Mengenal Inbound Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda | Nextup ID

Untuk kalangan pebisnis, istilah inbound marketing tentu tidak asing di telinga. Menjajaki era digital, istilah tersebut pun semakin populer dalam dunia bisnis berbasis digital. Hal ini juga bisa Anda temui di berbagai training bisnis. Lalu, apa itu inbound marketing? Ini penjelasannya!

Pengertian Inbound Marketing

Salah satu teknik dalam bidang pemasaran guna menciptakan pengalaman yang mengesankan dan bernilai untuk para konsumen. Hal ini diharapkan mampu memberikan dampak positif untuk bisnis yang dilakukan.

Dalam kursus bisnis digital, Anda tentu akan menemukan teknik yang satu ini. Inbound marketing akan membantu produk ditemukan konsumen dengan lebih mudah dan cepat. Selanjutnya, diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.

Keberadaan teknik pemasaran yang satu ini tidak lepas dari manfaat yang diberikan. Manfaatnya bisa dirasakan perusahaan Anda ketika diterapkan dengan cara yang tepat. Maka dari itu, penting untuk memahami metode yang digunakan dalam inbound marketing.

Metode Inbound Marketing

Dalam mengaplikasikannya, inbound marketing memiliki beberapa metode yang diterapkan. Umumnya, hal ini juga akan dikenalkan dalam berbagai pelatihan digital marketing untuk UMKM. Pasalnya, teknik pemasaran ini sangat berkaita erat dengan digital. Adapun metodenya sebagai berikut:

1.   Menarik Perhatian (Attract)

Pertama-tama, Anda bisa melakukan attract yakni menarik perhatian calon konsumen. Cara ini banyak diterapkan para pebisnis guna merangkul banyak konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menyajikan konten kreatif yang unik dan menarik.

Ketika, website perusahaan banyak yang mengunjungi, maka traffic-nya pun akan meningkat. Dengan demikian, traffic yang meningkat bisa berpeluang mendapatkan konsumen. Selanjutnya, dengan traffic yang tinggi, Anda bisa menerapkan langkah selanjutnya.

2.   Melakukan Convert

Ketika traffic suatu website meningkat, maka lakukan convert. Metode ini diterapkan guna menjadikan pengunjung sebagai buyer. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mendapatkan kontak secara detail.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan kontak? Caranya, Anda bisa menerapkan landing page, from opt-in, hingga call to action. Metode ini biasa Anda siasati dengan perencanaan yang baik dan matang.

3.   Penawaran (Close)

Selanjutnya, lakukan penawaran atau dikenal pula dengan istilah close. Ketika kontak calon konsumen suda di tangan Anda, maka lakukan penawaran yang menarik. Anda bisa menawarkan berbagai produk berupa barang/ jasa terkait.

Jangan lupa untuk melakukan follow up secara berkala, sehingga produk yang ditawarkan akan mudah diingat. Dengan demikian hal ini bisa meningkatkan peluang mendapatkan konsumen yang potensial.

4.   Menerapkan Delight

Dalam berbagai training wirausaha, Anda akan menemukan istilah delight. Hal ini sangat penting dilakukan guna mempertahankan konsumen yang telah menikmati produk Anda. Maintenance yang baik bisa memberikan kesan yang berbeda untuk para konsumen terkait.

Untuk melakukannya, Anda bisa menyajikan informasi berupa penawaran produk baru, dikson hingga membership. Dengan metode ini, diharapkan konsumen tetap terhubung dengan Anda.

Cara Mengaplikasikan Inbound Marketing

Selanjutnya, bagaimana cara mengaplikasikan inbound marketing? Anda bisa melakukannya dengan beberapa langkah. Pastikan untuk menerapkannya secara tepat, sehingga mendapatka hasil yang memuaskan. Berikut ini cara yang bisa dicoba:

1.   Melakukan Riset

Pahami calon konsumen Anda dengan melakukan riset yang mendalam. Riset yang dilakukan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan memperhatikan berbagai aspek. Hal ini mencakup jenis kelamin, usia hingga minat para calon konsumen.

Untuk memudahkannya, Anda bisa mengklasifikasikannya menjadi beberapa kelompok. Cara ini akan membantu dalam melakukan perencanaan selanjutnya. Anda bisa membagi kelompok untuk pemula yakni mereka yang belum mengenal produk Anda.

