Bagaimana Cara Beriklan di Tokopedia? Berikut Langkah-Langkahnya | Nextup ID

Menjalankan bisnis niaga atau jualan online kini semakin mudah, sebab bisa dimulai dengan memanfaatkan media online. Dimana sifatnya mudah, murah, sekaligus memberi kesempatan menerima order secepatnya. Salah satu teknik untuk mendorong penjualan online adalah jualan di marketplace, seperti Tokopedia. Kemudian, jangan lupa menaikan iklan di Tokopedia yang fiturnya disebut TopAds.

Tentang Tokopedia

Tokopedia yang oleh masyarakat lebih akrab disebut “toko ijo” ini menjadi salah satu marketplace terbesar dan terkemuka di tanah air. Tokopedia juga menjadi marketplace buatan anak bangsa. Dirintis pada tahun 2007 oleh dua anak muda Indonesia, yakni William Tanuwijaya dan juga Leontinus Alpha Edison.

Lahirnya Tokopedia memberi dorongan penuh agar transaksi belanja online di Indonesia semakin mudah sekaligus dijamin aman. Indonesia yang merupakan negara berbentuk kepulauan membuat transaksi belanja online susah untuk dilakukan. Pada awal transaksi ini dikenal publik banyak kasus penipuan.

Misalnya saat pembeli tidak juga menerima barang yang dipesan padahal sudah membayar ke penjual. Mengatasi kasus-kasus seperti ini, Tokopedia kemudian menjadi penengah antara pembeli dan penjual. Pihak pembeli membayar dulu lewat Tokopedia, setelah barang diterima maka uang tadi dikirimkan ke penjual.

Seiring berjalannya waktu Tokopedia kemudian terus berkembang, dari merchant yang hanya segelintir kemudian menjadi banyak. Saat ini mencari produk dan kebutuhan apapun disini dijamin menemukannya, saking banyaknya penjual yang menggelar lapak disini. Kemudian fitur di dalamnya juga terus meningkat, salah satunya fitur iklan berbayar bertajuk TopAds.

Pentingnya Menaikan Iklan di Tokopedia

Membuka toko di Tokopedia terbilang mudah sekaligus gratis, sehingga pelaku bisnis niaga online tidak perlu keluar biaya. Tokopedia kemudian melakukan kegiatan promosi sendiri yang membantu para penjual mendapatkan pembeli meskipun hanya duduk manis di rumah. Sehingga banyak penjual yang panen orderan di Tokopedia.

Tokopedia kemudian terus meningkatkan kualitas layanannya kepada para penjual, salah satunya lewat fitur TopAds yang merupakan iklan berbayar. Lewat fitur ini setiap penjual berkesempatan untuk menayangkan produknya di halaman depan dan di bagian paling atas. Sehingga mudah dilihat oleh pengguna Tokopedia.

Meskipun sifatnya berbayar, namun biayanya ringan dan biaya baru terbentuk ketika iklan yang ditayangkan di klik oleh pengguna Tokopedia. Sehingga biayanya sangat murah yang membuatnya mudah dijangkau oleh penjual manapun. Menaikan iklan lewat fitur ini juga dijamin tidak akan rugi. Sebab memberi keuntungan sebagai berikut:

  • Bisa tampil lebih eksklusif, karena produk yang diiklankan akan mudah dilihat oleh pengguna dan jenis iklan tertentu bisa menempatkan produk di halaman utama Tokopedia. Sehingga produk terlihat lebih eksklusif dan membuatnya semakin menarik perhatian pembeli.
  • Bisa sekaligus mempromosikan toko, sebab saat produk tampil di halaman utama dan bagian teratas dari hasil pencarian. Maka pengguna Tokopedia akan langsung melihat, mengingat, dan kemudian tertarik membeli produk tersebut. Sehingga efeknya bisa meningkatkan omset penjualan.
  • Meningkatkan kunjungan, sebab saat foto produk yang diiklankan di klik oleh pembeli. Mereka kemudian akan tertarik untuk mengecek produk menarik apa saja yang disediakan toko. Sehingga mampir ke toko tersebut, memperhatikan profilnya, dan mengecek seluruh produk yang tersedia. Jika dinilai menarik mereka akan mengikuti toko dan menjadi pelanggan tetap.

Sifatnya yang berbayar membantu mendorong angka penjualan sekaligus meningkatkan kunjungan ke toko. Saat pembeli berkunjung ke toko maka bisa sekaligus menarik minat mereka untuk membeli produk lainnya. Cukup mengiklankan satu produk saja, namun efeknya bisa membuat produk lainnya diorder pembeli. Menarik, bukan?

