10 Aplikasi Keuangan Bisnis yang Wajib Dicoba | Nextup ID

Laporan keuangan yang jelas dan akurat sangat penting bagi para pebisnis. Dengan bantuan laporan keuangan yang jelas, para pebisnis dapat mengetahui keuntungan dan kerugian yang telah mereka terima dan pembagian anggaran keuangan yang digunakan untuk usahanya. Pengelolaan keuangan bisnis dan perencanaan keuangan dapat dilakukan dengan dua cara, tradisional dan modern. Kelola dan catat keuangan dengan cara tradisional menggunakan buku besar atau panduan anggaran yang memenuhi kebutuhan bisnis tertentu. Sedangkan cara modern bisa dilakukan dengan program keuangan yang kini sudah banyak digunakan dan mudah digunakan. Sekarang ada berbagai bentuk aplikasi keuangan. Ada yang bisa diakses secara gratis, ada juga versi berbayar dengan tambahan fitur yang lebih lengkap dan fungsional. Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang pentingnya dan rekomendasi aplikasi keuangan sederhana.

Apa Itu Aplikasi Keuangan?

Aplikasi keuangan adalah program untuk mengelola kebutuhan keuangan, pribadi, bisnis, kantor atau perusahaan. Dengan aplikasi keuangan ini, Anda dapat melacak alur transaksi keuangan untuk mengetahui keuntungan atau kerugian bisnis Anda.

Dengan kemajuan ekosistem digital, berbagai aplikasi keuangan seperti desktop dan aplikasi berbasis web telah tersedia. Hampir semuanya dilengkapi dengan fungsi otomatis penuh yang memungkinkan pengoperasian yang mudah. Selain itu, aplikasi keuangan ini dapat mencetak laporan keuangan dalam waktu yang telah ditentukan.

Aplikasi Keuangan - Nextup ID

Aplikasi Keuangan – Nextup ID

Fungsi dari Aplikasi Keuangan

Tentunya aplikasi keuangan sangat dibutuhkan untuk mempercepat pembuatan laporan keuangan. Berikut adalah fungsi aplikasi keuangan sederhana  untuk Anda jelajahi.

  1. Mempercepat Pekerjaan

Sebelum adanya aplikasi keuangan untuk komputer dan smartphone, pembuatan laporan keuangan dilakukan secara manual dan bertahap sehingga tidak efisien. Menggunakan aplikasi keuangan memungkinkan Anda mengedit laporan keuangan hanya sekali dan tidak memakan banyak waktu.

  1. Akurat

Perhitungan keuangan yang akurat diperlukan agar tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan pelaporan keuangan. Aplikasi keuangan ini membantu mencatat semua aktivitas bisnis secara akurat dan cepat.

  1. Transparansi

Tugas yang tidak kalah penting dari aplikasi akuntansi keuangan adalah transparansi. Menggunakan aplikasi keuangan ini dapat meminimalkan penipuan.

  1. Aman

Alat pendukung yang aman harus digunakan saat mencatat laporan keuangan bisnis. Rancangan aplikasi keuangan ini melindungi data yang disimpan di komputer, tablet, atau smartphone.

  1. Fleksibel

Aplikasi keuangan dirancang agar fleksibel, memungkinkan laporan keuangan disimpan dan dibuat kapan saja, di mana saja.

  1. Mampu Mengontrol Inventaris Bisnis

Fungsi aplikasi  keuangan berikut ini nyaman untuk mengelola inventaris perusahaan secara real time, dari satu tempat, proses bisnis, penjualan dan faktur, pembelian, inventaris, semuanya instan dan otomatis.

  1. Mengontrol Utang dan Piutang Bisnis

Aplikasi keuangan juga dapat meninjau dan mengelola hutang dan piutang bisnis. Adanya sistem yang bertindak cepat, sehingga pengambilan keputusan juga dapat dilakukan dengan cepat dan hati-hati. Karena itu, bisnis berjalan lancar dan berkembang pesat.

  1. Kemudahan Dalam Membuat Faktur Keuangan

Membuat faktur keuangan juga tidak memakan waktu lama jika menggunakan aplikasi keuangan sederhana. Satu klik pada fungsi program dan dalam hitungan detik Anda dapat membuat dan mengelola faktur.

