Lima Langkah Mudah Memulai Jualan di Tokopedia | Nextup ID

Perkembangan penggunaan internet di Indonesia melaju pesat dari tahun ke tahun. Adanya kenaikan pengguna internet setiap tahunnya menjadi peluang bisnis tersendiri bagi pelaku usaha termasuk pelaku usaha UMKM. Pasalnya, saat ini marak terjadi bisnis berbasis digital atau biasa disebut bisnis digital marketing.

Untuk dapat bersaing dalam dunia bisnis digital ini, tentunya harus dibekali dengan strategi maketing yang bagus. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus bisnis digital. Kursus bisnis digital menjadi penting karena kebutuhan pengetahuan akan pemasaran produk menjadi salah satu cara agar suatu bisnis berjalan lancar.

Berbisnis secara digital tentu berbeda dengan cara konvensional. Maka dari itu perlunya pengetahuan tentang bagaimana cara memulainya. Bisnis digital pada sekarang ini sangatlah beragam. Hal tersebut di picu dengan adanya perilaku konsumen yang memilih untuk membeli segala keperluannya secara praktis yaitu hanya dengan berselancar di berbagai macam platform bisnis digital. Salah satunya adalah Tokopedia.

Inilah 5 Langkah Mudah Memulai Jualan di Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu start up hasil karya anak bangsa yang terbilang sukses. Karena tokopedia menjadi wadah untuk transaksi jual beli berbasis digital yang digunakan oleh jutaan masyarakat Indonesia. Melansir data dari databoks.katadata, Tokopedia mengalami kenaikan jumlah pengunjung. Di ketahui bahwa sekitar 135,1 juta kunjungan tercatat pada tiga bulan pertama tahun 2021 ini. Ada kenaikan sebesar 17,8% dari kuartal sebelumnya. Maka hal tersebut menjadi peluang yang besar bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produknya di tokopedia.

Namun bagaimanakah cara memulai jualan di tokopedia? Apalagi jika Anda pemula dan bingung langkah apa yang seharusnya di ambil untuk membuka sebuah toko online. Berikut kami paparkan beberapa tips dan ulasan yang bisa Anda coba.

1. Buat Akun

Membuat akun merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan. Di tokopedia bagi calon seller seperti Anda bisa dengan mudah membuat sebuah toko baru. Caranya adalah siapkan akun atau jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa mengubahnya menjadi toko. Jika Anda belum memiliki akun lakukanlan registrasi terlebih dahulu di menu “daftar”, kemudian isi sesuai dengan data pribadi Anda.

Setelah melakukan registrasi dan berhasil membuat akun, hal yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah log in atau masuk. Masuklah sesuai username dan password Anda. Pada halaman utama, Anda akan di hadapkan oleh deretan variasi fitur-fitur tokopedia. Untuk membuka toko Anda, carilah simbol toko. Simbol toko berada di sebelah atas kanan layar. Jika sudah berhasil menemukan simbol toko, klik saja simbol toko itu. Nanti akan muncul tulisan “buka toko”, lalu klik saja tombol tersebut. Ingat simbol tersebut berada di layar kanan paling atas.

Selamat Anda berhasil membuat toko baru, namun Anda harus mengisi beberapa kolom terkait dengan identitas toko Anda akan seperti apa nantinya. Hal tersebut akan di ungkapkan pada tips kedua di bawah ini. Dengan cara yang simpel ini memudahkan seller baru untuk membuka toko. Telebih ini semua di lakukan dengan percuma alias gratis tanpa di pungut biaya satu perser pun.

2. Siapkan nama toko dan slogan yang unik agar mudah di ingat

Setelah membuat akun lalu mengklik  tombol “buka toko” nanti Anda akan di arahkan untuk mengisi informasi toko Anda sendiri. Pada pilihan isian nama toko buatlah dengan nama yang unik namun mudah di ingat karena itu akan menjadi kesan tersendiri bagi para calon pembeli toko Anda. Sesuatu yang bisa berhubungan dengan nama Anda atau produk yang akan Anda jual. Tidak terbatas pada hal itu saja, Anda bisa memilih nama yang bagus dan cocok.

Kemudian nanti Anda juga akan di arahkan untuk mengisi slogan untuk toko Anda. Dalam menu isian untuk slogan, masukanlah sesuatu yang singkat namun menarik. Slogan sendiri nantinya akan menjadi sesuatu yang melekat pada imej toko seperti apa nantinya toko Anda akan di perkenalkan. Banyak toko di luar sana namun ada hal yang istimewa dengan toko Anda, dimana hanya toko Anda sendiri yang punya. Anda bisa mencoba selogan seperti  “Hemat dan Aman”, atau mungkin bisa juga “Terjangkau dan Berkualitas”. Sesuatu seperti itu atau bisa Anda membuat yang lebih kreatif dari contoh tersebut.

3. Unggah Produk Secara Berkala Dan Semenarik Mungkin

Calon pembeli akan melihat seberapa aktif akun Anda, karena akun yang jarang melakukan aktifitas tentunya akan terkesan bahwa toko itu sepi dan kurang menarik. Biasanya calon pembeli menilai sebuah toko yang pantas untuk dia lirik adalah dengan cara melihat sebagaimana aktif dan ramainya sebuah toko. Karena hal itu menunjukan citra toko yang ramah, ramai dan lengkap informasinya. Terutama pelayanan kepada calon konsumen yang sigap dan cepat. Hal itu akan membuka kesan tersendiri di hati calon pembeli.

