Pelajari Fitur Page dan Marketplace di Facebook | Nextup ID

Facebook pertama kali diperkenalkan kepada publik oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 4 Februari 2004. Selama peluncurannya Facebook sudah mengalami banyak perubahan baik dari segi fitur maupun segi teknologi. Perkembangan zaman yang semakin modern mendorong Facebook untuk meningkatkan layanan kepada pengguna khusunya dalam bidang bisnis. Tercatat jumlah pengguna facebook di Dunia sebanyak 2,93 miliar pada tahun 2022. Di Indonesia sendiri ada 129,85 juta pengguna dan menjadikan Indonesia peringkat terbesar ketiga di dunia. Dengan demikan maka tidak mengherankan apabila media Facebook dapat menjadi sebuah peluang bisnis sekaligus menjadi alat pemasaran produk yang sangat potensial.

Tansformasi pelaku bisnis dari toko ofline menjadi toko online tidak hanya dalam hal meningkatkan penjualan. Toko online dinilai sebagai media yang lebih efektif untuk berinterakksi mengenai keinginan dan keluhan pembeli. Jauh sebelum situs penjualan online merajai, Facebook sudah mengupgrade menjadi apliaksi situs jual beli secara online dengan adanya fitur Fansfage dan Market Place.

memanfaatkan fitur facebook - nextup id

memanfaatkan fitur facebook – nextup id

Apa itu Fanspage Facebook?

Fanspage Facebook adalah sebuah halaman khusus yang menyajikan informasi mengenai sebuah bisnis atau brand. Halaman ini bisa digunakan untuk berjualan, berbagi konten menarik, hingga sebagai media branding.

Berbeda dengan facebook personal yang sering digunakan untuk berbagi kehidupan sehari- hari atau opini secara acak, konten dalam Fanspage cenderung lebih tertata.

Orang menggunakan Fanspage untuk mengelola konten mereka secara terarah. Mulai dari edukasi customer, konten menarik dan informatif untuk engagement yang lebih baik, promosi dan hard selling.

Manfaat Fanspage untuk Bisnis

MeMbuat Fansfage untuk bisnis memiliki kelebihan dan manfaat untuk meningkatkan promosi pasar. Berikut ada beberapa yang bisa dinikmati yaitu;

1.Jumlah Fans Tidak Terbatas

Facebook personal memilki batas perteman sebanyak 5000 akun, sedangkan fanspage Facebook memungkinkan pembisnis untuk mempunyai jumlah fans tak terbatas. Dengan kata lain jangkauan dan penyeberan lebih luas dan produk dapat mencapai target pasar.

2.Konten Bisnis dan Personal Terpisah

Facebook personal berisikan curhat dan postingan yang sangat random. Pembeli tidak mungkin ingin melihat hal tersebut yang mereka inginkan hanya mengetahui informasi mengenai produk dan jasa yang dipromosikan. Fanspage membuat sebuah bisnis menjadi lebih professional karena konten bisnis dan personal akan terpisah. Postingan konten yang dibuat akan lebih terarah dan tertata. Dengan begitu calon pembeli akan lebih yakin untuk mencoba produk kita.

3.Profesional dan Terpercaya

Persis seperti penjelasan di poin sebelumnya. Dengan konten yang terpisah dan terarah, sebuah bisnis di Facebook akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. Bukan abal- abal.
Dengan profesionalitas ini, kepercayaan orang – orang dalam membeli produk Anda akan meningkat.

4.Feedback dan Kontak dari Konsumen

Penggemar bisa leluasa menghubungi Anda untuk menanyakan produk lewat kolom komentar atau messenger. Saat feedback yang mereka berikan positif, dampak psikologis ini bisa mengena ke penggemar yang lainnya.

Selain itu, karena kemudahan untuk menghubungi lewat komentar atau messenger, peluang terjadi penjualan menjadi lebih mudah dari sekedar Facebook personal.

5. Terindeks Search Engine

Konten dari fanpage akan terindeks dengan lebih baik oleh mesin pencari karena dinilai lebih terpercaya dan memberikan informasi yang berkualitas. Konten dengan engagement baik juga akan mempunyai bobot yang lebih baik.

6.Viral Marketing

Fanspage bisa menjadi media untuk campaign viral marketing. Dengan konsep giveaway, Anda bisa mendorong peningkatan jumlah penggemar di fanpage dan mengoptimalkan penjualan.

memanfaatkan fitur facebook - nextup id

memanfaatkan fitur facebook – nextup id

Berbagai Fitur Facebook Fanspage

Untuk meningkatkan produksi konten, Facebook Fanpage memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik laman. Beberapa fitur yang dapat digunakan secara gratis adalah sebagai berikut.

