Nextup.id secara rutin menggelar training atau pelatihan untuk mendampingi pelaku UMKM agar bisa mengembangkan usahanya. Ada banyak pihak kemudian diajak bekerjasama untuk mendukung pelaksanaan sejumlah agenda training. Pada bulan Juni, Nextup.id kemudian resmi bekerjasama dengan PNM menggelar training terkait digital marketing.
Salah satunya adalah training Peningkatan Kapasitas Usaha Bersama PNM; Berjualan di Marketplace Blibli. Sesuai dengan tajuk dari training tersebut, materi yang dipaparkan adalah terkait proses penjualan di marketplace Blibli. Dimana Blibli adalah salah satu marketplace terkemuka di tanah air.
Training Peningkatan Kapasitas Usaha Bersama PNM; Berjualan di Marketplace Blibli
Training bertajuk Peningkatan Kapasitas Usaha Bersama PNM; Berjualan di Marketplace Blibli digelar secara offline. Berlokasi di Hotel Teras Tree Jakarta pada Rabu, 17 Juni 2022 dari pukul 09.00 WIB sampai selesai. Pada training kali ini, Nextup.id dan PT PNM menghadirkan M Arif Rahmat sebagai narasumber utama sekaligus blibli coach.
Training yang berlangsung secara offline tersebut berjalan dengan lancar dan setiap peserta terlihat serius mendengarkan materi yang disampaikan narasumber. Lewat training ini diharapkan para peserta yang merupakan pelaku UMKM sekaligus nasabah di PT PNM bisa melebarkan sayapnya ke sistem penjualan online berbasis marketplace.
Marketplace menjadi pilihan terbaik karena didesain mampu menggaet minat masyarakat untuk berkunjung dan berbelanja. Pihak pengelola marketplace yang akan mempromosikan situs dan aplikasi marketplace tersebut. Sehingga para penjual tinggal membuka toko online di dalamnya, tanpa perlu promosi mandiri dijamin pembeli sudah berdatangan.
Sekilas Tentang Blibli
Oleh pemateri, yakni M Arif membuka pemaparan materi dengan menjelaskan sedikit mengenai marketplace Blibli. Marketplace Blibli bernaung di bawah PT Global Digital Niaga yang merupakan salah satu anak perusahaan Djarum dan fokus di bidang digital. Blibli pertama kali berdiri dan beroperasi di tahun 2010 sampai sekarang.
Blibli menyediakan media atau tempat bagi para penjual untuk menawarkan dagangannya kepada masyarakat luas. Lewat penyediaan website dan aplikasi Blibli, maka akan memudahkan penjual mendapatkan pembeli. Blibli juga menyediakan layanan promo toko secara gratis dan fasilitas menarik lainnya yang menguntungkan penjual.
Blibli juga menetapkan sejumlah kebijakan yang membuat marketplacenya sangat cocok dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dengan modal yang terbatas. Pertama, karena membuka toko di Blibli gratis. Selain itu, Blibli membebaskan kewajiban pemberian komisi penjualan kepada para penjual selama 3 bulan pertama.
Keuntungan Jualan di Blibli bagi Pelaku UMKM
Marketplace Blibli menjadi pilihan menarik bagi pelaku UMKM untuk menawarkan produk jualannya karena memiliki banyak kelebihan. Sehingga penjual di Blibli bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan. Seperti:
1. Pembuatan Toko Gratis
Keuntungan pertama kenapa pelaku UMKM perlu berjualan di marketplace Blibli adalah karena pembuatan toko di dalamnya gratis. Jadi, pelaku UMKM tidak perlu keluar biaya untuk menggelar dagangannya di dalam website dan aplikasi Blibli. Pilihan ini efektif menghemat modal dibanding menyewa toko atau ruko konvensional.
2. Tersedia Fasilitas Foto Produk
Ada banyak fasilitas menarik disediakan Blibli kepada para penjual, salah satunya fasilitas foto produk. Jadi, bagi penjual di kota tertentu bisa datang langsung ke gudang Blibli dan kemudian dibantu pengambilan foto produk sesuai standar. Fasilitas ini gratis dan ramah untuk penjual yang kesulitan menyediakan foto produk sendiri.
3. Tersedia Fasilitas Pengemasan Gratis
Blibli juga menyediakan fasilitas pengemasan gratis untuk produk para penjual yang laku agar tetap aman sampai di tangan pembeli. Pengemasan disesuaikan dengan standar sehingga produk tidak rusak selama pengiriman, dan fasilitas ini gratis.
