TikTok sebagai Platform Social Media Marketing Kekinian | Nextup ID

Dalam sejumlah pelatihan UMKM seringkali disinggung tentang pentingnya social media marketing untuk bisnis di era saat ini. Sebagian pelaku usaha terutama yang masih bergerak secara konvensional mungkin belum begitu menyadari peran sosial media sebagai media pemasaran saat ini.

Padahal, teknik marketing digital terutama yang menggunakan sosial media dinilai sangat ampuh untuk pengembangan dan kemajuan usaha kecil dan menengah. Dan dari beberapa jenis platform sosial media, TikTok menjadi salah satu media marketing kekinian yang cukup populer.

Alasan TikTok menjadi Social Media Marketing yang Bagus

Sebagian masyarakat mungkin begitu memahami peran dan alasan mengapa sosial media terutama TikTok bagus bagi marketing bisnis. Lantas, apa kelebihan TikTok dibandingkan dengan platform media sosial lainnya yang membuat platform ini begitu populer sebagai media marketing kekinian?

1. Memiliki Banyak Pengguna Aktif

TikTok memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif dan kebanyakan penggunanya bertujuan untuk membuat konten. Ini berbeda dengan aplikasi sosial media lainnya yang mana tidak mendorong penggunanya untuk aktif menghasilkan konten. Konten yang disajikan di TikTok pun beragam mulai dari kesehatan, komedi, edukasi, hingga promosi ataupun branding. Mempromosikan produk melalui konten di TikTok akan berpeluang mendapatkan perhatian lebih banyak orang.

2. Didominasi Pengguna Kalangan Muda

Perlu diketahui, pengguna Tik Tok lebih didominasi oleh kalangan muda dengan rentang usia kisaran 16-24 tahun. Kalangan ini juga memiliki kecenderungan lebih konsumtif dan impulsif sehingga usaha ataupun bisnis yang lebih berfokus pada target pasar kalangan muda bisa menjadikan TikTok sebagai media promosi yang cukup potensial.

3. Memiliki Fitur yang Mudah Digunakan

Kelebihan lain yang dimiliki TikTok sebagai media marketing kekinian adalah fitur-fitur yang dimiliki mudah untuk digunakan. Aplikasi TikTok sudah dilengkapi beberapa tools seperti filter visual, transisi, teks, audio, dan lainnya yang mudah digunakan untuk membuat konten-konten menarik. Ini tentu menjadi hal yang cukup menguntungkan karena Anda bisa membuat konten kreatif dengan mudah untuk mempromosikan produk ataupun bisnis.

Baca Juga:  Ini Perbedaan antara Mentoring, Coaching, Training dan Consulting!

4. Ada Banyak Influencer di TikTok

Banyaknya influencer yang menggunakan TikTok pastinya cukup menguntungkan bagi para pelaku bisnis yang tertarik untuk melakukan endorsement terhadap produknya. Influencer yang melakukan endorsement suatu produk biasanya sangat membantu peningkatan penjualan terhadap produk tersebut karena fans influencer akan terpengaruh untuk ikut mencoba produk yang dipromosikan influencer tersebut.

Manfaat Tik Tok sebagai Media Marketing Kekinian

Memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media marketing memang menjadi hal yang cukup populer belakangan ini. Apalagi pengguna media sosial pun cukup besar dan berasal dari berbagai kalangan. Salah satu media sosial yang sangat populer akhir-akhir ini adalah TikTok yang lebih didominasi oleh pengguna dari kalangan muda. Lantas, apa saja manfaat Tik Tok sebagai media marketing kekinian?

1. Membangun Brand Awareness

Salah satu tujuan memanfaatkan marketing sosial media adalah untuk membangun brand awareness. Mengingat pengguna Tik Tok aktif di Indonesia dalam jumlah cukup besar, ini tentu bisa menjadi salah satu alasan untuk memanfaatkan media sosial tersebut sebagai media memperkenalkan produk ataupun jasa. Cara yang bisa dilakukan untuk membangun brand awareness melalui media TikTok ini pun beragam, bisa dengan menggunakan hashtag, endorse Key Opinion Leader, ataupun dengan membuat sebuah challenge.

2. Membantu Tingkatkan Engagement dengan Konsumen

Dalam membangun kepercayaan dari konsumen dibutuhkan interaksi antara brand dan konsumen itu sendiri. Salah satu bentuk interaksi yang bisa dilakukan adalah melalui konten yang dibuat oleh konsumen. Konten ini dibuat setelah konsumen mencoba menggunakan produk brand tersebut.

