Kenali Fitur Keren untuk Jualan di WhatsApp Business | Nextup ID

WhatsApp Business merupakan salah satu layanan yang disediakan WhatsApp yang ditunjukkan bagi para pelaku bisnis. WhatsApp Business adalah aplikasi gratis yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pemilik bisnis. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang dapat meningkatkan kredibilitas toko, menjalin komunikasi dengan baik ke pelanggan, sekaligus mengunggah konten produk yang kamu jual.

Menggunakan WhatsApp Business sebagai bagian dari strategi pengiriman pesan Anda dapat menjadi pengubah permainan sebagai alat komunikasi yang diperlukan untuk membantu Anda tetap kompetitif. Disamping banyak pengguna WhatsApp dalam skala global sehingga menjadikan aplikasi perpesanan ini sebagai aplikasi terbesar saat ini. Oleh karena itu aplikasi WhatsApp mempunyai inisiatif mengembangkan fitur mereka seperti Whatsapp Business.

Sederhananya, WhatsApp Business memungkinkan perusahaan untuk mengirim pesan kepada pelanggan mereka dengan aman dan langsung di dalam platform perpesanan WhatsApp. Satu keunggulan dibandingkan SMS adalah WhatsApp terikat langsung ke satu nomor telepon dan menyediakan profil bisnis dari brand, bukan dalam bentuk serangkaian digit. Hal ini memungkinkan konsumen untuk segera mengetahui dengan siapa mereka mengobrol atau menerima pesan.

WhatsApp juga menyediakan informasi pengiriman yang andal, memberi perusahaan manfaat tambahan untuk mengetahui pesan apa yang telah dikirim dan pada akhirnya, dibaca. Ada juga trend yang berkembang untuk menggunakan perpesanan bisnis untuk tujuan perpesanan bisnis yang memungkinkan tim penjualan dan dukungan untuk menjawab pertanyaan produk atau layanan pelanggan dengan pesan kontekstual yang kaya, yang pada akhirnya, akan memfasilitasi transaksi baru atau membuat pelanggan saat ini senang.

Sejak WhatsApp telah diinstal sebelumnya di banyak ponsel smartphone di seluruh dunia, adopsi pengguna akan platform perpesanan ini telah meroket dan terus tumbuh. Itu berarti pelanggan Anda mungkin sudah menggunakan aplikasi tersebut. Untuk membuat koneksi pelanggan yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan profil WhatsApp Business dan mengaitkannya dengan nomor bisnis Anda dan karena kehadiran bisnis Anda hanya terikat pada satu nomor telepon. Anda dapat dengan mudah memasukkannya dalam semua program pemasaran Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan agar membuat hubungan langsung secara personal dengan pelanggan Anda.

wa business - nextup id

wa business – nextup id

CARA UPGRADE WA MESSENGER KE WA BUSINESS

Unduh Aplikasi WhatsApp Business Di Play Store

Setelah Aplikasi Terbuka, Klik “Setuju & Lanjutkan”

Pastikan nomor yang akan Anda gunakan. Lalu pilih “Gunakan +62xxxxx”.

Tapi jika Anda menggunakan nomor lain, silahkan pilih “Gunakan Nomor Lain”

Masukkan nomor lain yang akan didaftarkan. Lalu pilih “Lanjut”

Masukkan “Kode OTP” melalui SMS untuk verifikasi akun

Pastikan Proses “Verifikasi berhasil/selesai”

Pilih “Tampilkan Opsi Lainnya” lalu Isi semua informasi terkait bisnis Anda

Lengkapi informasi dengan mengisi Nama Bisnis, Kategori Bisnis, Alamat, serta Foto Profil. Lalu pilih “Lanjut”

Setelah semuanya terisi, selanjutnya klik “Mulai” untuk membuat katalog produk.

Tambahkan produk beserta keterangan produk Anda di Katalog.

 

Terakhir, percakapan bisa dimulai dan Anda bisa melanjutkan penjualan produk di akun WhatsApp Business

 

Apa Saja Fitur Pada WhatsApp Business?

WhatsApp Business membantu pengusaha untuk membuat pengiriman pesan secara profesional, membangun kepercayaan melalui profil bisnis, menanggapi pelanggan dengan mudah dengan balasan otomatis, mengatur daftar kontak pelanggan, dan mempromosikan produk atau layanan secara pribadi dan langsung.