Aplikasi Keuangan - Nextup ID

Aplikasi Keuangan – Nextup ID

Manfaat Aplikasi Keuangan

Dalam sebuah perusahaan di era globalisasi saat ini, ketika kita mengelola sebuah bisnis tentunya kita tidak hanya mengiklankan produk atau jasa bisnis tersebut, tetapi juga harus mengelola keuangan bisnis tersebut.

Baca Juga:  TikTok sebagai Platform Social Media Marketing Kekinian

Semua kendala ini sekarang dapat diatasi melalui penggunaan perangkat lunak keuangan, tidak seperti entri manual yang membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan ketelitian.

Aplikasi keuangan sederhana merupakan salah satu inovasi teknologi modern yang memudahkan pelaku usaha dalam mengelola keuangannya, sehingga proses perhitungan usaha menjadi lebih cepat, teliti dan akurat.

Hadirnya inovasi-inovasi baru di bidang keuangan ini membuat bisnis lebih tersistem dan para pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan promosi bisnis atau inovasi produk penjualan. Keuntungan menggunakan aplikasi keuangan adalah:

  1. Menjaga Aset

Hampir semua transaksi bisnis dapat dicatat dalam aplikasi akuntansi keuangan. Pemilik dapat langsung mengakses semua informasi terkait aset bisnis hanya dalam aplikasi yang terintegrasi.

  1. Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Aplikasi regulasi di bidang keuangan dapat digunakan oleh bisnis kecil maupun besar. Kehadiran aplikasi keuangan ini mampu mempermudah pengelolaan keuangan dan operasional bisnis, sehingga memungkinkan para pemilik bisnis untuk secara langsung menentukan besaran keuntungan dan pengeluaran usahanya.

  1. Menghemat Waktu

Bayangkan Anda mengumpulkan data keuangan bisnis Anda menggunakan manual. Tentu saja, itu membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, karena kepraktisan penggunaan aplikasi keuangan ini, pemilik bisnis dapat dengan cepat menghemat dana. Khusus untuk startup, semua kategori pembiayaan dapat diselesaikan hanya dengan ketukan jari melalui aplikasi pembiayaan.

  1. Mengetahui Keuangan Bisnis

Dengan aplikasi keuangan Anda bisa mendapatkan informasi real-time dan detail mengenai situasi keuangan bisnis Anda. Anda tidak perlu menghitung ulang untuk mengetahuinya. Cukup buka aplikasi keuangan dan dapatkan informasi keuangan secara instan.

  1. Lebih Mudah Untuk Mengawasi

Dengan menggunakan aplikasi keuangan, Anda dapat dengan leluasa mengecek status keuangan Anda. Manfaat ini memungkinkan Anda untuk mengecek laporan keuangan dari mana saja. Anda tidak perlu khawatir menghabiskan waktu masuk dan memeriksa laporan keuangan Anda.

  1. Mempermudah Evaluasi Kinerja

Dalam bisnis, Anda perlu melakukan evaluasi agar berjalan sebagaimana mestinya. Laporan yang dapat diperiksa secara real time memudahkan Anda dalam mengevaluasi pekerjaan Anda.

  1. Meningkatkan Akurasi Data

Keakuratan data merupakan hal yang penting dan krusial dalam kehidupan bisnis. Pada akhirnya, pembiayaan sangat menentukan kelangsungan bisnis Anda. Tak jarang, menyimpan dana dengan cara manual bisa menyebabkan error bahkan kehilangan data. Karena kesalahan manusia tidak dapat dihindari dalam keuangan. Aplikasi keungan dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan karena angka yang dimasukkan dihitung secara otomatis.

  1. Meningkatkan Mobilitas

Dengan adanya aplikasi keuangan, Anda memiliki kebebasan lebih untuk mengatur keuangan bisnis Anda dari mana saja. Anda dapat melakukan aktivitas lain tanpa harus menghubungkan aktivitas gudang keuangan.

Aplikasi Keuangan - Nextup ID

Aplikasi Keuangan – Nextup ID

10 Aplikasi Keuangan yang Patut untuk dicoba

Saat ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi keuangan  gratis untuk menghemat waktu dan melakukan pencatatan secara efisien dibandingkan dengan cara manual. Aplikasi pencatatan penjualan gratis ini bisa menggantikan catatan manual Anda. Salah satu kelebihannya adalah fitur-fitur yang siap sedia membantu meskipun Anda masih awam dalam ilmu akuntansi. Selain itu, aplikasi keuangan digital juga memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki catatan manual. Beragamnya aplikasi keuangan inilah yang memberikan layanan pencatatan keuangan bisnis secara praktis. Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi keuangan untuk bisnis terbaik yang bisa Anda gunakan.

