Tips Sukses Membangun Tim Bisnis | Nextup ID

Nextup.id menjalankan program pelatihan bagi pemilik usaha kecil yang diberi tajuk Program Mentoring dan Coaching Sinergi untuk UMKM. Pelatihan ini sendiri bertepatan dengan pandemi Covid-19 sehingga digelar secara online. Penyelenggaraannya dalam bentuk webinar dan menggunakan aplikasi Zoom.

Salah satu webinar dalam program tersebut adalah Webinar Tim Sukses Membangun Tim yang merupakan kelas atau materi tambahan dari webinar series. Pada webinar ini akan fokus pada pemahaman mengenai tata cara mengelola karyawan di usaha. Mulai dari pengaturan penempatan agar sesuai karakter karyawan tersebut.

Webinar Tips Membangun Tim

Webinar dengan materi Tips Membangun Tim digelar secara online lewat aplikasi Zoom, yakni pada Rabu, 15 September 2021. Menghadirkan narasumber M Arif Rahmat yang akrab disapa dengan sebutan Coach Rahmat. Coach Rahmat sendiri merupakan Certified Life Coach yang sudah berkecimpung di dunia coaching di tanah air dan sudah bersertifikasi.

Webinar dibuka oleh moderator, yakni Inna Dinovita,S.Tp yang diketahui merupakan founder dari 4woffice.com. Moderator membuka webinar dengan menyampaikan sekilas mengenai materi pelatihan bagi pemilik usaha kecil yang akan dibahas dan dipimpin oleh Coach Rahmat.

Sesi webinar tambahan ini tentu menjadi angin segar bagi peserta pelatihan. Sebab setiap peserta bisa mendapatkan ilmu tambahan selain dari materi-materi yang sudah dibahas. Mulai dari Product Validation, islamic Business Ethic, dan lain sebagainya. Adapun materi bonus ini merupakan hasil dari permintaan sejumlah peserta.

Coach Rahmat menjelaskan bahwa banyak peserta yang menanyakan mengenai bagaimana tata kelola karyawan. Sebab banyak diantara para peserta yang pusing kenapa karyawannya keluar masuk. Ditambahkan juga oleh Coach Rahmat bahwa belajar tentang teori membangun tim hanya sebentar, tidak sampai satu jam.

Hanya saja yang lama dan memakan waktu adalah prakteknya dan juga kesabaran untuk mencapai tujuan. Yakni merekrut partner dan membangun tim yang solid sekaligus berada di dalam satu frekuensi. Sehingga para pelaku UMKM diharapkan bersabar sampai bisa mendapatkan partner yang benar-benar cocok saat membangun tim.

Baca Juga:  Ini Caranya Mendapatkan Izin P-IRT, Udah Tau Belum?

Bisnis Seperti Apa yang Butuh Tim?

Coach Rahmat menjelaskan bahwa bentuk bisnis atau usaha sangat beragam. Ada usaha yang memang membutuhkan tim ada juga yang bisa dilakukan sendirian. Misalnya pada saat memperhatikan tukang bakso keliling di depan rumah. Terlihat pedagang bakso mendorong sendiri gerobaknya untuk berjualan tanpa memiliki tim dan hal ini berlangsung bertahun-tahun.

Melalui webinar pelatihan bagi pemilik usaha kecil ini diterangkan bahwa niat pelaku UMKM sebenarnya apa dulu? Jika berniat menjadi pedagang maka sah saja tidak membangun tim atau merekrut karyawan. Namun, jika niatnya menjadi pengusaha atau entrepreneur yang menjaring banyak SDM (karyawan) berkualitas.

Maka pelaku UMKM perlu ilmu dalam membangun tim usaha yang sukses. Saat merekrut karyawan, seorang pelaku usaha yang sebenarnya memiliki dua tangan. Kemudian bisa sekejap memiliki enam tangan, karena pekerjaan yang beragam bisa diserahkan kepada karyawan yang sudah direkrut. Hal ini memberi efisiensi baik dari segi waktu, biaya, dan tenaga.

Pelaku usaha yang merekrut tim juga memiliki lebih dari satu kepala. Artinya, pelaku usaha memiliki banyak orang yang bisa menyampaikan ide-ide brilian dalam menjalankan usahanya. Lewat proses membangun tim pelaku usaha mendapatkan banyak sekali manfaat.

Alasan Pengusaha Perlu Membangun Tim

Coach Rahmat melalui pelatihan bagi pemilik usaha kecil juga menjelaskan sejumlah manfaat yang didapatkan oleh pengusaha jika membangun tim. Diantaranya adalah:

1. Memiliki Lebih Banyak Waktu

Pelaku usaha yang sudah memiliki tim yang kuat akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan banyak hal. Baik digunakan untuk mengurus usaha yang bersangkutan maupun untuk mengurus urusan pribadi. Misalnya memutuskan untuk  bersantai di rumah, pergi berlibur, ikut training, dan lain-lain.

