitor.

Copywriting merupakan salah satu teknik menulis untuk materi pemasaran. Dan salah satu bagian penting dari pemasaran konten yang menggunakan copywriting adalah headline. Ada sejumlah teknik copywriting yang bisa diaplikasikan dalam pembuatan headline. Tentunya Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini ada sejumlah contoh headline copywriting yang bisa digunakan untuk menarik pembaca terhadap bisnis Anda.

Pendampingan Usaha - Nextup.id

1. Benefit Headline

Sesuai dengan namanya, headline ini lebih fokus pada manfaat yang diperoleh pembaca. Dalam hal ini, sangat penting untuk melihat dan memahami bagaimana sudut pandang pembaca itu sendiri. Manfaat atau benefit bagi setiap pembaca bisa saja berbeda. Misalnya, ada yang lebih senang mendapatkan ilmu atau informasi yang bermanfaat, manfaat secara ekonomis, manfaat psikologis, atau lainnya.

Berikut ini contoh copywriting untuk benefit headline:

  • 7+ Cara Jualan Sukses di Instagram (Update)
  • 50+ Trik Produk Jualan di Shopee Laris Manis

2. News Headline

Headline ini biasanya memang berfokus pada informasi terbaru ataupun sejumlah berita yang sedang trending sehingga memiliki peminat yang cukup besar. Copywriting headline ini bisa mengacu pada informasi terkini dari produk maupun layanan Anda. Dalam teknik copywriting news headline hendaknya tidak gegabah jangan sampai terlalu dilebih-lebihkan hingga menjadi clickbait. Hindari clickbait berlebihan dengan headline yang terlalu fantastis namun isi konten ternyata berbeda. Pastikan menggunakan teknik copywriting yang wajar dan sesuai konten Anda.

Berikut ini salah satu contoh copywriting dengan news headline yang aman:

  • Yoyok Rubiantono: Penjual Panci Internasional Beromzet Miliaran Rupiah Per Hari
  • Modal Kurang dari Rp 100 Ribu Hasilkan Omset Hingga Jutaan Rupiah per Bulan!

Pendampingan Usaha - Nextup.id

3. Selective Headline

Copywriting ini lebih cocok bagi Anda yang memiliki bisnis dengan pangsa pasar tertentu. Anda bisa menggunakan headline jenis ini ketika ingin konten atau tulisan yang Anda buat dibaca kalangan tertentu. Bila Anda ingin menggunakan copywriting ini untuk headline maka Anda bisa menyebutkan hal-hal yang lebih spesifik terkait waktu, layanan, persona, dan lainnya.

Berikut ini contoh copywriting untuk selective headline:

  • Kejutan Menarik untuk Pebisnis Kuliner
  • Tool Paling Efektif untuk Digital Marketer

4. Curiosity Headline

Copywriting jenis ini cocok digunakan untuk berbagai bisnis terutama yang berhubungan dengan bidang travel. Headline ini mampu meningkatkan rasa penasaran pembaca terkait dengan berbagai hal. Salah satu ciri headline ini adalah tidak menjelaskan secara jelas isi kontennya dan lebih menekankan hal-hal yang mampu membuat penasaran pembaca.

Berikut contoh copywriting untuk curiosity headline:

  • Inilah Spot Wisata Murah untuk Healing di Akhir Pekan

5. Gimmick Headline

Copywriting untuk headline ini lebih memaksimalkan permainan bunyi, gaya bahasa, tipuan, pengulangan kata, bahkan efek terkejut. Pemilihan kata yang tepat bisa menarik perhatian namun tetap relevan dengan tujuan konten. Misalnya:

  • Dapur Cokelat: New Taste for the New Goals

Melalui headline tersebut, Dapur Cokelat ingin menunjukkan berbagai varian rasa baru yang bisa mengiringi target baru bagi pembeli.

Pendampingan Usaha - Nextup.id

6. Question Headline

Headline jenis ini seringkali digunakan untuk menimbulkan kesan lebih dekat dengan pembaca. Copywriting pertanyaan memungkinkan pembaca merasa lebih diperhatikan apa yang menjadi kebutuhannya. Tentunya, konten yang dibuat hendaknya mampu menjawab pertanyaan headline. Inilah mengapa dalam penggunaan jenis copywriting ini hendaknya lebih memandang sudut pandang dan kebutuhan pembaca supaya lebih berkesan bagi pembaca

Contoh copywriting headline berikut ini:

  • Ingin Jualan Online? Simak Dulu Tips Ini!
  • Apakah Anda Sudah Mempersiapkan Dana Masa Tua?