  1. BukuWarung
Baca Juga:  Pentingnya Pelatihan UMKM untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Aplikasi pencatat penjualan gratis yang pertama adalah Buku Warung. Anda yang memiliki bisnis atau akan memulai bisnis akan mendapatkan keuntungan dari program gratis ini. BukuWarung memiliki beberapa fitur canggih seperti mencatat transaksi bisnis, membayar atau menagih kewajiban, manajemen inventaris yang tepat, dan lainnya.

  1. BukuKas

Salah satu software jualan online gratis yang bisa Anda gunakan adalah BukuKas. Lebih dari 5 juta pebisnis telah menggunakan software ini karena fiturnya yang lengkap. BukuKas dapat membantu Anda mencatat transaksi, menerima dan mengirim uang tanpa biaya pengelolaan bank, membuat laporan keuangan, mengirim tagihan melalui WhatsApp/SMS dan masih banyak lagi.

  1. Expense Manager

Aplikasi pelacakan pendapatan gratis berikutnya adalah Expense Manager. Bisnis menggunakan aplikasi ini untuk fungsi penjualan seperti pelaporan pengeluaran, penggantian, dan verifikasi faktur. Selain itu, pengeluaran karyawan seperti layanan, liburan, dll dapat direkam di sini.

Expense Manager sangat cocok untuk Anda jika Anda mencoba mengelola pengeluaran bisnis yang tidak penting. Sehingga perusahaan Anda dapat menghemat pengeluaran dan biaya pemesanan hanya untuk tujuan bisnis. Jika Anda tertarik dengan aplikasi keuangan penjualan digital ini, Anda dapat mencoba uji coba gratis terlebih dahulu, lalu berlangganan jika dirasa tepat untuk bisnis Anda.

  1. Moodah

Moodah dapat membantu Anda membuat laporan yang detail dan akurat. Laporan ini bisa menjadi pertimbangan Anda saat memutuskan langkah bisnis selanjutnya. Salah satu keunggulan Moodah dibandingkan perangkat lunak pelacakan penjualan gratis lainnya adalah bahwa perangkat lunak ini tidak hanya membantu Anda memulai. Sampai Anda menutup buku, dimana masih banyak detail tentang transaksi dan arus kas, Anda masih akan merasakan manfaatnya.

  1. Money Lover

Aplikasi perekam penjualan digital gratis selanjutnya adalah Money Lover yang gratis untuk digunakan. Money Lover adalah aplikasi yang dapat mengatur keuangan, anggaran, dan anggaran bisnis Anda. Selain itu, Money Lover dapat secara otomatis menyinkronkan beberapa perangkat menjadi satu unit. Ada juga beberapa fungsi yang dapat memudahkan bisnis Anda, seperti: Misalnya, mengelola faktur sebelum jatuh tempo, memindai struk, mengelola hutang, dll.

6.SI APIK

Aplikasi Sistem Informasi Registrasi Informasi Keuangan atau yang dikenal dengan SI APIK membantu pencatatan informasi keuangan perusahaan khususnya UMKM untuk keperluan pembukuan dan pencatatan transaksi keuangan. Bagi anda yang memiliki koneksi internet yang tidak stabil, anda bisa menggunakan perekam penjualan gratis ini tanpa koneksi internet yaitu. H. dalam mode offline. SI APIK sangat cocok bagi Anda yang belum memahami pengelolaan keuangan secara detail. Fungsi-fungsi yang tersedia dalam SI APIK antara lain pencatatan jumlah transaksi, pencatatan jumlah barang, material, jenis jasa, pemasok dan pelanggan tanpa ada batasan.

  1. Finansialku

Finansialku  bisa menjadi program perencanaan keuangan untuk menabung, merencanakan keuangan bahkan berinvestasi dengan mudah dan cepat. Anda dapat menikmati fungsi-fungsi di atas, tetapi Anda juga dapat menggunakan Finansialku  untuk kontrol keuangan untuk mengetahui situasi keuangan Anda, merencanakan keuangan Anda sehingga Anda memiliki kontrol yang lebih baik, dll.

