Jurus Jitu Jualan di Shopee: Kiat Sukses Jualan Ngegas saat Harbolnas | Nextup ID

Nextup menyelenggarakan Workshop Digital Marketing pada hari Selasa, 7 Desember 2021 berlokasi di Rumah Ngopi Cibinong. Kegiatan workshop yang mengusung tema “Jurus Jitu Jualan di Shopee: Kiat Sukses Jualan Ngegas saat Harbolnas” tersebut diikuti oleh 15 peserta. Workshop ini digelar selama 3 jam yaitu mulai pukul 9.00 – 12.00 WIB di Jalan Raya Mayor Oking no. 99A, Ciriung, Cibinong (tepatnya di samping Kantor Kelurahan Ciriung). Workshop dibagi ke dalam 3 sesi yaitu penyampaian materi oleh para narasumber, tanya jawab, dan praktek.

Untuk bisa bergabung dan belajar sejumlah materi dalam workshop juga tidak dibutuhkan biaya yang besar. Peserta bisa membayar Rp 150.000 untuk satu orang dan Rp 250.000 untuk dua orang dengan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati seperti free WiFi, coffe break, dan softcopy materi.

Workshop digital marketing tersebut dibuka untuk umum sehingga siapapun bisa ikut mendaftar, terutama bagi para pelaku bisnis online yang berjualan di Shopee. Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa bergabung di kelas workshop tersebut. Para peserta hanya perlu menyiapkan beberapa item yang digunakan pada saat sesi praktek, antara lain:

  • Akun Shopee
  • Perangkat laptop
  • Smartphone
  • Foto produk

Dengan mengikuti kegiatan workshop tersebut diharapkan para peserta bisa lebih memahami bagaimana strategi digital marketing yang tepat terutama bagi yang berjualan di platform Shopee. Memahami sejumlah kiat dan trik sukses jualan di Shopee terutama ketika Harbolnas bisa membuka kesempatan untuk banjir orderan dan meningkatkan omset penjualan. Turut aktif mengikuti workshop ataupun pelatihan bisnis bisa menjadi salah satu bentuk investasi terbaik yang akan membawa bisnis lebih naik kelas ke level berikutnya.

Acara workshop digital marketing tersebut diisi oleh dua narasumber yaitu M. Arif Rahmat yang merupakan seorang Digital Marketing Expert serta Inna Dinovita selaku Founder 4W Office. Dalam pembukaan workshop, M Arif Rahmat menjelaskan bahwa digital marketing menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk kemajuan bisnis di era saat ini. Apalagi di tengah pandemi di mana masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di depan gadget termasuk untuk mencari berbagai produk atau jasa yang dibutuhkan. Bagaimanapun pemasaran atau marketing memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan di seluruh skala usaha mulai dari yang mikro hingga yang besar. Dan, di era industri 4.0, memahami strategi digital marketing yang tepat akan sangat efektif untuk menjangkau pelanggan lebih luas, meningkatkan penjualan, dan mendapatkan omset bisnis yang lebih baik.

Baca Juga:  Pendampingan Digital Marketing bersama YDBA Banyumas

Kiat Jualan Sukses di Shopee

Dalam workshop tersebut, kedua narasumber membahas tentang beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana supaya jualan sukses ketika Harbolnas tiba. Mengapa jualan saat Harbolnas dirasa penting untuk dipelajari? Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional ini biasa diadakan setial 12 Desember sehingga lebih familiar dengan istilah Harbolnas 12.12. Momen ini biasanya akan disambut dengan sangat antusias baik oleh penjual ataupun pembeli karena ada banyak promo menarik ditawarkan.

Transaksi belanja online yang terjadi saat Harbolnas biasanya mengalami lonjakan yang cukup drastis dibandingkan pada momen-momen spesial lainnya. Berdasarkan riset Nielsen Indonesia menunjukkan bahwa transaksi belanja online saat Harbolnas 12.12 di tahun 2020 mencapai Rp 11,6 triliun. Bahkan, nilai transaksi tersebut meningkat Rp 2,5 triliun atau sekitar 27,4% dibandingkan tahun sebelumnya, padahal sedang terjadi pandemi dunia. Ini angka yang sangat menakjubkan dan tentunya harus disadari betul oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan marketplace untuk berjualan.

