Customer Relationship Management (CRM) barangkali menjadi suatu istilah yang asing bagi orang awam. Namun jika Anda berada dalam sebuah manajemen perusahaan atau memiliki tugas yang berkaitan dengan pelanggan, maka istilah ini penting untuk dipahami. Secara sederhana, CRM merupakan pengelolaan pelanggan oleh perusahaan. Jika berbicara pelanggan, maka sudah tentu memiliki andil penting bagi perusahaan. Agar dapat memahami lebih lanjut tentang CRM ini mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.
Tugas Customer Relationship Management dan Manfaatnya Bagi Perusahaan
Sebagaimana telah dikatakan tadi bahwa CRM ini merupakan pengelolaan atau manajemen pelanggan yang dilakukan oleh perusahaan. Tentunya setiap perusahaan akan memperhatikan betul pelayanan yang diberikan kepada pelanggan mereka. Sebab hal itu akan mempengaruhi kelangsungan dan perkembangan mereka sendiri.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melayani konsumen atau pelanggan adalah dengan menerapkan CRM atau customer relationship management. CRM ini memiliki fokus dalam mengelola pelanggan mereka. Tugas pokoknya adalah mengetahui pola perilaku pelanggan, sehingga perusahaan memiliki data yang valid untuk mengambil tindakan. Tentu saja pada akhirnya ini akan berkaitan dengan strategi marketing yang diterapkan.
Berikut ini akan dibagikan beberapa tugas penting yang harus dilakukan oleh CRM dalam kesehariannya.
1. Mengumpulkan Informasi Seputar Pelanggan
Tugas pertama yang dimiliki oleh customer relationship management adalah mengumpulkan informasi seputar pelanggan. Informasi yang dikumpulkan sangat variatif dan ini bisa dilakukan melalui sistem telah tersendiri. Jadi tidak perlu membuat sistem baru, namun cukup memanfaatkan sistem manajemen pelanggan yang telah tersedia pada perusahaan tersebut.
2. Menganalisa Informasi yang didapat
Tugas kedua adalah menganalisis informasi yang didapat. Setelah berhasil mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka bukan berarti tugas CRM telah berakhir. Data atau informasi yang didapat harus dianalisis terlebih dahulu. Sehingga nantinya ada kesimpulan yang didapat sebagai landasan untuk pengambilan keputusan.
3. Menerapkan Sistem Layanan yang Tepat
Tugas ketiga dari seorang staf yang berada di bagian customer relationship management adalah menerapkan sistem layanan yang tepat. Bagaimana kita tahu bahwa pelayanan itu tepat untuk diterapkan? Tentu saja didasarkan pada hasil analisa data yang telah dilakukan. Oleh karena itu, penting bahwa setiap tugas dari CRM dilakukan dengan benar. Sehingga harapannya nantinya layanan yang diberikan benar-benar mampu menjawab kebutuhan konsumen atau pelanggan.
4. Menanggapi Respon dari Pelanggan
Tugas keempat adalah menanggapi respon dari pelanggan. Respon yang perlu dihadapi tidak hanya sekedar saran, namun juga berupa kritikan atau keluhan atas produk maupun pelayanan yang diberikan. Tentu kita semua cukup sering melihat hal seperti itu bukan? Jika respon dari pelanggan ini tidak ditanggapi, maka terkesan bahwa perusahaan tidak memiliki pelayanan yang baik. Alhasil itu juga berimbas pada aspek kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, customer relationship management harus memperhatikan hal ini untuk menjaga kepuasan pelanggannya.
Barangkali setelah menyimak dengan seksama tugas dari customer relationship management (CRM) tadi, maka Anda sudah mendapatkan gambaran perihal CRM ini. Hal ini tentunya juga dapat menjadi dasar pengetahuan bagi Anda yang memang berkeinginan untuk berkarir pada bidang customer relationship management. Lantas apakah CRM hanya melayani pelanggan yang telah ada saja?
Ternyata tugas dan fungsi dari CRM tidak hanya memperhatikan pelanggan yang telah ada saja. Namun CRM juga memiliki fungsi untuk dapat menambah daftar pelanggan baru. Tentunya hal ini merupakan tingkatan lanjutan dalam customer relationship management. Berdasarkan data tentang pola perilaku konsumen yang didapat, maka CRM melalui keahlian bisa merekrut pelanggan baru.