  1. Paper.id

Bagi Anda yang baru memulai bisnis, pemilik usaha kecil, terutama pekerja lepas, aplikasi Paper.id adalah platform yang memudahkan untuk mengirim dan mengumpulkan barang yang bertepatan dengan faktur. Cara kerja Paper.id cukup mudah, yaitu platform ini melakukan penawaran (penawaran harga resmi) dengan logo, barang, jumlah bahkan PPN. Setelah itu ada sales order, invoice dikirim via WhatsApp, kwitansi dikeluarkan dan terakhir kita tinggal menunggu laporan semua proses selesai.

  1. Kledo
Baca Juga:  Pentingnya Pendaftaran Merek Usaha untuk Perusahaan

Anda dapat meninggalkan struk penjualan secara manual dengan membuka struk penjualan digital melalui platform Kledo. Aplikasi ini berfokus pada aktivitas bisnis seperti penagihan, pembelian, inventaris, dan dapat menganalisis performa bisnis Anda. Tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Kledo karena berbasis cloud dan Anda dapat mengaksesnya di iOS, Android, Mac, dan Windows.

  1. TemanBisnis

Aplikasi pelacakan pendapatan gratis terbaru adalah TemanBisnis, yang memungkinkan Anda mendaftar, mengevaluasi, dan mengembangkan bisnis Anda dengan mudah dan efisien. TemanBisnis memiliki fitur yang lengkap seperti pencatatan transaksi, laporan keuangan, laporan persediaan barang, pelacakan hutang dan piutang, dan masih banyak fitur lainnya. TemanBisnis memiliki cara kerja yang cukup sederhana. Catat dulu semua transaksi lalu cek laporan keuangan suatu perusahaan dimanapun tanpa koneksi internet. Kemudian Anda dapat mengunduh laporan dan terakhir membuat keputusan bisnis untuk memajukan bisnis Anda.

Aplikasi Keuangan - Nextup ID

Aplikasi Keuangan – Nextup ID

Adanya aplikasi keuangan sederhana adalah wujud dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dalam era digital saat ini, semua hal terkait bisnis sudah berani menggunakan teknologi untuk membantu melancarkan bisnisnya. Dalam bidang pengelolaan keuangan sekalipun ikut memanfaatkan teknologi yaitu dengan adanya aplikasi keuangan sederhana. Penting bagi para pebisnis untuk bisa memahami alasan untuk menggunakan aplikasi keuangan sederhana dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa disadari bahwa pengelolaan keuangan yang rapih menjadi sebuah alat ukur dalam mengembangkan bisnis di era digital ini, karena berguna untuk melihat efektivitas keuangan bisnis Anda. Seperti yang diketahui, aktivitas keuangan yang dilakukan untuk melakukan pengelolaan keuangan sangat banyak, seperti membuat laporan keuangan, neraca, buku besar, jurnal dan hal lainnya yang memerlukan waktu serta tenaga. Disinilah aplikasi keuangan bermanfaat untuk meringankan pengelolaan keuangan para pembisnis dan membuat bisnis menjadi lancar. Seiring pebisnis mengikuti trend, maka semakin selektiflah untuk memilih aplikasi keuangan yang tepat untuk bisnis digital. Seperti setelah yang disebutkan ada beberapa aplikasi keuangan sederhana yang dapat Anda terapkan dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda. Namun mungkin Anda masih bingung untuk mengaplikasikan dan mengoperasikannya. Anda bisa menghubungi tim Nextup.id untuk membantu menggunakan aplikasi keuangan sederhana dalam menghitung pengelolaan keuangan bisnis yang sedang dijalankan, Anda juga dapat mengonsultasikan masalah bisnis lainnya yang menjadi kendala dalam perkembangan bisnis Anda. Tim Nextup.id siap untuk dihubungi, kami tunggu!

aplikasi keuangan, aplikasi keuangan sederhana, rekomendasi aplikasi keuangan, pencatatatan keuangan, fungsi aplikasi keuangan, manfaat aplikasi keuangan, aplikasi keuangan bisnis bagi pemula, aplikasi keuangan mudah, aplikasi keuangan gratis, aplikasi keuangan terbaik, aplikasi keuangan praktis, aplikasi keuangan paling unggul

 

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing. Klik disini untuk kenal lebih dekat

 

 

google-site-verification: google05ed858cc7056014.html