Perlu dipahami bahwa tak semua seller di marketplace otomatis akan kebanjiran order saat Harbolnas tiba. Banyak pula pemilik online shop terutama yang berjualan di Shopee pun tidak menikmati keuntungan ketika ada Harbolnas. Tentu, hal ini ada yang perlu dipelajari mengapa jualannya tidak laris manis. Ternyata, ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut event Harbolnas 12.12 supaya bisa lebih memaksimalkan penjualan dan panen keuntungan.

Beberapa strategi dan persiapan inilah yang dibahas dalam workshop digital marketing kali ini. Sejumlah materi yang dibahas dan dipelajari oleh para peserta workshop antara lain:

Melakukan riset produk yang akan dijual

Riset produk merupakan proses mencari informasi tentang suatu produk dari berbagai aspek mulai dari harga, kualitas, hingga persaingannya. Tujuan melakukan riset produk ini setidaknya untuk mengetahui tiga hal, yaitu:

  • Potensi laku atau tidaknya produk tersebut di pasaran
  • Apakah ada kompetitor bisnis serupa
  • Cara terbaik untuk mengembangkan produk
  • Membuat display toko yang menarik
Baca Juga:  NEXTUP Berperan dalam Program Literasi Digital

Bukan hanya toko konvensional saja yang perlu memiliki display menarik. Toko online di marketplace seperti Shopee pun perlu dibuatkan display semenarik mungkin supaya para calon pembeli betah berlama-lama dan tertarik untuk belanja. Bagaimana cara mendekorasi display toko supaya lebih menarik dan membuat jualan laris manis? Semua dikupas tuntas dalam workshop tersebut.

Melakukan optimasi Shopee Ads

Pemilik toko di Shopee hendaknya paham bagaimana pengaruh Shopee Ads pada penjualan. Ada sejumlah strategi optimasi Shopee Ads yang perlu dipahami pemilik toko di Shopee sehingga memberikan perubahan positif serta hasil penjualannya pun bagus.

Membangun database pelanggan

Mungkin banyak yang belum paham tentang pentingnya membangun database pelanggan bagi suatu bisnis. Padahal database pelanggan tersebut merupakan bagian integral pada suatu bisnis yang mengumpulkan berbagai informasi penting seperti nama pelanggan, psikografis, alamat, dan informasi lainnya yang berhubungan dengan pelanggan. Tentu ketika bisa memanfaatkan database pelanggan secara optimal maka ada banyak keuntungan yang diperoleh.

Setelah para narasumber memberikan penjelasan secara detail tentang materi yang dibahas pada workshop, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta tampak sangat antusias dengan sesi tanya jawab ini karena berkesempatan untuk belajar lebih mendalam dan detail tentang hal-hal yang berkaitan dengan trik dan kiat-kiat sukses berjualan di Shopee terutama ketika even Harbolnas. Para narasumber berusaha menjawab semua pertanyaan peserta workshop dengan memberikan penjelasan yang detail dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Pada kegiatan workshop tersebut para peserta juga diberikan sesi praktek yang dipandu langsung oleh para narasumber yang memang sudah sangat berpengalaman. Para peserta bisa langsung mencoba mengaplikasikan materi-materi yang dipelajari dalam workshop. Dengan adanya sesi praktek ini diharapkan para peserta bisa lebih memahami bagaimana menerapkan berbagai kiat supaya jualan laris manis di Shopee terlebih ketika ada even Harbolnas.

Baca Juga:  Peningkatan Kapasitas Usaha; Berjualan di Marketplace Blibli

Dengan selesainya sesi praktek maka berakhir pula kegiatan workshop digital marketing yang bertajuk “Jurus Jitu Jualan di Shopee: Kiat Sukses Jualan Ngegas saat Harbolnas”. Namun, selesainya kegiatan ini bukan berarti tidak akan ada lagi pelatihan bisnis lainnya. Bahkan, Nextup sudah menyiapkan beragam tarining bisnis dan wirausaha dengan berbagai tema supaya bisa membawa bisnis naik kelas ke level-level berikutnya.

jualan di shopee, cara jualan di shopee, cara berjualan di shopee, cara menjual barang di shopee, cara membuat toko di shopee, cara jual barang di shopee, cara jualan di shopee untuk pemula, cara daftar jualan di shopee, cara berjualan di shopee untuk pemula

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing. Klik disini untuk kenal lebih dekat.
google-site-verification: google05ed858cc7056014.html