Berikut fitur-fitur WhatsApp Business:

1. Buat profil bisnis

Dalam versi WhatsApp Business, Anda akan menemukan halaman profil yang lebih detail. Dengan WhatsApp Business, Anda bisa menyisipkan informasi website, alamat dan jam operasional.

Hal tersebut tidak tersedia pada versi regulernya untuk kepentingan privasi. Sehingga akun bisnis WhatsApp memiliki pendekatan tersendiri yang sangat bermanfaat bagi pelaku usaha.

Selain itu, informasi website juga akan mendorong potensi konversi apabila Anda telah memiliki halaman web yang aktif dan lengkap. Tentu hal tersebut sangat membantu Anda sebagai pelaku usaha.

2. Upload Produk Katalog

Salah satu fungsi dasar lain yang terdapat pada akun bisnis WhatsApp adalah katalog digital. Fitur katalog digital tersebut juga hanya tersedia di WhatsApp Business.

Pada fitur katalog digital, Anda dapat menyisipkan informasi produk dan varian yang tersedia. Informasi tersebut bahkan mencakup foto, harga, dan detail lain yang ingin Anda masukkan.

Katalog produk pada WhatsApp Business mendukung informasi yang efisien dan menarik bagi pelanggan. Fitur tersebut juga bahkan dapat terhubung dengan pesan untuk proses diskusi lanjutan.

Anda dapat mengatur katalog tersebut sesuai kebutuhan. Sangat disarankan agar Anda mengelolanya dengan aktif. Selain itu, Anda juga perlu meng-update katalog tersebut secara berkala.

3. Pesan Otomatis

Dalam pesan otomatis ini, penjual bisa menuliskan kalimat sapaan dengan informasi tambahan seputar bisnis.

WhatsApp Business memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan otomatis dan pengguna dapat menanggapi pelanggan secara 24 jam sehingga pelanggan merasa tidak diabaikan.

Pesan otomatis juga dapat membuat ucapan selamat datang kepada pelanggan baru sehingga dapat membantu merek penggunanya untuk dipromosikan dan memberikan informasi pengantar tentang merek pengguna.

4. Siapkan Tanggapan Balas Cepat

Pada versi WhatsApp Business, Anda dapat menemukan pengaturan balasan otomatis. Fitur tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memberi informasi dasar saat pelanggan mengirim pesan.

Beberapa informasi dasar yang dapat Anda berikan antara lain:

  • Informasi jam operasional;
  • Pesan untuk menunggu beberapa saat;
  • Informasi hari libur dan penundaan balasan; serta
  • Berbagai pesan otomatis lainnya.

Fitur tersebut sangat berguna pada Anda yang memiliki akun bisnis WA. Pasalnya, pelanggan dapat menerima informasi yang lebih jelas saat pertama kali menghubungi Anda di kontak tersebut.

5. Mengirim Siaran Ke Grup Pelanggan

Jika pelanggan telah menambahkan Anda ke kontak mereka, Anda dapat mengirimi mereka pesan dengan pesan broadcast meski terbatas pada 256 penerima sekaligus.

6. Keranjang

WhatsApp Business memiliki fitur keranjang. Fitur ini digunakan ketika pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda. Mereka bisa dengan mudah memasukkan barang pilihannya ke fitur keranjang.
Nantinya, sistem keranjang tersebut akan otomatis tersambung ke ruang obrolan pemilik akun bisnis untuk memproses pesanan pembeli.

7. Kategorikan Pelanggan Dan Obrolan Dengan Label

WhatsApp Business juga memiliki fitur untuk memberi label pada pesan yang Anda terima. Label tersebut dapat Anda kelola sesuai kebutuhan, termasuk pengelompokkan status pesanan.

Denga fitur label pesan pada akun bisnis WA, Anda dapat memisahkan pesan dari pelanggan yang berada dalam tahap proses, tertarik atau bahkan telah menyelesaikan pembelian.

Fitur tersebut sangat membantu dalam mengelola pelanggan sesuai tahapan transaksi yang terjadi. Selain itu, fitur label juga dapat Anda gunakan untuk membedakan relasi seperti operasional, logistik, dan lainnya.

Whatsapp Business - nextup id

Whatsapp Business – nextup id

Keunggulan WhatsApp Business

Jika dibandingkan dengan penggunaan WhatsApp biasa, tentu dengan adanya embel – embel Business akan membedakan setiap pengguna dan intensi mereka menggunakan platform ini. Berikut keunggulan yang bisa didapatkan dari WhatsApp Business.

