Mengenal NIB dan Kegunaannya untuk Bisnis | Nextup ID

Menekuni UMKM memberi peluang untuk punya bisnis sendiri dengan modal minim, supaya terus berkembang silahkan rutin mengikuti training bisnis. Training yang membahas mengenai bisnis kini sering juga diadakan secara online. Sehingga bisa diikuti oleh pelaku UMKM dari daerah dan kota manapun tanpa perlu datang ke lokasi training diadakan.

Salah satu training dan seminar bisnis yang terbilang penting untuk diikuti pelaku UMKM adalah yang membahas tentang perizinan. Jadi, sampai saat ini masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami betul pentingnya mengurus perizinan seperti NIB (Nomor Induk Berusaha). Padahal mengurusnya tidak susah dan juga tidak mahal, berikut detail informasinya.

Mengenal Perizinan bagi UMKM

Setiap perusahaan, termasuk juga UMKM memiliki kewajiban untuk mengurus perizinan demi legalitas usaha yang dijalankan. Aturan ini berlaku untuk seluruh pelaku usaha tanpa terkecuali, dan akan lebih mudah dipahami jika ikut dalam acara training bisnis. Perizinan yang perlu diurus kali pertama adalah NIB atau Nomor Induk Berusaha.

NIB merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS yang didapatkan pelaku usaha usai mendaftarkan diri melalui sistem OSS (Online Single Submission). NIB sendiri diatur penerbitannya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Melalui Permen tersebut juga bisa diketahui bahwa proses pengurusan NIB kini sudah dilakukan secara online dengan sistem yang terintegrasi. Artinya sistem OSS dirancang terhubung atau saling terhubung dengan aplikasi atau website lain yang digunakan pelaku UMKM untuk mengurus perizinan.

Sistem yang dibuat terintegrasi atau saling terhubung ini nantinya akan menyederhanakan tahapan dalam mengurus perizinan. Sekaligus memudahkan pelaku UMKM untuk melakukan upload dokumen sebagai syarat administrasi pengajuan perizinan seperti NIB tadi.

Sistem online ini masih terbilang baru, oleh sebab itu pelaku UMKM perlu mempelajarinya dengan seksama. Misalnya dengan mengikuti webinar Nextup.id yang membahas mengenai pengenalan dan pembuatan NIB menggunakan sistem OSS-RBA untuk UMKM. Webinar ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk training bisnis yang tentu tepat untuk diikuti.

Fungsi dari NIBĀ  bagi UMKM

NIB menjadi bentuk perizinan yang perlu diurus kali pertama oleh pendiri UMKM karena fungsinya yang kompleks. Ibarat anak kunci, NIB ini membantu pelaku UMKM memenuhi syarat untuk mengurus legalitas lain terkait usaha yang dijalankan. Adapun fungsi lengkap dari NIB ini sendiri adalah sebagai berikut:

  • Sebagai kartu identitas atau tanda pengenal pelaku usaha, baik sebagai usaha perorangan maupun non perorangan. Sehingga arti pentingnya sama seperti KTP bagi WNI yang sudah menginjak usia 17 tahun.
  • Sebagai persyaratan untuk mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Izin Operasional di dinas dan lembaga terkait.
  • Berfungsi sebagai TDP atau Tanda Daftar Perusahaan.
  • Berfungsi sebagai Tanda Pengenal Importir atau TPI (bagi UMKM yang menjalankan ekspor impor).
  • Berfungsi sebagai Akses Kepabean (bagi UMKM yang menjalankan ekspor impor).
  • Terdaftar sebagai peserta Jaminan Sosial Kesehatan dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan).

Adapun proses untuk mengurus NIB secara online sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Mengakses laman OSS di www.oss.go.id
  2. Mendapatkan akses ke sistem OSS, dengan memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor pengesahan akta pendirian, dan dasar hukum pendirian perusahaan.
  3. Setelah mendapatkan hak akses, pelaku UMKM bisa mengisi data di halaman yang tersedia. Data ini mencakup nama, NIK, alamat, bidang usaha, jeni penanaman modal, dan lain-lain.
  4. Lembaga OSS kemudian akan menerbitkan NIB.

 

Arti Penting Mengurus Perizinan bagi Pelaku UMKM

Jenis perizinan yang perlu diurus oleh pelaku UMKM tentunya bukan hanya NIB, namun NIB ini merupakan jenis perizinan yang perlu diurus paling awal. Supaya lebih jelas dianjurkan untuk ikut training bisnis seperti yang diselenggarakan oleh Nextup.id. Sebab prosesnya harus diketahui detail agar pengurusannya tidak memakan waktu lama.