Cara Beriklan di Tokopedia

Supaya semua keuntungan yang dijelaskan di atas bisa didapatkan, maka para penjual perlu menaikan iklan di fitur TopAds. Bagaimana caranya? Caranya ternyata sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke halaman Tokopedia Seller, kemudian di sisi sebelah kiri silahkan cari ikon “Toko” lalu masuk ke menu “TopAds”.
  • Setelah itu cek saldo kredit TopAds di Tokopedia jika masih kosong maka lakukan pengisian, bisa transfer bisa juga memakai metode lainnya.
  • Selanjutnya masuk ke ikon Toko lagi dan pilih menu TopAds, kemudian klik pilihan “Promo Toko”.
  • Tahap berikutnya adalah memilih produk yang akan diiklankan, bisa hanya satu produk bisa lebih sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya tinggal memasukan kata kunci, bisa menggunakan kata kunci sesuai jenis produk, nama produk, dan sebagainya.
  • Baru kemudian mengatur biaya klik dimulai dengan anggaran per klik minimal Rp 300 perak.
  • Lalu tayangkan iklan.

Secara otomatis produk yang sudah dipilih akan berstatus sebagai iklan. Sehingga saat ada pengguna Tokopedia melakukan pencarian produk dan mengetik kata kunci yang tadi dimasukan. Maka produk ini akan tampil di halaman teratas, sehingga mudah dilihat dan kesempatan untuk diorder pembeli cukup tinggi.

Tips Memaksimalkan TopAds

Fitur TopAds tentunya bisa dinikmati oleh semua penjual di Tokopedia, jika produk yang dijual ternyata kompetitornya banyak. Sekaligus sama-sama memasang iklan maka perlu cermat dalam mengatur pengaturan iklan TopAds tadi. Supaya bisa tetap mendapatkan banyak pembeli, terapkan beberapa tips berikut ini:

1. Cermat Menyusun Kalimat Promosi

Kalimat yang digunakan sebaiknya menonjolkan keunggulan toko maupun produk. Misalnya dengan menggunakan kata “eksklusif!”, “Baru!”, “Hemat 25%”, dan sejenisnya. Buat kalimat yang memang menarik, menggoda, dan ada unsur urgensi di dalamnya seperti kata “Hanya hari ini!”.

2. Optimalkan Kata Kunci yang Digunakan

Usahakan memilih kata kunci yang memang relevan dengan produk yang dijual. Kemudian, pilih kata kunci yang mendukung pencarian secara luas maupun spesifik. Misalnya jualan teh herbal maka bisa menggunakan kata “teh” sebagai kata kunci luas, dan “teh melati” sebagai kata kunci spesifik.

Pemilihan kata kunci kemudian juga menyesuaikan dengan apa yang sering digunakan oleh pembeli. Misalnya dengan memposisikan diri sebagai pembeli, saat mencari produk tertentu. Kata apa yang akan diketik di kolom pencarian? Kata yang terlintas ini kemudian bisa dijadikan kata kunci.

3. Perhatikan Produk

Tips ketiga adalah memperhatikan produk yang diiklankan, pilih produk best seller terlebih dahulu. Kemudian, pastikan foto produk menarik dan terlihat difoto oleh mereka yang sudah profesional agar menarik dan terkesan kredibel. Selain itu, pastikan deskripsi produk sudah pas dan menarik.

4. Atur Biaya

Tips terakhir adalah mengatur biaya iklan, jika persaingan ketat maka pertimbangkan mengatur biaya per klik di atas biaya minimal. Langkah ini untuk menghindari produk yang diiklankan kalah jauh dengan biaya per klik dari kompetitor. Efeknya produk akan tampil di bawah produk kompetitor tersebut.

Berjualan di Tokopedia kemudian menaikan iklan berbayar lewat TopAds adalah langkah yang tepat untuk dicoba. Sebab dewasa ini, masyarakat Indonesia cenderung melakukan transaksi belanja di marketplace karena dinilai lebih aman dan banyak pilihan. Jadi, silahkan memasang iklan dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan.

Kemudian, untuk membantu mengoptimalkan penjualan produk tak hanya dari Tokopedia maupun marketplace lain. Silahkan menggunakan jasa dari Nextup.id yang membantu setiap pelaku bisnis mendapatkan keterampilan mumpuni untuk mengembangkan bisnisnya. Ada banyak training dan pelatihan bisnis online disediakan, semua bisa diakses dengan mudah.

cara jualan di tokopedia, cara berjualan di tokopedia, cara menjual barang di tokopedia, cara membuat toko di tokopedia, cara jual barang di tokopedia, cara berjualan di tokopedia untuk pemula, cara buat toko di tokopedia, cara jualan di tokopedia tanpa modal, cara menjual di tokopedia

Muhamad Arif Rahmat, adalah seorang owner bisnis digital, finalis beberapa kompetisi bisnis tingkat Nasional, sekaligus juga trainer yang senang berbagi mengenai tips wirausaha dan digital marketing.