Berapa sering kamu mengakses aplikasi Tiktok di handphonemu? Tidak dapat dipungkiri, aplikasi satu ini cukup menghipnotis penggunanya. Sebagian pengguna lebih suka menonton beragam video mulai dari dance challenge, tips & tricks, aneka tutorial hingga konten bersifat edukatif. Sebagian yang lain justru senang berkreasi dengan mengupload konten-konten unik untuk memperoleh banyak viewers dan menjadi terkenal.
Bagaimana denganmu? Apakah kamu sendiri juga suka mengupload konten unik? Pasti sangat menyenangkan saat kamu tahu kalau banyak orang melihat dan menyukai kontenmu. Melihat besarnya angka pengguna yang cukup besar, mengapa tidak dimanfaatkan saja untuk berjualan?
Mengenal Tiktok Shop
Berjualan di Tiktok? Memangnya bisa? Tentu saja bisa karena sekarang sudah ada Tiktok shop.
Tiktok menjadi salah satu platform sosial media dengan pengguna terbesar di dunia. Aplikasi besutan ByteDance ini tercatat memiliki jumlah pengunjung hingga 1 miliar per bulannya. Tingginya angka view dan like membuat orang berlomba-lomba menjadi content creator.
Mereka mengekspresikan ide kreatif dalam bentuk video singkat. Sebagian membuat konten yang benar-benar original, sedangkan yang lain memilih untuk menduplikasi video yang sudah viral. Melihat potensi ini, ByteDance kemudian bekerja sama dengan Shopify dan meluncurkan fitur baru yang diberi nama Tiktok Shop.
Untuk mengakses Tiktop Shop, pengguna tidak perlu menginstal aplikasi lagi. Cukup klik ikon “tas belanja” yang dapat ditemukan di bagian profil. Fitur ini digadang sebagai solusi bagi para pengguna Tiktok untuk berbelanja dan juga berjualan langsung lewat akun sosmed mereka.
Keunggulan berjualan di Tiktok Shop
Perkembangan teknologi internet benar-benar menjadi jalan terang bagi para pelaku bisnis. Apalagi di masa pandemic, dimana banyak aktifitas dilakukan secara online. Salah satunya proses jual beli.
Kalau ingin berjualan online, kamu bisa menemukan beragam platform marketplace untuk menjajakan produk daganganmu. Yang awalnya hanya tersedia dalam versi website, kini sudah tersedia dalam bentuk aplikasi dimana akses menjadi lebih mudah karena tidak perlu membuka browser. Ambil contoh Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lain sebagainya.
Selain beberapa aplikasi tersebut, platform social media seperti Facebook juga sudah mengalami perubahan fungsi. Dulu didesain hanya untuk berbagi konten, tetapi sekarang memiliki fitur tambahan disebut “marketplace” yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan iklan. Selain itu, kamu juga bisa berjualan di halamana profilmu atau bergabung dalam grup jual beli.
Bagaimana dengan Tiktok? Aplikasi ini justru menawarkan solusi berjualan dan belanja online yang lebih menarik. Dengan nama Tiktok Shop, kamu akan menemukan beberapa keunggulan saat berjualan disini, dibandingkan platform marketplace atau social media yang lain, di antaranya:
1. Tidak perlu aplikasi tambahan
Platform social media kini memang dibanjiri dengan iklan produk. Ada yang dijajakan khusus lewat fitur marketplace, adapula yang ditayangkan lewat postingan di halaman profil dan grup jual beli.
Meskipun tidak ada larangan membuat tentang konten berupa iklan, nyatanya penjual tetap harus menyertakan alamat website atau nomor handphone. Dengan kata lain, calon pembeli harus keluar dari akun social media dan membuka link situs atau aplikasi e-commerce yang telah dicantumkan dalam postingan tersebut agar dapat melakukan transaksi.
Lain halnya dengan Tiktok Shop. Fitur ini terintergrasi langsung ke aplikasi Tiktok. Jadi, pengguna dapat melakukan transaksi jual beli sambil bermain di social media ini.
2. Angka pengguna aktif yang tinggi
Menurut riset, pengguna aktif Tiktok mencapai sekitar 800 juta orang. Sebagian besar adalah kalangan muda, dimana biasanya mereka bisa membuka aplikasi ini hingga 8 kali sehari. Tak heran jika peluang menemukan target pasar melalui Tiktok Shop juga lebih mudah.
3. Cocok untuk branding
Ada begitu banyak content creator di Tiktok yang merupakan pengguna individu. Mereka mengupload beragam video menarik dan menjadi terkenal dengan ciri khas masing-masing. Keunggulan ini ternyata juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha atau perusahaan sebagai media branding dan membangun bisnis.