1. Komunikasi Dua Arah yang Nyaman

WhatsApp Business memberi perusahaan cara untuk terlibat dalam perpesanan dua arah dengan pelanggan melalui aplikasi yang kemungkinan besar sudah mereka gunakan untuk percakapan obrolan sehari-hari. Aplikasi ini menawarkan bisnis yang nyaman dan langsung ke berbagai komunikasi dan kampanye pelanggan.

2. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Waktu dimana layanan pelanggan dan panggilan dukungan model lama telah berakhir dengan adanya kemudahan WhatsApp ini. WhatsApp Business memberi perusahaan lingkungan pribadi untuk mengobrol dengan pelanggan secara real-time. Dengan menyediakan informasi dan dukungan yang dicari pelanggan Anda, WhatsApp Business membantu memupuk loyalitas dan kepercayaan.

3. Percakapan yang Diverifikasi oleh Brand

Setiap bisnis harus membuat Profil Bisnis di WhatsApp, sebuah identitas bisnis unik yang memasukkan elemen branding ke dalam percakapan WhatsApp Anda. Anda dapat menambahkan nomor kontak, URL situs web, lokasi toko, detail promosi dan lainnya. WhatsApp Business juga memungkinkan Anda menambahkan multimedia ke pesan, termasuk gambar, video dan dokumen.

Whatsapp Business - nextup id

Whatsapp Business – nextup id

4. Jangkauan Global

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di lebih dari 100 negara, dengan basis pelanggan global lebih dari 2 miliar, menjadikannya saluran yang sempurna bagi bisnis untuk menjangkau khalayak yang tertawan.

5. Memulai Lebih Banyak Percakapan Secara Otomatis

Setelah pengguna memilih untuk menerima pesan WhatsApp dari bisnis Anda, Anda dapat membuat pesan template yang memberitahu pelanggan untuk mengambil langkah berikutnya dan memulai percakapan. Dengan memberlakukan kebijakan yang ketat untuk kualitas konten dan waktu respons, WhatsApp memastikan pengguna tidak menerima komunikasi berisi spam atau tidak relevan. WhatsApp juga mengharuskan pengguna bisnis untuk menanggapi pesan pelanggan yang masuk dalam waktu 24 jam menggunakan pesan non-template.

6. Tambahan Keamanan Dengan Keikutsertaan Pesan Pelanggan

Mengelola berbagai peraturan dan undang-undang kepatuhan bisa menjadi masalah besar bagi bisnis yang tidak mempunyai banyak dukungan untuk melakukannya. WhatsApp memasukkan fitur keamanan seperti enkripsi end-to-end dan otentikasi dua faktor untuk menjaga keamanan konsumen dan bisnis. WhatsApp Business juga memverifikasi akun bisnis Anda setelah pendaftaran, memastikan identitas pelanggan Anda ketika mereka memilih untuk menerima teks dan komunikasi Anda.

Sebagai pelaku usaha kita harus dapat memanfaatkan kesempatan kecil yang ada. Kita harus dapat bisa mengupgrade diri dengan perkembangan media yang selalu mengalami perubahan. Media memberikan kita solusi untuk mempermudah bisnis, akan tetapi banyak dari Anda yang masih belum paham untuk memulai dari mana. Masih banyak ketakuatan dan kurangnya kepercayaan diri untuk memulai mencoba. Ada banyak kasus bahwa pelaku usaha takut untuk mempromosikan produknya karena kurang percaya diri dan bahkan malu dengan produk yang mereka pasarkan. Alhasil, mereka hanya menggunakan cara berjualan disuatu tempat dan menunggu pembeli untuk datang. Pemikiran seperti inilah yang harus segera di upgrade agar bisnis yang sedang dijalankan ingin berkembang. Sebagai perusahan training yang bergerak dalam pendampingan pelaku bisnis, Nextup.id sudah berpengalaman dalam mendamping program pelatihan kegiatan pelaku usaha. Anda dapat berkonsultasi mengenai kendala bisnis yang sedang dihadapi. Team Nextup.id siap untuk medampingi Anda.

 

jualan online tanpa modal, cara berjualan online, cara jualan online tanpa modal, cara jualan online laris, jualan online yang laris, bisnis online untuk pemula, tips jualan online, cara jualan online di shopee, cara jualan online laris di facebook, cara jualan online, bisnis online pemula, cara membuat toko online, bisnis makanan online untuk pemula, cara usaha online, cara berjualan online agar cepat laku