Optimalisasi Facebook dan Instagram untuk UMKM | Nextup ID

Nextup bersama 4W Office sukses menggelar Workshop Digital Marketing pada hari Senin, 22 November 2021. Kegiatan workshop yang bertajuk “Optimalisasi Facebook dan Instagram untuk Bisnis UMKM” ini diikuti oleh 10 peserta. Workshop yang berlangsung selama 3 jam yaitu mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB tersebut diselenggarakan  di 4W Office, Jalan Bubulak no A-4, Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Investasi yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan sejumlah materi workshop pun terbilang cukup terjangkau. Hanya dengan Rp 150.000 saja, peserta bisa mendapatkan materi-materi berkualitas untuk meningkatkan pengetahuan dna ketrampilan dalam digital marketing terutama melalui media Faceboo dan Instagram. Sedangkan bagi peserta yang mengajak tim maka hanya perlu membayar Rp 250.000 yang berlaku untuk dua orang peserta.

Dengan diselenggarakannya workshop digital marketing yang lebih fokus pada pengoptimalan dan pemanfaatan Facebook dan Instagram, diharapkan para peserta bisa meningkatkan bisnis UMKM naik kelas, banjir orderan, dan berkesmepatan untuk mendominasi pasar. Mengikuti workshop tersebut bisa menjadi salah satu investasi terbaik yang akan menjadikan bisnis UMKM memiliki masa depan lebih baik.

 

Kegiatan workshop digital tersebut dipandu oleh dua narasumber keren yaitu M Arif Rahmat yang merupakan Digital Merketing Expert dan Inna Dinovita selaku Founder 4W Office. Pada awal pembukaan workshop, M Arif menjelaskan pentingnya digital marketing di era saat ini di era industri 4.0 yang mana hampir segala sesuatu dalam bisnis sudah berhubungan dengan dunia digital. Bagaimanapun kegiatan pemasaran atau marketing berperan sangat penting untuk keberhasilan sebuah bisnis terutama dalam bisnis UMKM. Melalui digital marketing diharapkan bisa menarik lebih banyak calon pelanggan dan target pasar yang bisa dijangkau pun lebih luas. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada peningkatan omset bisnis yang bersangkutan.

Pentingnya Digital Marketing

Dalam sejumlah pelatihan UMKM pun tak jarang disinggung pembahasan tentang pentingnya digital marketing saat ini. Ada beberapa alasan mengapa pelaku bisnis khususnya UMKM perlu memanfaatkan digital marketing untuk bisnisnya:

  • Lebih mudah mendatangkan pelanggan

Sebagian besar calon pelanggan memanfaatkan media digital baik media sosial, website, ataupun lainnya untuk menemukan informasi yang berkaitan dengan usaha yang dibutuhkan tanpa batasan waktu, ruang, dan jarak. Hal ini tenti sangat berpengaruh terhadap peluang mendatangkan pelanggan bagi bisnis yang dikelola.

  • Bisa meningkatkan omset penjualan

Selain memperbesar peluang mendatangkan pelanggan, memanfaatkan digital marketing juga bisa memperbesar peningkatan omset penjualan suatu produk. Media digital bisa menjangkau pelanggan lebih luas bahkan ke semua kalangan.

  • Lebih hemat biaya iklan dan promosi

Pemasaran menjadi salah satu pos yang sangat penting untuk diperhatikan karena keberhasilan bisnis sangat berpengaruh terhadap bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan. Dan, biaya promosi atau biaya pemasaran pun merupakan pos yang cukup besar dalam menjalankan sebuah bisnis. Biaya tersebut bisa lebih ditekan ketika memanfaatkan media digital sebagai media pemasaran karena tidak perlu ad abiaya pencetakan poster, pemasangan baliho, dan lainnya. Bahkan banyak pemasaran digital yang bisa dilakukan secara gratis.

 

Kanal digital yang bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya pun banyak dan bervariasi. Media sosial menjadi salah satu kanal pemasaran yang sangat ampuh karena pelaku bisnsi bisa menyampaikan informasi produknya serta promosi bisnis sesuai dengan target pasar yang diinginkan dan bahkan langsung kepada orangnya. Pastinya cara ini jauh lebih efektif dibandingkan melakukan beberapa strategi pemasaran lain seperti memasang baliho, menempel poster, ataupun membuat spanduk yang tak jarang cukup melelahkan dan menghabiskan biaya yang tak sedikit namun hasilnya belum optimal. Hal inilah yang membuat para narasumber pun mengajak para peserta untuk aktif menggunakan media sosialnya sebagai salah satu kanal pemasaran sehingga mampu meningkatkan omset bisnisnya.

