Cara Mengukur Market Size dan Market Share | Nextup ID

Sejatinya market size dan market share merupakan dua hal penting yang harus dipahami oleh para pelaku bisnis. Kedua ini istilah ini bisa saja saling berkaitan dan memiliki andil yang penting untuk mengetahui potensi pasar. Secara sederhana market size merupakan total penjualan dan pelanggan yang diperoleh sebuah perusahaan. Sementara market share merupakan persentase penjualan yang dihasilkan oleh perusahan dalam sebuah industri. Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

Memahami Cara Perhitungan Market Size dan Market Share

Mungkin bagi orang awam kedua istilah ini terdengar asing dan membingungkan. Namun ketika memang memiliki aktivitas dalam dunia bisnis, maka sudah semestinya istilah ini dipahami dengan baik. Mengapa demikian? Sebab dengan wawasan kedua istilah tersebut akan sangat membantu bagi pebisnis untuk mengetahui pasar produknya dan strategi marketing yang cocok untuk diterapkan.

Pada bagian awal telah sempat disinggung, bahwa market size merupakan total atau jumlah dari pelanggan ataupun penjualan produk yang diperoleh sebuah perusahaan. Katakanlah Anda memiliki sebuah perusahaan yang menawarkan produk Sabun, maka staff Anda akan melakukan kalkulasi terhadap penjualan sabun tersebut di pasaran. Kapan kalkulasi ini dilakukan? Umumnya market size akan dihitung dalam kurun waktu penjualan 1 tahun. Jadi selama 1 tahun tersebut berapa banyak penjualan yang berhasil dilakukan.

Sementara itu, jika berbicara tentang market share, maka ini akan berhubungan dengan perusahaan lainnya. Maksudnya bagaimana? Tentu kita semua tahu dan memahami betul bahwa dalam sebuah pasar akan terjadi persaingan antar sejumlah perusahaan. Baik itu produk yang sama maupun produk yang berbeda. Semua perusahaan akan berlomba-lomba melakukan hal yang menarik hingga inovatif untuk mendapatkan pelanggan, dan hal ini merupakan sesuatu yang lumrah. Lalu apa kaitannya dengan market share?

Market share dapat kita pahami sebagai kemampuan kita untuk menjual produk di pasar dengan berbagai perusahaan lain yang berkompetisi. Jadi sebuah perusahaan akan melakukan perhitungan berapa besar persentase keberhasilan mereka dalam menjual produknya jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang memiliki produk sama. Lalu bagaimana cara untuk menghitung market size dan market share ini?

Perhitungan Market Size

Menghitung market size mungkin akan menjadi hal yang tidak semudah memahami definisinya. Mengapa demikian? Sebab ada beberapa faktor pasar yang mesti diketahui dan dimiliki datanya oleh staf perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan untuk menempatkan orang-orang terbaik pada posisinya.

Menghitung market size sendiri umumnya dilakukan dengan 2 metode, yaitu Metode Top Down dan Metode Bottom Up. Masing-masing metode ini sendiri menghasilkan cara pandang yang cukup berbeda. Bahkan sebagian pendapat menganggapnya ada yang lebih real dan yang memiliki resiko besar.

1. Metode Top Down

Metode Top Down dikatakan sebagai cara yang cukup umum digunakan oleh pebisnis untuk mengetahui market size produk mereka. Agar dapat melakukan analisis dengan tepat, maka pebisnis atau perusahaan perlu memiliki data tentang TAM (Total Available Market), SAM (Serviceable Available Market) dan SOM (Share Of Market). Walaupun umum digunakan, namun metode ini pun dianggap memiliki resiko yang cukup besar dengan hasil yang optimis.

2. Metode Bottom Up

Metode Bottom Up barangkali memiliki sifat yang berbalik dengan metode sebelumnya. Metode ini diyakini mampu memberikan hasil perhitungan market size yang lebih nyata. Bahkan bila dilakukan secara benar, metode bottom up mampu memprediksi besar profit dan juga kerugian dari penjualan produk secara akurat. Namun untuk melakukan metode ini harus memiliki waktu yang cukup lama dan sejumlah data penting, meliputi market share, konsumen potensial, harga jual, dan rata-rata konsumsi.