Mengurus perizinan bagi pelaku UMKM adalah hal penting agar legalitasnya jelas, selain itu masih banyak manfaat yang diberikan jika mengurunya dengan benar dan lengkap. Manfaat tersebut antara lain:

1. Mendapatkan Perlindungan Hukum

Arti penting atau manfaat yang pertama dari pengurusan perizinan usaha adalah mendapatkan perlindungan hukum. Perlindungan ini memberi rasa aman dan nyaman karena bebas dari kemungkinan kena penertiban dari aparat.

Berbeda dengan usaha yang ilegal atau tanpa izin, bisa jadi sewaktu-waktu tempat usahanya di grebek, dibongkar, dan tidak diizinkan beroperasi lagi. Jadi, daripada menanggung resiko ini sebaiknya meluangkan waktu beberapa menit untuk mengurus perizinan.

2. Kemudahan untuk Mengembangkan Usaha yang Dimiliki

Memiliki perizinan yang jelas dan sesuai aturan juga membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Legalitas adalah kekuatan yang dimiliki UMKM untuk menggaet lebih banyak mitra, investor, dan tentunya konsumen.

Bagi pelaku UMKM yang punya mimpi di masa mendatang tidak lagi menjadi UMKM melainkan perusahaan skala besar, sebaiknya mengurus legalitas sejak merintis usaha.

 

3. Membantu Proses Pemasaran

Legalitas yang jelas juga membantu pelaku UMKM untuk melakukan pemasaran dengan aman, nyaman, dan dalam skala besar sekaligus luas. Sebab jika produk yang disediakan legalitasnya terjamin maka tidak akan bermain petak umpet dengan dinas dan lembaga pemerintah tertentu. Pemasarannya bisa lebih luas, bahkan sampai ke mancanegara.

4. Akses Pembiayaan Menjadi Lebih Mudah

Pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya tentu membutuhkan pembiayaan, baik pinjaman dari bank maupun dari sumber lainnya. Legalitas yang jelas membantu pelaku UMKM memenuhi syarat mendapatkan pinjaman dari berbagai bank di Indonesia.

Sehingga dana pinjaman yang didapatkan nantinya bisa digunakan untuk mengembangkan produk, mengembangkan usaha, melengkapi mesin-mesin produksi yang canggih, dan lain-lain. Hal ini dikupas tuntas dalam training bisnis Nextup.id yang membantu memahami betul pentingnya mengurus perizinan UMKM sejak awal.

5. Mendapatkan Pendampingan Usaha dari Pihak Pemerintah

Punya usaha yang legalitasnya jelas seperti punya NIB yang dijelaskan di awal, membantu pelaku UMKM mengakses program pendampingan dari pemerintah. Pemerintah melalui dinas dan lembaga terkait secara kontinyu mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

Banyak program kemudian diselenggarakan untuk mendorong pelaku UMKM bisa terus tumbuh dan berkembang. Misalnya dengan mengadakan seminar, pelatihan, webinar, dan sebagainya yang membahas tentang seluk beluk dunia usaha.

Bagi pelaku UMKM yang usahanya sudah terdaftar di dinas terkait, maka bisa secara otomatis update informasi mengenai program-program tersebut. Legalitas yang diurus di awal kemudian membuka pintu untuk mengikuti training bisnis gratis dari pemerintah.

Jadi, dengan penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa mengurus perizinan bagi pelaku UMKM adalah sangat penting. Memang sedikit ribet di awal namun di masa mendatang pelaku UMKM bisa panen banyak keuntungan.

Apalagi sistem perizinan sudah semakin mudah dengan sistem berbasis online dan terintegrasi. Supaya bisa lebih mudah mengurusnya, silahkan memperkaya ilmu bisnis dengan mengikuti training bisnis.

nomor induk berusaha untuk apa, arti nomor induk berusaha, cek nomor induk berusaha online, cek nomor induk berusaha (nib), cek nomor induk berusaha, cara cek nomor induk berusaha online, cara cek nomor induk berusaha, cara mendapatkan nomor induk berusaha di oss, cara mendapatkan nib nomor induk berusaha, fungsi nomor induk berusaha, membuat nomor induk berusaha, manfaat nomor induk berusaha, cara mendapatkan nomor induk berusaha (nib), fungsi nib nomor induk berusaha, cara membuat nomor induk berusaha online, cara registrasi nomor induk berusaha, cara membuat nomor induk berusaha secara online, cara mendapatkan nomor induk berusaha secara online, cara mendapatkan nomor induk berusaha umkm

Inna Dinovita, adalah seorang womenpreneur yang tersertifikasi sebagai pendamping UMKM dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi, saat ini banyak memberikan edukasi tentang pentingnya perizinan usaha dan legalitas produk