2. Memiliki Lebih Banyak Ide

Sebagaimana yang disampaikan sebelumnya, tim yang direkrut adalah “kepala tambahan” dalam usaha yang dijalankan. Sehingga usaha ini kemudian memiliki banyak ide-ide baru yang jika diterapkan akan sesuai dengan kebutuhan usaha. Baik agar bisa bertahan maupun terus berkembang.

Baca Juga:  Bimbingan Teknis Kewirausahaan di Kabupaten Subang bersama Kementrian Perindustrian

3. Menciptakan Profit Lebih Besar

Merekrut tim dalam usaha adalah membangun sebuah sistem berbentuk siklus. Punya tim yang handal akan memberi produk berkualitas bagi konsumen. Sehingga jumlah konsumen terus bertambah dan kemudian memberikan profit lebih besar. Profit ini kemudian bisa terus berkembang seiring berjalannya waktu.

4. Bisnis Tetap Berjalan Tanpa Turun Langsung ke Lapangan

Punya tim yang kuat dan satu frekuensi sebagai hasil dari keikutsertaan dalam pelatihan bagi pemilik usaha kecil. Akan membantu pelaku usaha untuk bisa memiliki orang kepercayaan. Sehingga usaha tetap berjalan tanpa harus membuat pimpinan turun tangan langsung ke lapangan.

Kiat-Kiat Membangun Tim Usaha

Kapan pelaku UMKM perlu memulai membangun tim? Ada banyak faktor yang menunjukkannya mulai dari tugas pemilik usaha yang semakin banyak dan sukar untuk ditangani sendiri. Kemudian juga ketika profit usaha yang dijalankan sudah besar dan cukup untuk menggaji karyawan. Sekaligus muncul keinginan untuk mengembangkan usaha.

Jika berada di salah satu atau semua kondisi tersebut, maka sudah saatnya pelaku usaha perlu membangun tim. Bagaimana caranya? Berikut cara-cara yang disampaikan oleh Coach Rahmat:

1. Merekrut Karyawan yang Tepat

Langkah pertama dalam membangun tim usaha yang tepat adalah merekrut karyawan yang tepat juga. Pelaku usaha perlu mencari tahu kebutuhan usahanya butuh karyawan dengan keahlian apa, jumlahnya berapa, dan sebagainya. Setiap usaha memerlukan tim dengan karakter  berbeda maka perlu mengecek kebutuhan usaha sendiri.

2. Melakukan Training kepada Karyawan

Sukses membangun tim yang mendorong kemajuan usaha perlu membangun karyawan yang terlatih dan punya skill khusus dan terus dikembangkan. Maka tugas pelaku usaha adalah melakukan training atau pelatihan. Supaya karyawan memiliki ilmu dan keterampilan yang sesuai kebutuhan usaha.

Baca Juga:  NEXTUP Berperan dalam Program Literasi Digital

3. Membangun Organisasi

Tips membangun tim kuat berikutnya di dalam pelatihan bagi pemilik usaha kecil adalah membangun organisasi. Yakni membagi seluruh tim yang direkrut untuk menduduki jabatan tertentu. Sehingga setiap anggota tim memiliki anggota sub tim yang dipimpin oleh karyawan yang memang pantas dan punya karakter kuat.

4. Memiliki Leadership yang Kuat

Membangun tim yang kuat tentu membutuhkan pemimpin yang tepat, dalam hal ini adalah pelaku atau pemilik usaha. Maka pemilik usaha perlu membangun karakter leadership. Bisa dengan terus mengembangkan diri baik secara formal maupun non formal lewat kursus, pelatihan, seminar-seminar, dan lain-lain.

Membangun tim yang kuat akan membantu usaha yang dimiliki bisa terus berkembang. Sebab tim yang kuat ini ibarat sebuah siklus, dimana pelaku usaha merekrut kemudian mentraining, tim kemudian melayani konsumen dengan baik, dan selanjutnya memberi profit bagi usaha itu sendiri.

Sesi terakhir usai Coach Rahmat menyampaikan materi adalah sesi tanya jawab. Moderator menyampaikan pertanyaan yang diajukan oleh peserta webinar dan dijawab langsung oleh narasumber. Jawaban-jawaban ini tentu saja termasuk materi bonus di dalam webinar pelatihan bagi pemilik usaha kecil dalam Tips Membangun Tim.

pelatihan umkm, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan umkm digital, training bisnis, pelatihan untuk umkm, kursus bisnis digital, training wirausaha, pelatihan digital marketing untuk umkm

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing. Klik disini untuk kenal lebih dekat
google-site-verification: google05ed858cc7056014.html