Baca Juga:  Cara Mengukur Market Size dan Market Share

1.Fitur Insight Untuk Mengetahui Audience

Facebook Fanpage memiliki fitur insight yang memungkinkan Anda untuk mengetahui pemirsa. Beberapa hal yang dapat dibaca adalah seperti demografi pengunjung, waktu paling banyak dikunjungi, dan konten yang paling diminati oleh pengunjung. Menggunakan data tersebut, Anda dapat memaksimalkan produksi konten yang pemirsa inginkan.

2.Post Schedule

Pengelola Facebook Fanpage dapat membuat konten dan mengunggahnya pada waktu yang diinginkan. Oleh karena itu, sebuah konten dapat dikerjakan lebih dini tetapi dapat diunggah pada jam-jam dimana audience sedang aktif. Dengan begitu, kemungkinan interaksi antara konten dengan audience lebih mungkin terjadi.

3.Call to Action

Pada setiap unggahan Facebook Fanpage kita dapat melakukan call to action. Hal ini berguna untuk meningkatkan traffic di berbagai media sosial atau platform yang terhubung. Artinya, setelah Anda melakukan copywriting, dapat diakhiri dengan tombol link langsung yang terhubung dengan marketplace atau akun tertentu.

Cara Membuat Halaman di Facebook Lewat Hp

Berikut ini kami berikan tips bagaimana cara buat halaman di fb melalui hp android dan iPhone.

  1. Buka Aplikasi FB dan Login

Untuk cara membuat Fanspage Facebook di android dan ios yang pertama adalah dengan login terlebih dahulu ke akun Facebook milikmu

  1. Ketuk Opsi Halaman

Berikutnya setelah kamu berhasil login atau masuk ke akun Facebook milikmu, kamu pilih ikon garis tiga pada bagian atas kanan. setelah itu kamu pilih opsi halaman.

  1. Ketuk Buat Halaman

Setelah kamu memilih opsi halaman, cara buat Fanspage Facebook lewat hp berikutnya adalah dengan mengetuk atau memilih opsi buat halaman.

  1. Ketuk Opsi Mulai

Setelah kamu memilih opsi buat halaman selanjutnya kamu akan diarahkan ke tampilan berikutnya, dan klik opsi mulai.

  1. Beri Nama Halaman Milikmu

Berikutnya kamu akan diarahkan untuk membuat nama halaman facebook milikmu. Buat nama sesuai keinginan kamu, saran buat nama yang unik sehingga orang dengan mudah mengenali halaman facebook milikmu.

  1. Buat Kategori

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih kategori Fanspage milikmu. Pilih kategori yang sesuai misal kamu membuta fanspage untuk berjualan maka pilih toko atau produk dan layanan.

  1. Masukan Situs Web

Berikutnya setelah kamu memilih kategori maka kamu diminta memasukan situs web jika punya. Jika kamu tidak memiliki situs web abaikan saja dengan memilih opsi selanjutnya.

  1. Masukan Foto Profil dan Sampul Fanspage

Selanjutnya kamu akan diminta untuk menambahkan sebuah foto profil dan sampul Fanspage. Pilih foto yang sesuai dengan halaman Facebookmu.

Lalu kamu juga bisa menambahkan foto sampul halaman supaya lebih terlihat profesional.

  1. Kunjungi Halaman

Setelah itu, kamu bisa memilih opsi kunjungi halaman dan halaman Facebook milikmu sudah jadi dan siap digunakan.

Setelah selesai cara buat Fanspage fb lewat hp kamu bisa memulai mengupload video, foto atau link dengan mengetuk opsi buat postingan.

memanfaatkan fitur facebook - nextup id

memanfaatkan fitur facebook – nextup id

Apa Itu Market Place Facebook

Facebook Marketplace merupakan tempat jual dan beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook karena marketplace ini ditempatkan didalam platform Facebook.

Facebook menyediakan tempat jual dan beli ini bertujuan agar para penggunanya dapat dengan mudah mencari dan menemukan barang-barang menarik yang dijual didalam Facebook. Pengguna dapat langsung berkunjung ke marketplace ini secara langsung didalam Facebook tanpa harus download aplikasi lain atau membuat akun lain.