Selain itu, manfaat yang bisa diambil dari TikTok sebagai media marketing adalah engagement rate dari platform media sosial tersebut tertinggi dibandingkan platform lainnya yaitu kisaran 5-9% per unggahan. Ini artinya interaksi antar pengguna seperti dengan memberikan like serta komentar lebih sering terjadi di platform TikTok.

Beberapa alasan tersebut pastinya cukup masuk akal bagi pemilik bisnis maupun pelaku usaha untuk memanfaatkan Tik Tok sebagai media pemasaran kekinian terutama untuk menggaet para generasi milenial yang mendominasi pengguna Tik Tok.

Baca Juga:  Tips Supaya Bisnis Anda Scale-up

Strategi Marketing Kekinian Dengan TikTok

TikTok bisa menjadi salah satu media marketing digital terutama untuk menggaet para generasi milenial. Meski demikian, tentu penting juga memperhatikan strategi bisnis yang diterapkan supaya bisa mencapai target yang diharapkan. Berikut ini beberapa strategi bisnis kekinian menggunakan TikTok:

1. Analisa Bisnis

Pengguna Tik Tok didominasi oleh kalangan muda terutama mereka yang berada di usia 16 hingga 24 tahun, meskipun tak sedikit pula pengguna dari kalangan yang lebih dewasa. Pengguna TikTok tak hanya menyukai tontonan di aplikasi tersebut tetapi mereka juga menciptakan dan berbagi video melalui platform sosial media tersebut. Di Indonesia sendiri, pengguna Tik Tok lebih menyukai video-video yang berkaitan dengan konten makanan, komedi, serta fashion dibandingkan konten lainnya.

Setelah memahami seperti apa karakteristik pengguna Tik Tok, kini saatnya mengenali produk bisnis Anda. Lakukan analisa target pasarnya serta pastikan apakah sesuai dengan karakteristik pengguna Tik Tok. Ini menjadi hal yang penting supaya konten promosi atau marketing yang dituangkan dalam TikTok pun bisa sampai kepada target pasarnya.

2. Buat Konten Menarik

Salah satu cara paling mudah bila ingin mengetahui tren kata kunci yang sesuai dengan promosi yang akan Anda lakukan adalah dengan menggunakan tool gratis. Beberapa tool yang bisa dicoba antara lain Ubersuggest dan Ahrefs. Mengetahui tren kata kunci ini akan membantu Anda menemukan ide konten apa yang pas untuk promosi produk bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuat konten video TikTok interaktif yang berisi pertanyaan tentang topik yang diinginkan calon pelanggan. Ini akan membantu Anda bisa lebih dekat dengan calon konsumen dan pastinya juga membantu untuk mengetahui apa keinginannya. Pastikan untuk menambahkan deskripsi yang jelas serta link tautan menuju ke website bisnis Anda.

Baca Juga:  Memahami Business Model Canvas

3. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Bila video Tiktok Anda sudah selesai dibuat maka jangan lupa untuk mempergunakan hashtag yang sesuai. Cara membuat hashtag adalah dengan menyertakan tanda tagar (#) lalu tuliskan topik video Anda. Adanya hashtag ini maka topik video dan produk bisa lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Bila Anda merasa kesulitan atau kebingungan untuk menentukan hashtag apa yang akan disematkan pada video TikTok Anda maka Anda bisa membuka menu discover. Pada menu tersebut video yang muncul diurutkan berdasarkan popularitas dan hashtag. Anda bisa meniru hashtag yang sesuai dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

TikTok memang sedang naik daun saat ini. Tentu saja ini juga menjadi peluang bagus bagi para pelaku usaha terutama UMKM untuk mempromosikan produk ataupun jasanya. Pastikan konten yang dibuat hendaknya menyenangkan dan menarik sehingga bisa membuat pengguna lain yang menonton konten tersebut bisa memberikan reaksi dengan like atau komen serta melakukan aksi dengan mengunjungi situs ataupun toko online untuk menggunakan layanan bisnis yang ditawarkan. Bila tertarik untuk mempelajari cara membuat konten TikTok yang menarik, alangkah baiknya ikut bergabung dalam kursus bisnis digital yang mengupas tuntas tentang berbagai strategi digital marketing yang tepat.

pelatihan umkm, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan umkm digital, training bisnis, pelatihan untuk umkm, kursus bisnis digital, training wirausaha, pelatihan digital marketing untuk umkm

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing. Klik disini untuk kenal lebih dekat
google-site-verification: google05ed858cc7056014.html