Banyak hal perlu dilakukan pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan usahanya, salah satunya dengan mengikuti berbagai training atau pelatihan. Salah satu materi yang sebaiknya diikuti adalah mengenai pengurusan legalitas usaha lewat pengurusan NIB (Nomor Induk berusaha). Sekaligus menerapkan digital marketing.
Mengambil latar belakang tersebut, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan PT Nextup Kolegia Indonesia (Nextup) menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Salah satu sesi di dalam training PKU tersebut adalah mengenai digital marketing melalui media sosial dan pembuatan legalitas usaha (NIB).
Training Digital Marketing melalui Media Sosial
Nextup.id atau PT Nextup Kolegia Indonesia secara rutin menggelar sejumlah program pelatihan. Salah satu program pelatihan tersebut adalah Pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Dimana program PKU ini sendiri merupakan hasil kerjasama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).
Training kemudian digelar secara berkesinambungan untuk mendukung pelaku UMKM mendapatkan ilmu dalam pengembangan usaha. Salah satu materi di dalam training bertajuk PKU tersebut adalah Digital Marketing Melalui Media Sosial. Training ini digelar offline di Hotel Kimaya Slipi Jakarta pada Kamis, 19 Mei 2022 pukul 09.00 – selesai.
Materi training mengenai Digital Marketing Melalui Media Sosial dipaparkan oleh M Arif Rahmat. Adapun peserta di dalam training kali ini adalah seluruh nasabah PNM Mekar Kemayoran dan Mekar Tanjung Priok yang tercatat memiliki usaha mikro atau UMKM. Sepanjang training, para peserta mengikuti agenda seluruh acara dengan baik.
Tentang Social Media Marketing
Sesuai dengan tema training yang dipaparkan di awal, oleh narasumber yakni M Arif Rahmat memaparkan tentang Digital Marketing Melalui Media Sosial. Lebih tepatnya adalah menerapkan social media marketing, yakni proses pemasaran untuk memperkenalkan usaha maupun produk kepada pengguna media sosial.
Proses promosi tersebut dilakukan melalui media sosial tertentu yang dirasa paling cocok untuk mendukung kegiatan usaha. Dimana jenis media sosial memang sangat banyak. Sebut saja seperti instagram, Facebook. Twitter, TikTok, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dulu, media sosial hanya digunakan untuk bersosialisasi dan kini digunakan juga untuk promosi atau pemasaran. Pemasaran dengan media sosial terbilang efektif karena memang jumlah pengguna media sosial sangat tinggi. Selain itu didominasi oleh generasi milenial, sehingga produk yang sesuai minat mereka sangat cocok dipasarkan di media ini.
Pentingnya Menggunakan Social Media Marketing
M Arif juga menjelaskan arti penting penggunaan media sosial untuk kebutuhan promosi atau pemasaran. Teknik pemasaran digital atau digital marketing melalui media sosial sangat penting karena beberapa alasan berikut:
1. Meningkatkan Brand Awareness
Salah satu arti penting melakukan digital marketing di media sosial adalah untuk meningkatkan brand awareness. Dimana brand produk semakin dikenal begitu juga dengan nama usaha yang menyediakannya. Semakin dikenal maka semakin mudah untuk terjual di pasaran, sehingga omset berada di angka yang aman.
2. Mendapatkan Feedback Produk
Alasan kedua kenapa pelaku UMKM perlu melakukan digital marketing di media sosial adalah untuk mendapatkan feedback dari konsumen terhadap produk. Misalnya terjadi interaksi antara pelaku usaha dengan konsumen secara online. Seperti pemberian komentar, like, dan sebagainya pada postingan produk di akun media sosial.
Feedback seperti ini tentu penting agar pelaku UMKM bisa membangun komunikasi dan kedekatan dengan konsumen. Hal ini akan meningkatkan brand awareness sehingga nama produk dan nama usaha akan selalu diingat oleh konsumen tersebut. Tentunya agar hal ini tercapai perlu mengelola akun media sosial dengan baik.
3. Membantu Mempelajari Kompetitor
Lewat pemasaran digital menggunakan media sosial maka pelaku UMKM bisa mempelajari kompetitor. Yakni dengan melihat akun-akun kompetitor dan mengecek strategi pemasaran mereka seperti apa. Kemudian bisa mencoba menggunakan strategi yang sama namun dengan melakukan sedikit modifikasi agar efek promosinya lebih maksimal.