Lalu adakah manfaat pengaplikasian customer relationship management bagi perusahaan? Tentu saja CRM memiliki manfaat yang besar bagi perusahaan. Setidaknya ada 3 manfaat utama yang dapat dirasakan perusahaan dari penerapan CRM ini.
1. Meningkatkan pendapatan penjualan produk
Manfaat pertama dan paling besar dirasakan adalah meningkatkan pendapatan penjualan produk. Mengapa ini bisa terjadi? Sebab ketika hubungan dengan pelanggan tetap dikelola dan terjaga dengan baik, maka sudah tentu perusahaan akan memiliki pelanggan tetap. Mereka yang merasa puas dengan layanan diberikan sudah tentu tidak akan mudah beralih ke produk dari perusahaan lainnya.
Jika konsumen telah merasa puas, bukankah akan menimbulkan potensi pembelian atau pemakaian produk secara berulang? Hal inilah yang sangat menjanjikan dari penerapan customer relationship management bari perusahaan. Bahkan bukan tidak mungkin CRM ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa bagi pendapatan penjualan perusahaan.
2. Membuat konsumen menjadi lebih loyal
Manfaat selanjutnya dari customer relationship management adalah membuat konsumen menjadi lebih loyal pada produk. Sebagai pemilik produk atau owner tentu kita sangat ingin konsumen tersebut merasa puas dan loyal untuk terus menggunakan produk yang ditawarkan. Nah, hal ini bisa diraih apabila customer relationship management (CRM) berjalan dengan baik.
Bahkan bukan tidak mungkin dengan penerapan CRM yang baik akan memberikan kesempatan baru bagi perusahaan dalam menjalin kemitraan. Sebab banyak terjadi yang awalnya hanya sebagai konsumen atau pelanggan, justru berkembang menjadi hubungan kerja yang saling menguntungkan satu sama lain. Menarik bukan?
3. Efisiensi biaya operasional perusahaan
Manfaat ketiga yang juga penting untuk diketahui adalah CRM dapat membantu manajemen untuk mengefisienkan biaya operasional perusahaan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebagaimana telah dikatakan di awal tadi bahwa customer relationship management (CRM) ini bekerja berdasarkan data-data yang diperoleh.
Data tersebut akan menjadi landasan bagi perusahan untuk mengambil tindakan. Jika demikian sudah tentu perusahaan akan menjadi lebih tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen atau pelanggannya. Sehingga operasional mereka dapat diarahkan langsung ke sana dan ini akan membantu mengefisienkan biaya yang ditimbulkan atas kegiatan operasional tersebut.
Bila memperhatikan manfaat yang ditimbulkan atas customer relationship management (CRM), maka sudah semestinya perusahaan lebih memperhatikan aspek ini. Sebab kegiatan CRM memang berkaitan langsung dengan pelanggan yang menjadi modal besar bagi perusahaan dalam perkembangannya. Sebaiknya tempatkanlah tenaga atau staff yang memang memiliki kemampuan yang baik untuk menjalankan tugas customer relationship management (CRM) tersebut.
Sekarang, bagi Anda yang masih bingung untuk berkarier di dalam bidang customer relationship management (CRM) ini, Anda dapat mencoba menghubungi langsung nextup.id. Perlu diketahui bahwa nextup.id merupakan jasa konsultasi yang berpengalaman di bidangnya. Mereka telah sukses membantu kliennya untuk mendapatkan karir pekerjaan yang baik.
Tidak hanya tentang karir pekerjaan saja, nextup.id juga bisa Anda manfaatkan untuk berkonsultasi tentang permasalahan hidup yang dihadapi. Kadang kala dengan kita membuka diri dan berkomunikasi bersama orang lain, maka inspirasi dan solusi akan lebih mudah untuk datang. Oleh karena itu, cobalah untuk meluangkan waktu yang Anda miliki untuk berkonsultasi bersama nextup.id. demikianlah, semoga informasi yang diberikan kali dapat menambah wawasan semuanya.
jualan online tanpa modal, cara berjualan online, cara jualan online tanpa modal, cara jualan online laris, jualan online yang laris, bisnis online untuk pemula, tips jualan online, cara jualan online di shopee, cara jualan online laris di facebook, cara jualan online, bisnis online pemula, cara membuat toko online, bisnis makanan online untuk pemula, cara usaha online, cara berjualan online agar cepat laku