Ada beberapa pilihan media sosial yang bisa dijadikan sebagai media pemasaran bisnis. Facebook dan Instagram bisa jadi pilihan yang sangat potensial. Keduanya memiliki pengguna yang sangat besar di Indonesia. Pengguna Facebook Indonesia saat ini sudah lebih dari 140 juta dan Instagram hampir menyentuh angka 100 juta pengguna. Dengan jumlah pengguna yang terbilang sangat fantastis, tentu akan sangat menguntungkan ketika bisa memanfaatkannya untuk pemasaran bisnis UMKM.

Optimasi Media Sosial

Selain tingginya jumlah pengguna media sosial terutama Facebook dan Instagram, ada beberapa alasan lain mengapa pelaku bisnis perlu melakukan optimalisi terhadap media sosial untuk bisnisnya:

  • Bisa lebih mudah berinteraksi dengan konsumen

Media sosial menawarkan cara yang menarik dan menyenangkan untuk bisa berinteraksi dengan konsumen. Pemilik bisnis bahkan bisa melakukan tanya jawab tentang produknya kepada para konsumen melalui media sosialnya.

  • Memungkinkan untuk meningkatkan visibilitas merek

Media sosial juga memungkinkan untuk peningkatan visibilitas merek terutama kepada orang-orang yang belum mengenal merek tersebut sebelumnya. Dengan unggahan konten yang menarik ini bisa menambah nilai merek di mata konsumen yang tertarget.

  • Sebagai media word of mouth terluas

Word of mouth atau mulut ke mulut menjadi salah satu media pemasaran yang cukup ampuh dalam berbisnis terutama di kalangan UMKM. Melalui media sosial, konsumen bisa dengan mudah meninggalkan review ataupun merekomendasikan produk kepada orang lain.

  • Membantu dalam targeting konsumen

Bisnis yang dijalankan tanpa adanya targeting akan membuat sumber daya secara tidak efektif. Media sosial bisa membantu dalam targeting tersebut. Media sosial bisa menyesuaikan konten promosi dengan target konsumen.

  • Lebih hemat biaya

Sebagai pemilik bisnis pemula ataupun pelaku UMKM dengan modal terbatas, biaya pemasaran tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Untungnya, media sosial memfasilitasi penggunanya untuk beriklan dengan biaya yang relatif terjangkau bahkan ada yang gratis.

  • Meningkatkan penjualan atau omset bisnis

Inetraksi dengan konsumen potensial bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menjadikan mereka sebagai pelanggan. Pastinya ini berpengaruh pada peningkatan angka penjualan produk dan kenaikan omset bisnis.

Tentunya dibutuhkan strategi yang tepat dalam mengoptimalisasi Facebook dan Instagram untuk pemasaran bisnis. Ada sejumlah materi yang diberikan kepada para peserta untuk pembekalan dalam workshop digital marketing tersebut, antara lain:

  • Menentukan target market
  • Memahami algoritma sosial media’menentukan jenis sosial media
  • Membuat konten marketing
  • Beriklan di Facebook dan Instagram

Selain mendapatkan beberapa materi penting untuk mengoptimalisasi Facebook dan Instagram sebagai media digital marketing bagi pelaku UMKM, para peserta juga berhak mendapatkan bonus yaitu template desain siap pakai dan bonus materi Canva yang mana keduanya juga bisa dimanfaatkan untuk lebih mengoptimalkan media sosialnya untuk kemajuan bisnisnya.

Setelah pembahasan semua materi disampaikan oleh para narasumber, pada kegiatan workshop tersebut juga dibuka sesi tanya jawab. Para peserta tampak aktif bertanya kepada para narasumber untuk menggali informasi lebih banyak tentang optimalisai Facebook dan Instagram untuk bisnis mereka. Para narasumber juga sangat antusias dan tertarik untuk menjawab satu per satu pertanyaan dari para peserta dengan pembahasan yang mudah dipahami. Pastinya ini sangat membantu para peserta untuk lebih memahami materi workshop tersebut.

Workshop digital marketing bertajuk “Optimalisasi Facebook dan Instagram untuk Bisnis UMKM” mendapatkan antusiasme yang sangat besar. Melalui kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan banyak manfaat bagi kelancaran bisnis UMKM sehingga bisa naik ke level berikutnya. Tentu saja, masih banyak agenda workshop ataupun training bisnis yang akan digelar Nextup ke depannya untuk membawa bisnis naik kelas.

pelatihan umkm, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan umkm digital, training bisnis, pelatihan untuk umkm, kursus bisnis digital, training wirausaha, pelatihan digital marketing untuk umkm

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.