Mengenal Fitur Facebook Marketplace

Facebook Marketplace diintegrasikan dengan layanan Facebook Messenger. Baik untuk Android atau iOS. Tentunya ini akan menjadikan proses jual beli menjadi lebih mudah dan cepat. Pengguna, baik pembeli ataupun penjual bisa melakukan proses tawar menawar harga, menentukan cara pembayaran hingga mengatur jadwal pertemuan untuk proses pembelian.

Baca Juga:  Penerapan Kecerdasan Buatan untuk bisnis UMKM

Setidaknya terdapat tiga fitur utama Facebook Marketplace. Yaitu pencarian pembelian, menjual barang, dan pencarian di sekitar. Berikut penjelasan ketiga fitur tersebut:

1.Fitur pencarian barang

Pertama adalah fitur pencarian barang. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mencari dan memfilter daftar barang yang dapat Anda beli dari komunitas tertentu. Kemampuan ini dapat dikembangkan berkat adanya Text analysis AI, yang dikombinasikan dengan Facebook Page.

2.Fitur menjual barang

Kemudian ada fitur menjual barang. Tanpa harus membuat halaman khusus yang berisi daftar barang, Anda bisa langsung menggunakan fitur ini. yang perlu Anda lakukan hanyalah mengupload foto produk, kemudian memberikan deskripsi serta harga yang ditawarkan. Dari situ, pengguna tinggal memasukkan daftar produk yang telah disediakan.

3.Fitur pencarian sekitar

Fitur ketiga ini adalah salah satu fitur Marketplace yang paling menarik. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan pencarian kawasan sekitarnya. Nantinya, dengan fitur ini pengguna bisa mencari produk-produk yang ditawarkan oleh penjual di sekitar dengan tempat tinggal Anda.

Atau sebagai penjual, Anda bisa menentukan, sejauh apa radius untuk menjual barang. Keuntungan dari fitur ini adalah penjual dan pembeli bisa lebih cepat bertemu jika memang terjadi kecocokan harga. Dan yang membuat semakin menarik adalah, fitur ini dapat mendorong peningkatan penjualan lokal, termasuk yang ditawarkan oleh UMKM.

memanfaatkan fitur facebook - nextup id

memanfaatkan fitur facebook – nextup id

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace cocok untuk mereka yang baru membuka toko online. Prosesnya mudah dan yang paling penting tidak dipungut biaya. Berikut tutorial berjualan di Facebook Marketplace:

  1. Masuk ke akun Facebook kamu, kemudian cari icon  di sisi kiri halaman Facebook. Jika login melalui tablet atau ponsel, icon tersebut terletak di bagian bawah aplikasi untuk iOS atau di bagian atas aplikasi untuk Android.
  2. Klik Jual Barang. Kemudian muncul pilihan Jenis Tawaran. Jika produk yang kamu jual bukan kendaraan, rumah, atau lowongan kerja, maka pilih kategori Barang Dijual.
  3. Klik Tambahkan Fotountuk mengunggah foto produk dari PC atau galeri ponsel. Lengkapi deskripsi produk, mulai dari nama, harga, ukuran, kondisi barang, lokasi, dan sebagainya. Di sisi kanan deskripsi terdapat kolom “Pratinjau” untuk memastikan informasi produk sudah lengkap sebelum diposting.
  4. Kamu juga bisa menawarkan produk di grup atau komunitas tempat tinggal. Misalnya, Grup Jual Beli Warga Bekasi, Jual Beli Cikarang, Jual Beli Tambun, dan sekitarnya. Hal ini membuat produk dilihat oleh lebih banyak orang. Jika sudah, klik Terbitkanuntuk memposting produk kamu.
  5. Setelah produk diposting ke Marketplace, kamu hanya perlu menunggu calon pembeli yang tertarik. Biasanya, muncul notifikasi messengeratau pop up chat di bagian bawah beranda Facebook. Pembeli akan bertanya ketersediaan barang dan metode pembayaran. Agar tidak tertipu, kamu juga bisa lho bertukar nomor WhatsApp sebelum menyetujui transaksi.
  6. Apabila produk telah habis terjual, kamu dapat menghapusnya dari Marketplace. Klik Tandai Sebagai Habis, lalu pilih keterangan dimana produk tersebut habis dijual, kemudian klik Selanjutnya. Barang kamu akan otomatis terhapus dan tidak bisa ditemukan oleh pengguna Facebook lagi.