Cara daftar Tiktok Shop sebagai Seller
- Buka halaman Tiktok Shop Seller Center atau klik https://seller-id.tiktok.com/account/welcome/
- Kalau sudah punya akun, klik menu “Daftar dengan akun Tiktok”. Kalau belum, klik “Daftar dengan Ponsel & Email”.
- Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman otorisasi. Baca dengan seksama syarat dan ketentuan yang telah disebutkan. Kalau sudah setuju, klik “otorisasikan”.
- Cek email untuk melihat kode verifikasi. Kemudian salin kode tersebut untuk memverifikasi akun Tiktok Shop kamu.
- Selamat, akun Tiktok Shop kamu sudah berhasil dibuat. Kamu bisa lebih dulu mempelajari apa saja menu atau fitur yang ada di akunmu.
Setelah memahami seluruh bagian akun, kamu bisa melanjutkan untuk mengupdate isinya seperti mengisi data profil, menambahkan daftar produk yang dijual, menyesuaikan bagian pengaturan, dan sebagainya. Saatnya mulai berjualan.
Cara mempromosikan produk
Buat konten yang berkualitas. Kamu sebaiknya tidak hanya focus membahas deskripsi produk tetapi juga upload video tentang hal-hal terkait seperti proses pembuatan, bagaimana cara menggunakan produk tersebut atau tutorial pemakaian. Jangan lupa untuk tag produk yang dijual di setiap unggahan video. Pembeli yang mengklik tag tersebut akan otomatis terarahkan ke halaman produk dan dapat langsung melakukan pembelian tanpa beralih aplikasi.
- Manfaatkan fitur-fitur yang ada di Tiktok Shop untuk menciptakan konten yang benar-benar unik. Misalnya filter, effect, sound dan stitch.
- Berinvestasi pada layanan Tiktok Ads.
- Follow atau join influencer di Tiktok
- Cantumkan hastag challenge di setiap video yang kamu upload.
Cara tracking orderan
Seperti yang disebutkan diatas, Tiktok Shop merupakan marketplace yang terintergrasi dengan platform social media Tiktok. Jadi, penjual dapat langsung menemukan beragam fitur yang mendukung aktifitas bisnisnya. Salah satunya untuk keperluan mengecek daftar pesanan. Caranya:
- Masuk ke halaman menu dan klik “Akun Saya”
- Di bagian kanan atas terdapat tanda tiga titik. Klik bagian tersebut.
- Pilih “Orders” dan kamu akan melihat daftar pesanan yang telah diselesaikan, sedang dalam pengiriman maupun yang harus segera disiapkan.
Alur proses pembelian produk di Tiktok Shop
Sebagai penjual, kamu mungkin penasaran dengan cara kerja system Tiktok Shop saat ada transaksi. Ternyata, inilah yang dilakukan oleh pembeli:
1. Langkah-langkah pembeli berbelanja lewat konten produk yang diupload
- Buka akun Tiktok
- Lalu, membuka profil took yang menyediakan produk yang sedang diari atau menggunakan menu “Discover” dan mengetik nama toko di kolom pencarian.
- Klik ikon tas (menu Shop) untuk melihat produk yang dijual
- Klik tombol “Buy Now” di bagian bawah kanan produk yang diinginkan
- Mengisi detail alamat dan belanjaan, termasuk pilihan metode pembayaran.
- Klik “Place Order” dan lakukan pembayaran.
- Menunggu produk dikirim sampai ke rumah.
2. Langkah-langkah pembeli belanja produk lewat siaran live
- Buka live streaming atau siaran live yang diinginkan
- Menonton video sampai muncul informasi produk di bagian bawah.
- Klik “Buy Now” saat melihat produk yang diinginkan sudah ditampilkan dalam video siaran langsung
- Setelah dairahkan ke halaman transaksi, isi detail pesanan meliputi alamat lengkap, spesifikasi produk dan metode pembayaran.
- Selesaikan pembayaran dan tunggu pengiriman produk sampai di rumah.
Gimana? Siap berjualan di Tiktok Shop? Agar lebih paham bagaimana cara mempromosikan bisnismu dan meraup target omset yang diinginkan, hubungi segera nextup.id dimana kamu bisa belajar berjualan online dengan cerdas.
cara belanja di tiktok shop, tiktok shop affiliate, cara daftar tiktok shop, cara jualan di tiktok shop, apa itu tiktok shop, daftar tiktok shop tanpa followers, jualan di tiktok shop, jualan tiktok shop