Pahami Cara Beriklan di Shopee | Nextup ID

Rasanya hampir semua orang sudah cukup familiar dengan Shopee. Sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, jumlah pengunjung Shopee bahkan sudah mencapai lebih dari 100 juta. Dengan besarnya animo masyarakat terhadap marketplace yang identik dengan warna oranye tersebut, tak mengherankan bila akhirnya semakin banyak orang tertarik untuk gabung dan membuka lapak di Shopee. Bahkan, saat ini sudah banyak beragam pelatihan atau training bisnis digital yang mengangkat topik tentang Shopee bagi para pelaku bisnis terutama pelaku UMKM.

Tentunya, untuk bisa meraih keberhasilan dalam berbisnis online, tidak cukup hanya gabung dan membuka lapak di Shopee saja. Ada berbagai strategi pemasaran perlu diaplikasikan sehingga toko menjadi semakin dikenal dan penjualan pun meningkat. Shopee pun sangat memahami kebutuhan para pelaku bisnis yang pastinya ingin produk ataupun bisnisnya bisa dipasarkan dengan baik. Inilah mengapa sejak tahun 2017, Shopee telah meluncurkan fitur iklan berbayar yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk jualan. Fitur Shopee Ads tersebut dikenal dengan Shopee MyAds atau yang lebih familiar dengan Shopee Iklanku.

Lantas bagaimana cara menggunakan Shopee Iklanku tersebut? Simak penjelasan lebih detailnya.

Fungsi Shopee Ads

Melalui Shopee Ads, penjual bisa meningkatkan eksposur untuk produk-produknya dengan menempatkan iklan pada aplikasi Shopee ataupun platform web. Akun Shopee Iklanku memberikan empat bidang fungsionalitas utama, antara lain:

  • Promosi

Ini merupakan bagian yang memungkinkan Anda untuk mengajukan penawaran supaya salah satu produk Anda muncul di bawah Produk Mirip ataupun bagian atas hasil pencarian di Shopee.

  • Laporan

Untuk bagian ini memungkinkan Anda melihat bagaimana kinerja iklan Anda. Dengan memanfaatkan alat pelaporan, nantinya Anda bisa lebih meningkatkan iklan Anda.

  • Penagihan

Fungsi ini akan meninjau catatan tagihan Anda di area akun Shopee MyAds. Anda hanya akan dikenai biaya untuk klik pada daftar yang dipromosikan.

  • Isi Ulang

Bila Anda memerlukan untuk penambahan kredit dalam menjalankan iklan maka bagian ini yang perlu Anda kunjungi, Pastikan bahwa Anda memiliki kredit iklan yang cukup supaya tidak terjadi masalah dengan kampanye iklan Anda.

Jenis dan Cara Menggunakan Shopee Ads

Fitur Shopee Iklanku atau Shopee MyAds sendiri memiliki tiga jenis iklan, yaitu iklan pencarian kata kunci, iklan pencarian toko, dan iklan produk serupa.

1. Iklan Pencarian Kata Kunci

Ini merupakan salah satu jenis Shopee Ads yang paling populer. Bila Anda memasang jenis iklan ini di Shopee maka produk Anda akan uncul di halaman utama hasil pencarian ketika ada calon konsumen yang mencari kata kunci yang sesuai dengan produk yang Anda iklankan.

Beberapa keuntungan menggunakan Iklan Pencarian Kata Kunci, yaitu:

  • Dapat memposisikan produk di bagian teratas halaman pencarian sehingga produk jualan Anda bisa lebih mudah ditemukan.
  • Seiring dengan naiknya traffic di toko online Anda maka ini memperbesar peluang peningkatan penjualan.
  • Anda bisa mengatur sendiri biaya per klik iklan.

Setelah memahami apa keuntungan menggunakan iklan pencarian kata kunci, selanjutnya akan dibahas tentang bagaimana cara menggunakan iklan jenis ini:

  • Masuk ke Seller Center dan pilih produk yang akan diiklankan
  • Tentukan kata kunci. Anda bisa memilih kata kunci otomatis ataupun manual
  • Pilih biaya per klik iklan
  • Centang pada “Ubah Biaya Iklan Massal” bila Anda ingin melakukan perubahan pada pengaturan iklan massal
  • Aktifkan iklan dan siap dikunjungi calon pelanggan

 

2. Iklan Pencarian Toko

Jenis iklan ini berbeda dengan iklan pencarian kata kunci yang bisa menampilkan produk secara langsung saat pengunjung memasukkan kata kunci yang sesuai. Iklan Pencarian Toko sebagai namanya akan menampilkan informasi singkat tentang toko Anda berupa nama dan foto profilnya.

