Tips Agar Produk Kita Diterima oleh Market | Nextup ID

Nextup.id merupakan salah satu penyedia layanan pelatihan UMKM 2021 yang kemudian mencetuskan program pelatihan berbasis daring. Salah satunya adalah dengan menggelar webinar series yang terdiri dari beberapa kelas dan menghadirkan sejumlah narasumber yang ahli di dunia bisnis.

Memasuki kuartal terakhir di tahun 2021, Nextup menjalin kerjasama dengan BSI (Bank Syariah Indonesia). Kerjasama atau kolaborasi ini menghadirkan webinar series yang masuk ke dalam Program Mentoring dan Coaching Sinergi untuk UMKM 2021. Salah satu seriesnya adalah mengambil tema Product Validation.

Webinar Product Validation sendiri terbagi menjadi tiga sesi kelas, yakni Kelas A, Kelas B, dan juga Kelas C. Kelas A sendiri digelar secara daring melalui aplikasi Zoom pada 26 Agustus 2021. Menghadirkan narasumber Lukman Setiawan yang merupakan Coach Business Systemized.

Program Mentoring dan Coaching Sinergi untuk UMKM 2021

Nextup.id merupakan perusahaan training, coaching, and consulting yang fokus utamanya adalah mendorong UMKM di tanah air naik kelas dengan mengadakan pelatihan UMKM 2021. Diharapkan UMKM bisa Go Digital dan bisa terus tumbuh. Pada tahun 2021, Nextup.id menghadirkan Program Mentoring dan Coaching Sinergi untuk UMKM 2021.

Para peserta yang mengikuti program ini nantinya akan berhak mendapatkan sertifikat, dampingan selama 1 bulan penuh, sekaligus bantuan pendanaan dari BSI. Program ini kemudian terbagi menjadi beberapa tahap, dan salah satunya adalah tahap penyampaian materi Product Validation yang kemudian diadakan secara online.

Pada webinar ini akan dijelaskan mengenai apa itu Product Validation, seberapa penting hal ini dipahami oleh pelaku UMKM, dan bagaimana menerapkannya. Materi ini menjadi salah satu materi penting yang membantu pelaku UMKM untuk fokus pada kualitas produk. Tidak ada menghadirkan produk tanpa memiliki nilai ekstra.

Apa Itu Product Validation?

Moderator webinar Product Validation membuka acara dengan memberi beberapa kata sambutan. Kemudian menjelaskan secara singkat mengenai pengertian dari Product Validation. Jadi, Product Validation merupakan memeriksa apakah produk yang dikembangkan sudah benar, sudah sesuai spesifikasi, atau sudah mencapai tujuan tertentu?

Pengetahuan tentang materi Product Validation sangatlah penting, karena kebanyakan pelaku UMKM dalam membahas produk hanya fokus pada hal teknis. Padahal ada banyak hal perlu dipertimbangkan agar bisa sukses merilis produk ke pasaran. Maka penting untuk merilis bisnis dengan memperhatikan semua aspek yang sudah disebutkan.

Pelaku UMKM dalam pelatihan UMKM 2021 dari Nextup terbantu untuk memahamiĀ  betul apa itu Product Validation dan bagaimana penerapan atau implementasinya. Pemahaman ini membantu pelaku UMKM menghadirkan produk yang tidak hanya menarik melainkan juga bermanfaat sekaligus mendukung pencapaian tujuan usaha.

Product Validation Adalah Hal Penting

Oleh narasumber, yakni Lukman Setiawan membuka penyampaian materi dengan menjelaskan bahwa materi Product Validation adalah hal penting. Materi sepenting ini menurut beliau perlu didapatkan dengan sebaik mungkin. Maka diharapkan semua peserta bisa menikmati penyajian materi secara Sersan. Yakni serius tapi santai.

Product Validation merupakan proses untuk menentukan produk dengan tepat dan menyiapkannya dengan baik. Sehingga bisa membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan pasar dengan teknik yang tepat. Yakni fokus pada produk yang unggul sehingga produk ini sendiri bisa mempromosikan usaha secara maksimal.

Bapak Lukman menjelaskan bahwa kebanyakan pelaku UMKM memiliki teknik menjalankan usaha seperti pedagang. Yakni hanya fokus untuk menjual produk dan mendapati produk tersebut laku di pasaran. Padahal dalam dunia usaha yang sebenarnya, manajemen produksi sangatlah penting.