4. Pilihan Metode Pengiriman yang Banyak
Seiring berjalannya waktu, marketplace Blibli mengembangkan layanan yang disediakan kepada para penjual. Salah satunya adalah menawarkan pilihan layanan pengiriman yang lebih beragam. Sehingga memudahkan toko mendapatkan konsumen yang berburu biaya ongkir terjangkau.
5. Tersedia Layanan Merchant yang Mumpuni
Blibli juga memastikan setiap penjual atau merchant bisa mengelola toko dengan baik dan menikmati seluruh fasilitas yang disediakan. Sehingga disediakan layanan merchant yang mumpuni, salah satunya layanan call center merchant 24 jam.
6. Memiliki Banyak Pengguna
Kelebihan berikutnya adalah jumlah pengguna marketplace Blibli yang cukup banyak. Sehingga memudahkan para pelaku UMKM yang membuka toko mendapatkan pembeli secepatnya.
7. Tidak Ada Deposit
Dulunya, berjualan di Blibli dibebankan deposit sebesar Rp 500 ribu yang diambil dari penjualan awal para penjual. Namun, kebijakan terkait deposit ini sudah dihapus sehingga tidak perlu khawatir hasil penjualan pertama sampai Rp 500 ribu tertahan.
8. Bebas Komisi
Fasilitas tambahan lainnya dari Blibli adalah fasilitas bebas komisi selama 3 bulan pertama. Fasilitas ini disediakan pertama kali di awal tahun 2021 dan masih disediakan sampai sekarang.
9. Tersedia Fitur Iklan Berbayar
Marketplace Blibli juga menyediakan fitur iklan berbayar, sehingga memudahkan para penjual atau merchant untuk menggaet lebih banyak pembeli. Sebab produknya bisa tampil di halaman teratas hasil pencarian para pembeli.
Tata Cara Jualan di Blibli
Jualan produk di Blibli.com juga sangat mudah, berikut tahapan yang perlu dilakukan oleh pelaku UMKM yang hendak membuka toko di marketplace tersebut:
- Menyiapkan informasi penjual, yakni menyiapkan segala bentuk informasi dari penjual seperti nama toko dan alamat email serta nomor handphone untuk proses registrasi.
- Memasukan nomor handphone, kunjung website Blibli dan lakukan pendaftaran dengan memasukan alamat email dan nomor handphone. Khusus nomor handphone jika usaha perorangan masukan nomor pribadi, jika nomor perusahaan maka gunakan nomor penanggung jawab misalnya pimpinan perusahaan.
- Melengkapi informasi penjual, tahap berikutnya adalah melengkapi informasi penjual dengan mengunggah foto profil dan menambahkan deskripsi toko maupun produk yang disediakan.
- Menyiapkan sejumlah dokumen, merupakan tahap melampirkan sejumlah dokumen terkait toko seperti KTP pemilik toko, NPWP pemilik toko, dan lain sebagainya.
- Posting produk, tahap terakhir adalah menambahkan produk yang dijual dengan memasukan foto produk menambahkan harga dan deskripsi, dan pengaturan lainnya. Selebihnya tinggal menunggu ada pembeli yang melakukan pemesanan.
Supaya penjualan bisa lebih optimal atau mempercepat para pelaku UMKM mendapatkan pembeli pertama. Maka bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar yang disediakan oleh pihak Blibli. Namun jika ingin menghemat modal maka bisa menunggu penjualan secara organik, dan tidak perlu khawatir karena jumlah pengguna yang banyak maka transaksi bisa terjadi setiap hari.
Melalui training Peningkatan Kapasitas Usaha Bersama PNM; Berjualan di Marketplace Blibli. Diharapkan pelaku UMKM khususnya para peserta bisa membuka peluang jualan di Blibli. Sebab bisa menjangkau konsumen lebih luas dan dibantu pengelolaan toko maupun penyediaan layanan kepada para pembeli.
Apabila membutuhkan informasi, layanan konsultasi, dan juga update program training khusus untuk UMKM. Maka bisa menghubungi Nextup.id yang membantu para pelaku UMKM agar naik kelas dan go digital. Kedepanya akan ada lebih banyak training menarik untuk diikuti pelaku UMKM di tanah air.
jualan online tanpa modal, cara berjualan online, cara jualan online tanpa modal, cara jualan online laris, jualan online yang laris, bisnis online untuk pemula, tips jualan online, cara jualan online di shopee, cara jualan online laris di facebook, cara jualan online, bisnis online pemula, cara membuat toko online, bisnis makanan online untuk pemula, cara usaha online, cara berjualan online agar cepat laku