Iklan yang terpasang akan muncul di bagian atas halaman pencarian bila pengunjung memasukkan kata kunci yang sesuai dengan apa yang Anda tawarkan di toko.

Ada sejumlah keuntungan ketika menggunakan Iklan Pencarian Toko di Shopee, antara lain:

  • Bisa mengarahkan calon pembeli untuk langsung ke toko Anda. Pengunjung bisa mendapatkan akses halaman toko dan kategori produk yang ditawarkan.
  • Dengan keberadaan toko yang ada di posisi atas di halaman pencarian Shopee maka ini akan semakin meningkatkan popularitas dan tarffic toko Anda.
  • Ini akan sangat berpengaruh pada peningkatan penjualan.

Lalu bagaimana cara menggunakan jenis iklan ini?

  • Pilih foto profil dan slogan iklan yang sesuai dengan produk yang ditawarkan

Ini akan memudahkan calon pembeli untuk menganalisis bahwa toko Anda memiliki produk yang dicarinya. Perlu diingat, arahkan calon pembeli untuk mengunjungi langsung halaman kategori toko Anda.

  • Pilih sendiri kata kunci yang diinginkan.

Anda bisa memilih kata kunci otomatis bila belum sempat melakukan riset tentang kata kunci.

  • Masukkan biaya per klik yang sesuai dengan budget Anda
  • Iklan siap ditayangkan

Jangan lupa untuk memantau secara rutin terhadap traffic yang dihasilkan dari iklan yang dipasang. Bila ternyata performanya baik maka Anda bisa meningkatkan biaya per klik pada iklan tersebut.

3. Iklan Produk Serupa

Jenis iklan ini akan muncul ketika pengunjung meng-klik salah satu produk yang sama dengan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, jenis iklan ini juga akan tampil pada halaman rekomendasi terhadap produk yang sama dalam jangka waktu 30 hari terakhir.

Ada sejumlah keuntungan bila Anda memasang iklan ini di Shopee, antara lain:

  • Produk lebih mudah dilihat karena berada di halaman rekomendasi calon pembeli
  • Bisa menjangkau pembeli lebih spesifik yang sesuai dengan ketertarikan ereka
  • Bisa menentukan modal dan biaya per klik iklan sendiri

Sedangkan cara menggunakan iklan Produk Serupa di Shopee yaitu:

  • Masuklah ke halaman Seller Center
  • Pilih “Iklan Produk Serupa Baru”
  • Tentukan setidaknya 50 produk yang akan dipromosikan
  • Pilih pengaturan iklan yaitu Pengaturan Otomatis atau Pengaturan Manual
  • Iklan siap tayang

Sebagaimana jenis Shopee Ads lainnya, pastikan untuk memantau terus iklan yang ditampilkan. Bila ada produk yang memiliki performa kurang baik maka Anda bisa segera menonaktifkan dan dialihkan ke produk lain dengan performa lebih baik.

Itulah ketiga jenis Shopee Ads lengkap dengan cara menggunakannya. Dengan memanfaatkan iklan Shopee tersebut diharapkan penjualan Anda di Shopee pun bisa lebih meningkat. Pastinya Anda pun harus memiliki strategi yang tepat dalam memasarkan produk termasuk dengan memilih jenis iklan mana yang paling efektif serta sesuai dengan budget Anda.

Bila Anda merasa masih kesulitan untuk mengaplikasikan iklan-iklan di Shopee ataupun menerapkan pemasaran digital yang tepat untuk mendongkrak penjualan produk Anda, bergabung dalam sejumlah pelatihan bisnis pastinya akan sangat penting.  Tak perlu kahwatir karena kini ada banyak sekali pelatihan ataupun training bisnis yang bisa Anda ikuti. Salah satunya pelatihan dari nextup.id yaitu pelatihan digital marketing untuk UMKM yang diharapkan bisa membantu para UMKM untuk lebih berdaya saing.

jualan di shopee, cara jualan di shopee, cara berjualan di shopee, cara menjual barang di shopee, cara membuat toko di shopee, cara jual barang di shopee, cara jualan di shopee untuk pemula, cara daftar jualan di shopee, cara berjualan di shopee untuk pemula

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.