 

Tips Berjualan di Facebook

Berikut tips jika ingin barang jualan Anda dilihat oleh banyak orang di Facebook. Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1.Informasi Produk yang Lengkap

Tulis deskripsi sedetail mungkin agar tidak membingungkan calon konsumen. Mulai dari harga, warna, kondisi, stok barang, dan lain-lain. Kamu juga bisa memasukkan kata kunci di kolom deskripsi yang berhubungan dengan produk kamu. Misalnya, “celana kulot highwaist,” “celana kulot kekinian,” atau “celana kulot OOTD,”. Saat calon pembeli mengetikkan kata tersebut, barang jualan kamu akan muncul.

Baca Juga:  Memahami Aturan Pajak Penghasilan untuk UMKM

2.Foto Produk Asli dan Menarik

Hati-hati sebelum mengunggah foto produk. Facebook bisa mendeteksi jika gambar yang kamu gunakan berasal dari toko lain. Kalau sudah begini, produk kamu tidak akan disetujui untuk dijual di Marketplace. Solusinya, penjual harus menggunakan foto asli. Pelajari teknik fotografi dengan handphone, manfaatkan cahaya matahari atau lighting agar objek terlihat jelas. Psstt, kamu dapat menambahkan sampai 10 gambar dalam 1 unggahan lho.

3.Responsif dalam membalas chat

Siap-siap membalas pesan dalam jumlah yang banyak. Calon pembeli menyukai seller yang ramah dan fast response. Kuasai teknik copy writing agar mereka tertarik membeli produkmu. Edukasi mereka dengan kualitas barang yang kamu jual. Apabila pesan yang masuk semakin menumpuk, kamu bisa memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business yang memiliki fitur quick repliesTambahkan nomor ponsel di bagian keterangan produk agar konsumen dapat langsung menghubungimu.

4.Tawarkan sistem COD

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Facebook Marketplace tidak memfasilitasi sistem pembayaran. Oleh sebab itu, penjual dan pembeli bisa memilih metode transfer atau Cash On Delivery. Namun, terkadang pembeli ragu mentransfer uang dalam jumlah yang besar. Untuk meningkatkan rasa kepercayaan mereka, penjual dapat menawarkan metode pembayaran COD. Kamu dan pembeli akan bertemu di lokasi yang telah disepakati, kemudian melakukan transaksi di tempat tersebut. Tapi, jangan sampai rugi ya,  COD juga perlu bensin lho. Jika lokasinya terlalu jauh, kamu bisa bernegosiasi agar pembeli menambahkan ongkos kirim.

5.Promosi ke Grup Jual Beli

Mulailah bergabung dengan komunitas jual beli di sekitar tempat tinggalmu. Mempromosikan barang dagangan ke grup jual beli membantu kamu memperoleh lebih banyak calon konsumen. Perlu diingat, setiap grup memiliki aturan yang berbeda, salah satunya batasan unggahan. Jangan terlalu sering mengunggah barang dagangan dalam satu waktu, bisa-bisa akun kamu ditandai sebagai spam.

Facebook adalah media sosial yang sudah tidak asing dimiliki oleh setiap orang. Pada era 2000an Facebook adalah aplikasi yang sangat digandrungi setiap kalangan. Walaupun pengguna Facebook mengalami penurunan yang sangat signifikat akan tetapi memanfaatkan Facebook sebagai media promosi dan pemasaran masih sangat efektik. Karena biaya yang murah dan jangkauan yang sangat luas. Sebagai pelaku bisnis modal yang minim menjadi salah satu kendala dalam mecari media untuk memperkenalkan produk kepada publik. Padahal diera perkembangan digital ini bukan hal yang sulit, karena banyak informasi yang dapat diakses mengenai tips dan triks dalam bisnis. Nextup.id hadir untuk Anda sebagai pelaku bisnis yang masih bingung untuk berjualan dan promosi produk Anda di Facebook. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai bimbingan bisnis lainnya untuk mendapatkan solusi terbaik.

jualan online tanpa modal, cara berjualan online, cara jualan online tanpa modal, cara jualan online laris, jualan online yang laris, bisnis online untuk pemula, tips jualan online, cara jualan online di shopee, cara jualan online laris di facebook, cara jualan online, bisnis online pemula, cara membuat toko online, bisnis makanan online untuk pemula, cara usaha online, cara berjualan online agar cepat laku

Nextup.id merupakan platform yang mempertemukan antara professional bisnis dan pelaku usaha dalam rangka meningkatkan kapasitasnya untuk naik kelas

Phone: +62 858 0333 2788

Instagram: nextup_id

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.
google-site-verification: google05ed858cc7056014.html