7. Quotation Headline

Menggunakan kutipan sebagai headline mungkin akan memberikan kesan tersendiri. Namun, Anda tetap harus hati-hati. Pastikan Anda tetap mempertimbangkan konteks konten Anda supaya relevan dengan kutipan yang digunakan. Berikut ini contoh copywriting quotation headline untuk blog atau artikel:

  • 5 Ayam Bakar Harga Kaki Lima Rasa Bintang Lima di Jogja, Wajib Dicoba!
  • Cantikmu Siap Hadapi Dunia, Ayo Bergabung dalam Kolaborasi bersama 4 Wanita Inspiratif Ini!

8. Command Headline

Copywriting jenis ini biasanya digunakan untuk mengarahkan pembaca untuk melakukan sesuatu dengan kata-kata perintah. Biasanya kalimat perintah yang digunakan dikemas dengan penggunaan kata-kata yang bersifat lebih mendesak sehingga menarik perhatian pembaca. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan command headline adalah konten hendaknya menegaskan mengapa pembaca harus melakukan yang diperintahkan dalam headline dan menjelaskan akibat bila pembaca tak mengindahkan headline.

Contohnya pada headline di bawah ini:

  • Black Friday: Dapatkan Diskon 75% dan Menangkan Apple Watch
  • Daftar Hari Ini dan Dapatkan Ekstra Gratis Berlangganan hingga 3 Bulan

9. Claim Headline

Bisnis yang Anda jalankan hendaknya memiliki suatu kekhasan tersendiri sehingga bisa memberikan posisi khusus di mata audiens. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan copywriting yang tepat untuk menunjukkan suatu klaim atas keunggulan atau kekhasan dari bisnis Anda. Sampaikan dengan jelas dan spesifik apa yang menjadi keunggulan ataupun ciri khas bisnis Anda tersebut namun pastikan untuk tidak membuat klaim secara berlebihan yang justru memberi kesan terlalu imajinatif bahkan mustahil.

Berikut ini beberapa contoh copywriting untuk claim headline yang cukup aman untuk konten Anda:

  • Menghilangkan Noda Hitam dalam 30 Hari? Percayakan kepada Natasha Skincare
  • Seminar Bisnis Terbaik Hasilkan Ratusan Alumni Pebisnis yang Sukses di Bidangnya

 

10. How-to Headline

Headline ini bertujuan untuk menunjukkan cara menyelesaikan masalah pembaca yang biasanya dipakai untuk tips, tutorial, panduan, dan lainnya. Berikut ini beberapa contoh copywriting untuk how-to headline:

Cara Membuat Snack Tart Simple untuk Ulang Tahun Anak

  • Tutorial Login VPS di Android Anti Gagal

11. Versus Headline

Sebagaimana namanya, headline ini mengacu pada perbandingan dua hal dengan yang memiliki kemiripan atau kesamaan. Tujuannya bukan untuk menjelekkan satu dengan lainnya melainkan membantu pembaca dalam mengidentifikasi mana yang lebih cocok untuk menjawab kebutuhan mereka.

Ini contoh copywriting untuk versus headline yang bisa digunakan untuk blog atau postingan Anda:

  • Online Marketing vs Offline marketing: Mana yang Paling Tepat untuk Bisnis Anda?
  • iOS vs Android, Mana yang Lebih Sesuai dengan Kebutuhan Anda?

 

Itulah beberapa contoh copywriting headline yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Bila Anda masih bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan atau bisnis Anda mengalami berbagai kendala, maka Anda bisa berkonsultasi dengan nextup.id. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa berkonsultasi ataupun mendapatkan terapi layanan untuk mengatasi berbagai kendala keuangan, permasalahan emosional, ataupun hambatan rezeki. Segera hubungi kontak yang tersedia untuk membantu menemukan solusi terbaik permasalahan Anda.

kursus bisnis online, pelatihan bisnis online, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan usaha rumahan, pelatihan bisnis online gratis, kursus keterampilan untuk usaha, training bisnis online, pelatihan bisnis online gratis 2021, pelatihan wirausaha kuliner, pelatihan bisnis kuliner, pelatihan bisnis online gratis 2020, kursus usaha kuliner, pelatihan usaha laundry, pelatihan usaha kuliner, kursus bisnis kuliner, pelatihan usaha catering, kursus usaha online, pelatihan usaha online, training usaha laundry, kursus usaha laundry, kursus untuk usaha, pelatihan usaha mandiri, pelatihan bisnis minuman, pelatihan bisnis laundry, kursus usaha konveksi, pelatihan usaha konveksi, training usaha kuliner, pelatihan usaha minuman, pelatihan sukses bisnis online shop di instagram, kursus usaha rumahan, pelatihan usaha bakso, kursus usaha bakso, pelatihan bisnis ibu rumah tangga