Perhitungan Market Share

Market share mungkin akan dapat lebih untuk diketahui. Sebab market share perhitungannya akan fokus pada pasar satu produk saja. Misalnya jika perusahaan memiliki produk Sabun, maka perhitungan market share hanya dilakukan pada pasar sabun saja dan tidak menambahkan pasar minyak, gula, dan lain sebagainya. Hasil penjualan suatu perusahaan nantinya akan coba dibandingkan dengan penjualan dari perusahaan lainnya. Jika demikian, apakah kita harus memiliki data penjualan dari perusahaan lain juga?

Hal itu tidaklah demikian benar. Market share hanya mengharuskan kita untuk memiliki data pendapatan perusahaan dalam periode tertentu dan juga data pendapatan industri dalam periode yang sama. Agar lebih mudah coba perhatikan contoh perhitungan berikut:

Misalnya perusahaan Anda memiliki pendapatan penjualan sabun dalam kurun waktu sebesar 100 juta, sementara pendapatan industri sabun dalam waktu yang sama adalah 500 juta. Maka market share perusahaan Anda diketahui dengan cara membagi pendapatan perusahaan Anda dengan pendapatan industri dan dikalikan 100 atau (100 juta / 500 juta) x 100 = 20%. Maka dengan demikian telah diketahui market share produk sabun perusahaan Anda adalah 20%.

Menghitung market share ini memiliki andil yang besar bagi kita untuk mengetahui tingkat keberhasilan perusahaan dalam bisnisnya. Di atas tadi telah disinggung bawah dalam sebuah pasar sudah tentu aka nada persaingan antar perusahaan. Sehingga dengan adanya data tentang market share ini, maka kita selaku manajemen perusahaan akan mampu mengambil keputusan yang tepat guna mempertahankan market share ataupun meningkatkannya.

Bagaimana cukup menarik bukan market size dan market share ini? Masing-masing istilah ini memiliki fungsi yang penting bagi kelangsungan perusahaan. Agar perusahaan dapat bertahan dan terus berkembang, maka penting untuk melakukan Analisa perhitungan yang tepat dari kedua faktor tadi. Mungkin ada begitu banyak cara atau tutorial yang dibagikan dalam menghitung market size maupun market share, namun keberhasilannya terletak dari sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki perusahaan itu sendiri.

Lantas bagaimana jika hasil perhitungan menunjukkan keberhasilan perusahaan dalam memenang persaingan masih terbilang rendah, apakah masih bisa ditingkatkan? Tentu saja bisa. Selama peluang itu masih terbuka lebar, maka perusahaan dapat melakukan tindakan yang tepat untuk meningkatkan keberhasilan perusahaan. Misalnya dengan memberikan harga yang lebih kompetitif, menaikkan kualitas produk, maupun melakukan strategi marketing yang kreatif dan inovatif. Semua hal ini dilakukan atas dasar dari hasil perhitungan market size dan market share yang benar.

Barangkali sebagian dari kita berpikir bahwa tidak mudah untuk menguasai market share dan market size ini, hal ini tidaklah salah. Sebab kedua faktor ini memang berkaitan dengan kemampuan menganalisis pasar. Jika memang Anda berniat untuk melakukan pendalaman tentang faktor tersebut, maka Anda dapat meluangkan waktu bersama nextup.id.

Nextup.id merupakan sebuah jasa yang berpengalaman dalam hal memberikan solusi atas berbagai persoalan kehidupan. Mereka pun juga telah banyak membantu kliennya untuk keluar dari permasalahan mereka tanpa harus melakukan tindakan yang ceroboh. Tertarik? Anda dapat segera menghubungi nextup.id melalui kontak yang disediakan. Semakin cepat Anda bergabung, maka akan semakin cepat pula Anda menemukan jawaban atas permasalahan yang sedang dihadapi.

jualan online tanpa modal, cara berjualan online, cara jualan online tanpa modal, cara jualan online laris, jualan online yang laris, bisnis online untuk pemula, tips jualan online, cara jualan online di shopee, cara jualan online laris di facebook, cara jualan online, bisnis online pemula, cara membuat toko online, bisnis makanan online untuk pemula, cara usaha online, cara berjualan online agar cepat laku

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.