Kuantitas dalam mengunggah produkpun harus di perhatikan. Sekurangnya Anda harus mengunggah postingan setiap hari. Bisa saja dalam sehari Anda memposting tiga sampai empat postingan. Hal tersebut untuk membuat toko Anda lebih hidup. Untuk bahan selingan Anda bisa memberikan tips atau informasi umim yang menjurus kepada produk Anda. Misalnya Anda menjual skincare, Anda bisa membuat postingan mengenai kesehatan lalu dari tips tersebut Anda juruskan bahwa skincare Anda membantu calon pembeli lebih sehat dan awet muda.

Mulai rajinlah mengunggah produk dengan foto dan keterangan yang menarik. Foto produk akan memudahkan pembeli melihat bagaimana bentuk produk yang akan dia beli. Di lengkapi informasi produk tentunya membuat keyakinan untuk membeli semakin besar. Hal yang harus di perhatikan disini adalah, bagaimana caranya membuat foto produk terlihat cantik dan dapat menarik mata pembeli. Sebagian besar pembeli selain mempertimbangkan harga, mereka juga akan melihat seberapa menarik produk Anda. Semakin indah maka semakin tinggi pula keinginan untuk membeli.

Buatlah foto produk yang eye-catching, seperti penggunaan background yang menarik atau bisa juga menggunakan background putih untuk menonjolkan visual produk itu sendiri. Pengambilan angle yang tepat dan bagus akan sangat membantu postingan produk akan di lirik banyak orang. Tidak lupa berikan keterangan yang persuasif dan juga informatif.

4. Aktif Dalam Melakukan Promosi Dan Aktifkan Voucher Untuk Menarik Pembeli

Promosi tidak terbatas pada waktu dan tempat. Selain Anda aktif melakukan promosi di tokopedia, Anda juga bisa melakukan promosi di luar itu. Promosi akan membantu toko Anda di kenal lebih luas. Anda bisa menggunakan media sosial seperti facebook, instagram dan media sosial lainnya.

Anda bisa juga mempromosikan dengan media sosial yang saat ini sangat di gandrungi yaitu tiktok. Anda diharuskan membuat berbagai konten menarik, setelah itu bisa menyisipkan toko dan produk jualan Anda di platform tiktok. Promosikanlah kepada pengikut Anda bahwa Anda memiliki produk jualan yang bisa mereka temui di platform digital Tokopedia. Mungkin Anda bisa memulai dari orang terdekat, teman dan kenalan. Dengan begitu mereka akan penasaran apa yang Anda jual.

Saat ini pembeli mudah tergiur dengan adanya voucher. Baik itu voucher gratis ongkos kirim maupun potongan harga sampai cashback. Fitur-fitur seperti ini akan menarik minat banyak calon pembeli karena pembeli bisa mendapat keuntungan ketika berbelanja. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah bagaimana caranya mengatur strategi menggunakan fitur-fitur tersebut.

5. Pelajari Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan omset penjualan.  Omset penjualan akan meningkat jika di barengi dengan adanya strategi pemasaran yang bagus. Oleh karena itu, mempelajari strategi bisnis yang efektif dan efisien merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan. Strategi pemasaran juga akan membuat bisnis Anda lebih terarah dan terencana. .

Dari sekian hal penting tentang strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan omset penjualan, Anda perlu mencari tahu lebih lanjut bagaimana cara memulai dan mengaplikasikan pada bisnis Anda. Salah satunya adalah dengan kursus bisnis digital. Hal tersebut akan membantu bagaimana bisnis Anda berkembang.

Menggunakan strategi pemasaran dengan cara memanfaatkan bisnis digital memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah fleksibilitas. Bisnis digital tidak terbatas akan satu atau dua hal. Itu mencakup segala hal macam bisnis yang ada. Selain itu bisnis digital juga tidak terbatas waktu. Bisa di lakukan kapanpun. Target pasar akan menjadi lebih luas dan akurat. Dengan adanya bisnis digital tidak ada lagi batasan negara karena jangkauannya akan sangat luas, mencakup seluruh dunia.

Rekomendasi Kursus Bisnis Digital Terbaik

Memulai bisnis digital bisa mudah dan juga bisa menjadi sulit. Itu semua tergantung dengan kemauan, ketekunan dan niat Anda dalam belajar merintis usaha. Tentunya Anda perlu menyiapkan ilmu dan pengetahuan yang luas agar usaha bisnis digital Anda dapat berkembang dengan pesat. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut dan lebih dalam soal bisnis digital. Anda bisa mengikuti kelas kursus bisnis digital. Semakin Anda mengenali medan dan tantangan dalam berbisnis semakin besar pula peluang yang akan Anda lihat dan dapatkan. Hal tersebut bisa menjadikan peluang yang besar untuk berkembang lebih sukses.

Dengan mengikuti kelas kursus bisnis digital, Anda akan lebih mengenali alur strategi yang akurat agar bisnis Anda berjalan lancar. Maka dari itu mari bergabung bersama Nextup. Nextup memiliki berbagai kelas dan coach yang siap mendampingi Anda dalam merintis usaha dari nol. Jadi jangan ragu untuk bergabung karena Anda akan mengetahui sendiri manfaatnya untuk perkembangan usaha Anda nantinya. Perubahan besar di mulai dari langkah kecil yang Anda pilih.

Selamat mencoba.

cara jualan di tokopedia, cara berjualan di tokopedia, cara menjual barang di tokopedia, cara membuat toko di tokopedia, cara jual barang di tokopedia, cara berjualan di tokopedia untuk pemula, cara buat toko di tokopedia, cara jualan di tokopedia tanpa modal, cara menjual di tokopedia

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.