4. Menjangkau Pasar yang Luas
Arti penting melakukan digital marketing di media sosial berikutnya adalah bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Sebab pada dasarnya digital marketing tidak mengenal batasan geografis. Sehingga bisa menjangkau konsumen dari luar daerah, luar kota, luar provinsi, luar pulau, dan bahkan luar negeri.
Strategi Social Media Marketing
Melalui training Digital Marketing Melalui Media Sosial, narasumber yakni M Arif juga memaparkan sejumlah strategi yang bisa diterapkan. Diantaranya adalah:
1. Mempelajari Audiens
Strategi yang pertama adalah mengenal dan mempelajari audiens atau target pasar di media sosial yang digunakan. Cari tahu konsumen seperti apa yang cocok dengan produk sehingga isi dan jenis konten bisa menyesuaikan. Jika konten yang diposting di media sosial sesuai karakter target pasar, maka bisa dengan mudah menggaet minat dan ketertarikan mereka.
2. Menentukan Platform
Strategi kedua adalah menentukan platform atau jenis media sosial yang akan digunakan dalam pemasaran digital. Jenis dari media sosial sangat banyak dan masing-masing menyediakan fitur khas yang tentu satu sama lain berbeda. Maka penting untuk menentukan media sosial mana yang sebaiknya digunakan.
Cara termudah dalam menentukan pilihan pada dasarnya adalah menyesuaikan dengan target pasar. Jika target pasar didominasi kalangan milenial atau anak muda, maka idealnya melakukan digital marketing di Instagram. Kenapa? Sebab mayoritas penggunanya adalah kalangan milenial.
3. Membuat Konten yang Menarik
Di dalam digital marketing lewat media sosial maka konten adalah kunci utama yang bisa menggaet minat sekaligus kepercayaan audiens. Jadi, pembuatan konten sebaiknya dilakukan secara teliti dan selalu mengasah kreativitas. Konten yang menarik dan memiliki jenis beragam akan dengan mudah mendapatkan perhatian audiens.
4. Mengatur Jadwal Posting
Strategi penting berikutnya adalah mengatur jadwal untuk posting, apapun media sosial yang digunakan hal ini perlu ditentukan dengan seksama. Dulunya orang akan memposting di jam-jam tertentu dimana kebanyakan pengguna aktif di media sosial. Kini, pelaku usaha harus kreatif dalam membuat konten agar ada banyak interaksi.
Semakin banyak interaksi baik dalam bentuk like, coment, share, dan sebagainya. Maka postingan tersebut oleh algoritma media sosial akan ditampilkan ke pengguna lain. Sehingga bisa efektif dalam meningkatkan brand awareness secara instan. Pembuatan konten memang tidak mudah agar lebih menarik, namun harus tetap diusahakan dan terus dipelajari.
5. Melakukan Evaluasi
Strategi terakhir dalam digital marketing melalui media sosial adalah melakukan evaluasi. Jadi cek riwayat dari efek promosi di akun media sosial, apakah ada peningkatan interaksi di postingan, penambahan jumlah followers, penambahan komunikasi di WhatsApp, atau yang lainnya? Jika efek belum signifikan ada baiknya mengubah strategi khususnya dari segi konten.
Melalui pemaparan digital marketing tersebut, maka diharapkan para pelaku UMKM yang menjadi peserta training bisa mengoptimalkan penggunaan media sosial. Sebab memang potensi untuk mendukung pengembangan usaha sangat tinggi. Sekaligus membuka peluang bagi produk untuk dikirimkan ke seluruh wilayah Indonesia bahkan mancanegara.
Apabila membutuhkan informasi lebih mendalam mengenai dunia bisnis dan wirausaha. Sekaligus membutuhkan pendampingan dan konsultasi maka bisa menghubungi Nextup.id yang rutin memberikan dampingan dan dukungan pada UMKM agar terus berkembang dan go digital.
pelatihan umkm, pelatihan bagi pemilik usaha kecil, pelatihan umkm digital, training bisnis, pelatihan untuk umkm, kursus bisnis digital, training wirausaha, pelatihan digital marketing untuk umkm
pelatihan online, lembaga pelatihan, pelatihan kewirausahaan, pelatihan hrd, pelatihan it, pelatihan online bersertifikat, pelatihan bisnis, pelatihan ukm