Mencakup empat tahapan yang membantu menentukan produk yang berkualitas dan bernilai tinggi. Tahapan tersebut dimulai dari proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pengarahan, dan proses pengendalian. Jika dilakukan dengan baik maka peserta pelatihan UMKM 2021 bisa menghadirkan produk yang mampu menyelesaikan masalah dan sesuai dengan standar.

Produk yang Sesuai untuk Pasar

Pengetahuan tentang Product Validation akan membantu pelaku UMKM menghadirkan produk yang tepat. Suatu produk dikatakan tepat, apabila:

1. Sesuai dengan Permintaan Pasar

Syarat yang pertama dari produk usaha yang tepat dan siap untuk diluncurkan ke pasar adalah sesuai permintaan pasar itu sendiri. Artinya, pelaku UMKM perlu melakukan survei, mengumpulkan data, dan menganalisis kebutuhan pasar. Kira-kira masyarakat saat ini sedang membutuhkan apa?

Produk yang banyak dibutuhkan adalah produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Sehingga pelaku UMKM bisa menghadirkan produk yang mampu mengikuti kebutuhan atau permintaan pasar saat ini. Lebih baik lagi jika mampu menghadirkan produk yang dicari oleh seluruh lapisan masyarakat.

2. Produk Mampu Memuaskan Kebutuhan Pasar

Produk yang baik tidak hanya bisa mengikuti permintaan pasar melainkan juga memuaskan kebutuhan pasar. Misalnya saat pandemi, kebutuhan masker dan hand sanitizer meningkat. Dalam berbagai pelatihan UMKM 2021 banyak dianjurkan untuk menyediakan produk jenis ini.

Namun, untuk bisa bertahan pelaku UMKM juga perlu memberiĀ  keunggulan pada produk supaya bisa memuaskan kebutuhan pasar tersebut. Misalnya menyediakan masker yang bersih, berkualitas, dan sesuai dengan standar WHO. Sehingga tidak asal menyediakan produk melainkan juga menyediakan produk yang memuaskan konsumen.

3. Konsumen Memahami Value Produk dengan Baik

Jika sukses menyediakan produk sesuai permintaan dan mampu memuaskan kebutuhan pasar. Maka konsumen seketika akan menyadari value atau nilai lebih dari produk yang disediakan. Meskipun dibandingkan dengan produk serupa dari kompetitor.

Manfaat Product Validation bagi UMKM

Pemahaman dan penerapan ilmu tentang Product Validation disampaikan juga memberikan banyak sekali manfaat bagi pelaku UMKM. Manfaat tersebut antara lain:

1. Menyediakan Produk yang Unggul

Pemahaman Product Validation akan membantu pelaku UMKM tidak hanya menyediakan produk dan mendapatkan profit. Melainkan mampu menyediakan produk yang unggul, mampu menyelesaikan masalah konsumen, dan selalu dicari. Sehingga bisa memenangkan persaingan lewat kualitas produk yang nyata.

2. Mendapatkan Konsumen Loyal

Jika produk yang dimiliki memiliki keunggulan dan dengan mudah disadari oleh konsumen. Maka akan sukses menggaet lebih banyak konsumen sekaligus memiliki konsumen loyal yang selalu membeli produk yang disediakan. Konsumen loyal adalah aset p

3. Menghemat Biaya Promosi

Biaya promosi bisa ditekan dengan menerapkan Product Validation. Sebab jika kualitas produk sudah terbukti unggul. Maka akan tercipta promosi dari mulut ke mulut, yakni dari satu konsumen ke konsumen lainnya. Sehingga pelaku UMKM tidak perlu boros untuk melakukan promosi lagi.

4. Mampu Menyuplai Produk Secara Kontinyu

Pengetahuan tentang Product Validation membantu UMKM memiliki banyak konsumen setia yang selalu membeli produk. Sehingga bisa terus menyuplai produk kepada masyarakat dan dalam jangka panjang. Sebab kualitas produk sudah terjamin dan punya pasar yang setia.

Product Validation adalah ilmu yang penting untuk dipahami dan diterapkan oleh pelaku UMKM di tanah air. Sehingga meskipun memiliki usaha skala kecil sanggup menyediakan produk unggulan dan dicari oleh pasar. Peserta webinar diharapkan bisa memetik manfaat dari materi pelatihan UMKM 2021 satu ini.

pelatihan umkm, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan umkm digital, training bisnis, pelatihan untuk umkm, kursus bisnis digital, training wirausaha, pelatihan digital marketing untuk umkm

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.