Selain itu, buat kelompok untuk pengguna produk Anda baik yang baru ataupun sudah lama dan berlangganan. Selain itu, riset tidak hanya dilakukan terhadap calon konsumen, melainkan pada merekan yang merupakan kompetitor perusahaan Anda.

Amati setiap langkah dan startegi dalam pemasarannya, sehingga Anda bisa menemukan langkah tepat untuk mendapatkan strategi yang lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berabagai lembaga riset terpercaya dan berpengalaman. Dengan demikian, hasilnya pun akan lebih akurat.

2.   Merencanakan Konten yang Sesuai

Selanjutnya, Anda harus merencanakan konten yang sesuai. Untuk mendalami aspek ini, Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan UMKM digital, umumnya akan diselipkan beberapa informasi terkait.

Konten yang disajikan harus terarah yakni mengarah pada target pasar yang telah Anda tentukan. Selain itu, formatnya pun harus sesuai dengan kelompok yang telah Anda klasifikasikan sebelumnya.

Ketika konten sudah Anda siapkan sematang mungkin, jangan lupa memilih saluran yang tepat. Kini, banyak media yang bisa Anda gunakan untuk mewadahi konten yang Anda buat. Pastikan disajikan secara tepat, sehingga hasilnya pun lebih memuaskan.

Untuk bisa mengoptimalkan konten yang Anda buat, terapkan SEO secara tepat. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk memudahkan konten Anda muncul di mesin pencarian. Jangan lupa untuk menyertakan call to action, sehingga Anda bisa mendapatkan target yang potensial.

Baca Juga: Pahami Strategi ini, Sebelum Memulai Jualan!

3.   Meningkatkan Kualitas Tim

Dalam penerapan inbound marketing, meningkatkan kualitas tim sangatlah penting dilakukan. Pada dasarnya, dalam penerapannya akan melibatkan berbagai pihak. Maka dari itu, bangunlah interkasi yang baik guna menciptakan tim yang berkualitas dan solid.

Kualitas tim serta layanan suatu perusahaan bisa memberikan kesan yang mendalam untuk konsumen. Selain itu, senantiasa sigap dalam menyajikan value dari produk yang ditawarkan, sehingga tidak akan mudah dilupakan para konsumen.

Berikan sikap yang terbuka, sehingga konsumen bisa memberikan feedback yang jujur. Feedback yang diberikan akan menjadi salah satu masukkan yang sangat bermanfaat guna kemajuan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Ketika konsumen yang mendapatkan pengalaman baik, maka akan terlibat secara katif dalam menjalin hubungan berjangka panjang. Hal ini tentunya akan menjadi peluang untuk bisa menawarkan produk Anda secara berkala.

Untuk bisa menerapkan teknik inbound marketing dengan baik, Anda bisa mengikuti pelatihan untuk UMKM. Banyak jenis pelatihan bagi pemilik usaha kecil yang menyajikan layanan menguntungkan.

Agar Anda bisa mendapatkan informasi lengkap terkait pelatihan UMKM 2022 bisa menghubungi Nextup untuk berkonsultasi lebih lanjut. Salah satu alternatif yang bisa dicoba untuk mendapatkan layanan berupa bimbingan dalam pelatihan digital marketing dan semacamnya.

Pelatihan UMKM ini tidak lain bertujuan untuk memudahkan para pebisnis mengembangkan perusahaan di era digital. Selain itu, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian yang ada di Indonesia.

Banyak keuntungan yang bisa Anda raih dengan mengikuti berbagai program yang disuguhkan. Anda pun bisa memilih program sesuai kebutuhan secara bebas. Selanjutnya, komunikasikan dengan pihak terkait untuk memulai pelatihan Anda.

Demikianlah ulasan terkait inbound marketing yang bisa Anda terapkan pada bisnis yang dijajaki. Anda bisa mengulik informasi lebih mendalam dari mereka yang lebih ahli dan berpengalaman dalam bidang terkait. Selamat mencoba!

pelatihan umkm, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan umkm digital, training bisnis, pelatihan untuk umkm, kursus bisnis digital, training wirausaha, pelatihan digital marketing untuk umkm
pelatihan online, lembaga pelatihan, pelatihan kewirausahaan, pelatihan hrd, pelatihan it, pelatihan online bersertifikat, pelatihan bisnis, pelatihan ukm

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.